SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PENGGAJIAN PEGAWAI PADA WILAYAH PERWAKILAN BADAN KEPENDUDUKAN DAN KELUARGA BERENCANA NASIONAL (BKKBN) PROVINSI SUMATERA BARAT

Main Article Content

Zulhendra Zulhendra
Bunga Riska Amalia

Abstract

Di era digitalisasi ini, banyak kegiatan yang memanfaatkan penggunaan teknologi berbasis komputer. Penggunaan teknologi komputerisasi ini sangat memudahkan manusia dalam menyelesaikan suatu pekerjaan termasuk dalam hal penggajian. Perusahaan membutuhkan suatu sistem pengolahan data informasi yang mendukung, dalam hal ini yang dimaksud adalah sistem informasi akuntansi. Sistem informasi akuntansi harus dilaksanakan dengan seefektif mungin demi memudahkan pengambilan keputusan oleh para pemangku kepentingan. Pada Perwakilan BKKBN Provinsi Sumatera Barat proses pencatatan gaji dilaksanakan oleh bendahara pengeluaran (bendahara gaji). Adapun dalam menetukan besaran gaji ditentuka oleh dua komponen yaitu penambah gaji dan pengurang gaji. Perhitungan gaji pada Perwakilan BKKBN Provinsi Sumatera Barat dilaksanakan oleh bendahara pengeluaran (bagian bendahara gaji). Untuk meminimalisir terjadinya kesalahan dalam perhitungan, bendahara gaji menggunakan aplikasi Gaji PNS Pusat (GPP) yaitu aplikasikeuangan satuan kerja yang digunakan untuk menyusun daftar pembayaranbelanja pegawai PNS. Aplikasi ini telah sekaligus menghitung gaji bersih dan pajak terutangnya. Prosedur pembayaran gaji pada Perwakilan BKKBN Provinsi Sumatera Barat merupakan tugas dari bagian keuangan. Daftar gaji yang sudah disusun oleh bendahara gaji akan diberikan kepada Operator SPM untuk dibuatkan SPM (Surat Perintah Membayar). SPM yang sudah jadi tersebut akan diteliti oleh PPSPM (Pejabat Penandatangan Surat Perintah Membayar) dan diajukan ke KPPN (Kantor Pelayanan Pembendaharaan Negara). Setelah disetujui oleh KPPN maka akan terbit SP2D (Surat Perintah Pencairan Dana) dalam hal pembayaran gaji. Selanjutnya fungsi akuntansi membuat perintah pengeluaran kas kepada fungsi keuangan. Fungsi keuangan mentransfer uang tersebut ke bank lalu oleh pihak bank uang tersebut akan ditransfer ke masing-masing rekening pegawai.

Article Details

How to Cite
Zulhendra, Z., & Bunga Riska Amalia. (2022). SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PENGGAJIAN PEGAWAI PADA WILAYAH PERWAKILAN BADAN KEPENDUDUKAN DAN KELUARGA BERENCANA NASIONAL (BKKBN) PROVINSI SUMATERA BARAT. Jurnal Akademi Akuntansi Indonesia Padang, 2(1), 34-41. https://doi.org/10.31933/jaaip.v2i1.547
Section
Articles

References

Bastian, Indra. 2006. Sistem Akunttansi Sektor Publik. Jakarta: Salemba Empat.

Baridwan, Zaki, 2001. Sistem Penyusunan dan Prosedur, Edisi Kelima BPE UKM.

Dimita H.P Purba. 2018. Sistem Informasi Akuntansi Penggajian Dan Pengupaha: Studi Kasus Pada Sebuah Rumah Sakit. Medan: STIE LMII MEDAN.

Faustino Cardoso, Gomes. 1995. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Satu. Yogyakarta: ANDI

George H. Bodnar dan William S. Hopwood. 2003. Sistem Informasi Akuntansi. Edisi Kedelapan. Matraman: INDEKS.

Mulyadi. 2016. Sistem Akuntansi. Edisi Keempat. Jakarta Selatan: Salemba Empat.

Ruky, Achmad S. 2002. Manajemen Penggajian Dan Pengupahan Untuk Karyawan Perusahaan, Cetakan Kedua. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.