A, The Profil Aspek Interpretasi Pemahaman Konsep Materi Kinematika Gerak Lurus pada Siswa SMAN 1 Kerinci

Profil Aspek Interpretasi Pemahaman Konsep Materi Kinematika Gerak Lurus pada Siswa SMAN 1 Kerinci

Authors

  • Febrimawati - SMA Negeri 1 Kerinci

DOI:

https://doi.org/10.31933/eej.v3i2.891

Keywords:

Interpretasi ; Kinematika Gerak Lurus ; Pemahaman Konsep

Abstract

Abstrak

 

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis gambaran mengenai pemahaman konsep pada materi kinematika gerak lurus pada aspek interpretasi. Metode penelitian yang digunakan yakni menggunakan metode cross sectional. Sampel pada penelitian ini yakni siswa SMAN 1 Kerinci sebanyak 70 responden. Berdasarkan hasil yang diperoleh siswa SMAN 1 Kerinci dikategorikan sedang dalam menjawab soal pemahaman konsep aspek interpretasi khususnya pada materi kinematika gerak lurus dengan persentase rata-rata skornya 35,12%. Instrumen yang digunakan berupa soal pretest pilihan ganda dimana satu soal memiliki lima pilihan jawaban. Berdasarkan hasil test responden terdapat indikator yang ketiga yaitu menjelaskan ciri-ciri gerak jatuh bebas memiliki persentase tertinggi sebesar 45% dan indikator pertama yakni menjelaskan perbedaan gerak lurus dengan kecepatan konstan dan gerak lurus dengan percepatan konstan memiliki persentase terendah sebesar 30%. Sehingga pemahaman konsep pada siswa SMAN 1 Kerinci masih dikategorikan sedang.

 

Kata Kunci: Interpretasi ; Kinematika Gerak Lurus ; Pemahaman Konsep

 

Abstract

 

This study aims to analyze the understanding of straight motion kinematics in interpretation. The research method used is a cross-sectional method. This study's sample was SMAN 1 Kerinci students, with as many as 70 respondents. Based on the results obtained by students of SMAN 1 Kerinci, they are categorized as moderate in answering questions about understanding the concept of interpretation aspects, especially in straight-motion kinematics material, with an average percentage score of 35.12%. The instrument used is in the form of multiple choice pretest questions where one question has five answer choices. Based on the results of the respondent's test, there is a third indicator, namely explaining the characteristics of free fall motion, which has the highest percentage of 45% and the first indicator, which explains the difference between straight motion with constant speed and straight motion with constant acceleration, has the lowest percentage of 30%. So that the understanding of the concept in SMAN 1 Kerinci students is still categorized as moderate.

 

Keywords: Interpretation; Kinematics of Straight Motion; Concept Understanding

References

PUSTAKA

Amelia, D. (2020). Pemanfaatan video tracker dalam pengembangan e-modul terinterkoneksi al-qur’an pada materi glbb kelas x sma/ma.

Skripsi. Universitas
Muhammadiyah Makasar.
Anesia, R., Anggoro, B. S., & Gunawan,
I. (2018). Pengembangan media

komik berbasis android pada pokok
bahasan gerak lurus. Indonesian

Journal of Science and Mathematics Education, 01(1), 53– 57.

Arieska, P. K., & Herdiani, N. (2018).

Pemilihan teknik sampling berdasarkan perhitungan efisiensi relatif. Jurnal Statistika, 6(2), 166– 171.

Azizah, Z., Taqwa, M. R. A., & Assalam, I. T. (2020). Analisis pemahaman konsep fisika peserta didik

menggunakan instrumen berbantukan quizizz. Edu Sains Jurnal Pendidikan Sains &

Matematika, 8(2), 1–11. https://doi.org/10.23971/eds.v8i2.1 707

Bloom, B. (1956). Taxonomy of

educational objectives: The classification of educational goal. New York: Mckay

Hardianti, H. (2018). Penggunaan media physics education and technology (phet) terhadap pemahaman konsep fisika peserta didik. Skripsi. IAIN Batu Sangkar.

Maiyena, S., Imamora, M., & Ningsih, F.

