PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBENTUK VIDEO PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL PADA SISWA KELAS X TAV SMK NEGERI 5 PADANG

Main Article Content

Anike Putri
Yuliani Fitri

Abstract

Penelitian ini berawal dari observasi disekolah bahwa masih rendahnya kemampuan siswa dalam  memecahkan masalah matematis sehingga berpengaruh terhadap hasil belajar siswa . Selama ini dalam proses pembelajaran yang diberikan oleh guru masih bersifat konvensional, sehingga siswa hanya banyak menerima pengetahuan dari guru. Akibatnya pelajaran yang dilakukan kurang bermakna karna ilmu yang mereka dapat mudah dilupakannya. Melihat masalah yang ada, diperlukan suatu terobosan yang sesuai dengan tingkat kemampuan dan latar belakang siswa. Salah satu terobosan yang dimaksud yaitu dengan menciptakan bahan ajar berupa video pembelajaran.


Penelitian ini termasuk jenis penelitian dan pengembangan atau dikenal Research and Development (R&D). Pengertian penelitian dan pengembangan tertuju pada proses, penelitian tidak menghasilkan objek, sedangkan pengembangan menghasilkan objek yang dapat dilihat dan diraba. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model prosedural. Model prosedural adalah model yang bersifat deskriptif, menunjukkan langkah-langkah yang harus diikuti untuk menghasilkan produk. Pada pengembangan video dengan menggunakan model prosedural divalidasi oleh 2 orang dosen matematika, dan satu orang guru matematika. Kepraktisan dilihat dari hasil penilaian angket respon siswa dan guru. Serta keefektifan dilihat dari hasil penilaian hasil tes akhir kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.


Berdasarkan hasil penelitian diperoleh video dengan model pembelajaran prosedural terhadap kemampuan pemecahan masalah dari aspek didaktik, isi, bahasa, dan penyajian dalam ahan ajar video yang divalidasi oleh ahli matematika dengan rata-rata 3,5 berada dalam kategori sangat valid. Berdasarkan uji coa bahan ajar berbentuk video yang dilakukan dari segi praktikalitas guru dengan rata-rata 3,9 pada kategori sangat praktis dan praktikalitas siswa dengan rata-rata 3,2 ppada kategori praktis. Sedangkan efektifitas bahan ajar berbentuk video dengan rata-rata 80 erada pada kategori tinggi. Dengan itu, hasil penelitian menggambarkan bahswa terdapat peningkatan terhadap hasil belajar siswa, Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa bahan ajar berbentuk video telah valid, praktis, dan efektif.

Article Details

How to Cite
Anike Putri, & Yuliani Fitri. (2021). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBENTUK VIDEO PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL PADA SISWA KELAS X TAV SMK NEGERI 5 PADANG. JANGKA Jurnal Pendidikan Matematika Ekasakti, 1(1), 1-7. https://doi.org/10.31933/jangka.v1i1.169
Section
Articles

References

Akker, J. 1999. Penelitian Pengembangan Dalam Bidang Pendidikan dan Pembelajaran
Akker, J. 1999. Penelitian Pengembangan Dalam Bidang Pendidikan dan Pembelajaran.
Alessi & Trollip. Stephen M. Alessi & Stanley R. Trollip. 2001. Multimedia for Learning Method And Development. Massachusetts: Slin and Bacon.
Anindita Agustania. 2014. “Pengembangan Video Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Promosi Dinamis”.
Arikunto, S. 1995. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Arikunto, S. 2010. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Azhar Arsyad. 2004. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Azwar, S. 2012. Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Cheppy Riyana. 2007. Pedoman Pengembangan Media Video. Jakarta: P3AI UPI.
Daryanto. 2010. Media Pembelajaran, Peranannya Sangat Penting Dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.
Depdikbud. 1995. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka.
Depdikbud. 2002. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka.
Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta:Rhineka Cipta.
Endahwari, Dyah Sapta. 2010. Eksperimentasi Pendekatan Pemecahan Masalah Polya dalam Metode Diskusi Kelompok dalam Soal Cerita Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Ditinjau dari Kreativitas Belajar Siswa Kelas VIII Semester Gasal SMP Negeri 10 Surakarta Tahun Pelajaran 2009/2010.
Ifa Datus Saadah. 2018. “Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Video Animasi Dengan Menggunakan Adobe After Effect”.
Jaka Warsihna. 2009. Modul Pembuatan Media Video. Jakarta : Depdiknas
Okril Liadi Putra. 2019. “Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Menggunakan Powerpoint Dengan Perpaduan Mind Map”.
Ranberg J.S Schmeiser B.
Sugiarto, dkk. 2007. Penerapan Model Linear. Jakarta:ESIS.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif. Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suherman, Erman dkk. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung : PT Pemai.
Suherman, Erman dkk. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung : PT Pemai.
Suherman,Erman dkk. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung : PT Pemai.
Sungkono, dkk. 2003. Pengembangan Bahab Ajar. Yogyakarta:FIP UNY.
Surya, Yuyun Priangga. 2017. “Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Aplikasi Android Untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa”.
Vaughan, Tay. 2010. Pembuatan Media Video dan Modul Pengembangan. Jakarta; Pemanfaatan Konten Jardiknas.
W. 1974 An Approximate Method For Generating Asymmetric Random Variables. Communication of the ACM.