PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI DENGAN PEMBERIAN TUGAS DISETIAP AKHIR PERTEMUAN PADA SISWA KELAS VII.1 MTsN KURANJI PADANG
DOI:
https://doi.org/10.31933/eej.v2i1.884Keywords:
hasil belajar, Biologi, tugasAbstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Biologi kelas VII.1 MTsN Kuranji Padang. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (class room research) yang dilakuakan dalam dua kali tahapan dengan empat kali pertemuan. Sabjek penelitian ini dilakukan pada siswa kelas VII.1 MTsN Kuranji Padang dengan jumlah siswa 40 orang. Alat pengumpul data adalah lembar obserfasi. Data yang diperoleh adalah data dari hasil belajar Biologi dengan pemberian test disetiap akhir pertemuan dan lembaran pengamatan sikap siswa saat mengikuti pelajaran dan sikap siswa saat mengerjakan soal test. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa pengunaan test disetiap akhir pertemuan dapat meningkatkan hasil belajar Biologi siswa kelas VII.1 MTsN Kuranji Padang yakni dapat dilihat dari hasil nilai test dan perubahan sikap siswa dalam mengikuti pelajaran dan melaksanakan test.
References
Kosasih, Nandang. (2013). Pembelajaran Quantum dan Optimalisasi Kecerdasan. Bandung: Alfabeta.
M, Ramlan. 2005. Ilmu Bahasa Indonesia: Sintaksis. Yogyakarta : CV Karyono