(2018). Pengembangan alat praktikum gerak jatuh bebas

menggunakan sensor phototransistor untuk pembelajaran





7











fisika pada materi gerak jatuh bebas. Sainstek: Jurnal Sains Dan

Teknologi, 9(1), 54.
https://doi.org/10.31958/js.v9i1.75
0
Melinia, S., Lubis, P. H. M., &
Sulistiawati, S. (2021).
Pengembangan lkpd berbasis
discovery learning berbantuan
software tracker untuk

meningkatkan pemahaman konsep peserta didik kelas x di sma sriguna palembang pada materi ghs. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi,

7(2), 80–86. https://doi.org/10.29303/jpft.v7i2.2 782

Novianti, R., & Syarkowi, A. (2021).

Kepuasan siswa terhadap pembelajaran fisika di era new normal covid-19. Journal of Natural Science and Integration,

4(2), 162. https://doi.org/10.24014/jnsi.v4i2.1 4127

Oktaviana, D. (2018). Analisis tipe

kesalahan berdasarkan teori newman dalam menyelesaikan soal cerita pada mata kuliah matematika

diskrit. Edu Sains: Jurnal
Pendidikan Sains & Matematika,

5(2), 22.

https://doi.org/10.23971/eds.v5i2.7 19

Oktaviana, D., & Prihatin, I. (2018). Analisis hasil belajar siswa pada materi perbandingan berdasarkan ranah kognitif revisi taksonomi bloom. Buana Matematika?: Jurnal Ilmiah Matematika Dan Pendidikan

Matematika, 8(2:), 81–88. https://doi.org/10.36456/buana_ma tematika.8.2:.1732.81-88

Owens. (1956). A Phenomenological Study.

Puspita, E. W., Sunarno, W., & Sarwanto, S. (2018). Pembelajaran fisika dengan pendekatan inkuiri melalui metode eksperimen dan demonstrasi ditinjau dari kreativitas
dan motivasi berprestasi siswa. INKUIRI: Jurnal Pendidikan IPA,

7(2), 243. https://doi.org/10.20961/inkuiri.v7i 2.22982

Putri, A. H., Sutrisno, S., & Chandra, D. T. (2020). Efektivitas pendekatan

multirepresentasi dalam pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa sma pada materi gaya dan gerak. Journal of Natural Science and Integration, 3(2), 205. https://doi.org/10.24014/jnsi.v3i2.9 400

Ridwan, I. M. (2019). Penerapan model pembelajaran berbasis pengalaman untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa. Journal of Teaching and Learning Physics, 4(1), 21–27. https://doi.org/10.15575/jotalp.v4i 1.3697
Saadati, B. A., & Sadli, M. (2019).

Analisis pengembangan budaya
literasi dalam meningkatkan minat
membaca siswa di sekolah dasar.
TERAMPIL: Jurnal Pendidikan

Dan Pembelajaran Dasar, 6(2),
151–164.
https://doi.org/10.24042/terampil.v
6i2.4829

Sandra, E., Tandililing, E., & Oktavianty, E. (2018). Analisis pemahaman konsep siswa pada materi hukum newton di sma negeri 3 bengkayang. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 7(10), 1–8.

Suryani, E. (2018). Profil kesalahan pemahaman konsep cahaya pada siswa kelas v sekolah dasar. Refleksi Edukatika?: Jurnal Ilmiah

Kependidikan, 9(1). https://doi.org/10.24176/re.v9i1.28 03

Yulisa, Y., Hakim, L., & Lia, L. (2020). Pengaruh video pembelajaran fisika terhadap pemahaman konsep siswa smp. Jurnal Luminous: Riset Ilmiah Pendidikan Fisika, 1(1), 37.

Downloads

Published

2023-07-17

How to Cite

-, F. (2023). A, The Profil Aspek Interpretasi Pemahaman Konsep Materi Kinematika Gerak Lurus pada Siswa SMAN 1 Kerinci: Profil Aspek Interpretasi Pemahaman Konsep Materi Kinematika Gerak Lurus pada Siswa SMAN 1 Kerinci. Ekasakti Educational Journal, 3(2), 111–120. https://doi.org/10.31933/eej.v3i2.891