PENGGUNAAN POWERPOINT DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI MIA 1 SMAN 1 LUBUK BASUNG

Main Article Content

Anang Abidin
Khurnia Budi Utami

Abstract

Matematika merupakan salah satu ilmu pengetahuan yang penting untuk pengembangan sains dan teknologi yang dibutuhkan dalam pembangunan. Pentingnya peranan matematika menjadikan matematika diajarkan disetiap jenjang pendidikan mulai dari sekolah dasar, sekolah menengah bahkan untuk mahasiswa di perguruan tinggi, Berdasarkan observasi yang dilakuan di kelas XI  MIA SMAN 1 Lubuk Basung terlihat bahwa partisMIAsi siswa dalam pembelajaran masih kurang. Masih banyak siswa yang kurang tertarik dan kurang termotivasi dalam belajar. Hal ini disebabkan oleh metode pembelajaran yang kurang menarik dan kurangnya penggunaan media pembelajaran. Siswa kurang dilibatkan dalam proses pembelajaran karena guru memberikan materi secara utuh kepada siswa, sehingga siswa jarang yang mau bertanya dan mengeluarkan pendapat dalam pembelajaran. Siswa banyak bergantung kepada jawaban guru atau teman lain yang dianggap lebih pandai tanpa mau memikirkannya terlebih dahulu. Jika keadaan ini dibiarkan terus maka tujuan pembelajaran matematika tidak akan tercapai. Salah satu cara yang dapat membuat proses pembelajaran matematika lebih menyenangkan, bermanfaat dan diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar serta bisa mengaktifkan siswa dalam proses pembelajaran adalah penggunaan media pembelajaran. Salah satu media pembelajaran yang berbasis teknologi informasi dan komunikasi adalah komputer. Salah satu Software dalam komputer yang digunakan dalam pengembangan media pembelajaran adalah Microsoft PowerPoint. Program ini dapat menampilkan informasi yang berupa tulisan, gambar, animasi, serta suara sehingga siswa dapat lebih tertarik dalam mengikuti pelajaran matematika. Penggunaan PowerPoint dalam pembelajaran dapat membantu guru dalam menjelaskan materi pelajaran dan menarik minat siswa untuk memperhatikan pelajaran. Pemilihan jenis huruf yang menarik dalam penyajian materi diharapkan dapat membuat siswa lebih mudah untuk mengingat materi yang diajarkan. jenis penenelitian ini adalah penelitian pra-eksperimen. Penelitian ini menggunakan statistika deskriptif dengan model rancangan The One-Shot Case Study. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah kelas XI MIA 1 SMAN 1 Lubuk Basung. Subjek penelitian terdiri atas 32 orang siswa yang diambil berdasarkan observasi yang dilakukan di SMAN 1 Lubuk Basung, pada saat observasi diperoleh gambaran tentang situasi belajar siswa kelas XI MIA 1 SMAN 1 Lubuk Basung.  Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat diambil kesimpulan bahwa Penggunaan PowerPoint dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa di kelas XI program studi MIA SMAN 1 Lubuk Basung.dan Penggunaan PowerPoint cukup efektif untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa terhadap KKM pada pokok bahasan diferensial kelas XI program studi MIA SMAN 1 Lubuk Basung

Article Details

How to Cite
Anang Abidin, & Khurnia Budi Utami. (2021). PENGGUNAAN POWERPOINT DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI MIA 1 SMAN 1 LUBUK BASUNG. JANGKA Jurnal Pendidikan Matematika Ekasakti, 1(1), 8-18. https://doi.org/10.31933/jangka.v1i1.174
Section
Articles

References

Ahmad, Rohani. 1997. Media Instruksional Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. 2008. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Darmadi. 2010. “Pemanfaatan program powerpoint dalam pembelajaran matematika terhadap prestasi belajar ditinjau darigaya belajar siswa”.(http://pdf. google. com/2010/04/10).

Depdikbud. 2003. dalam (http://sambasalim.com/pendidikan/konsep-efektitifitas pembelajaran.html).

Dinas Pendidikan Banyuasin. 2005. “Pengertian Media Pembelajaran”. (http://google.com/2005/06/01).

Dimyati dan Mudjiono. 1994. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Hamalik, Oemar. 1983. Media Pendidikan. Bandung: PT. Citra Adtya Bakti.

Huda, Alamul. 2010. Panduan praktis microsoft powerpoint 2007. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Ismail. 1998. Kapita Selekta Pembelajaran Matematika. Jakarta: Bina Aksara.

Lie, Anita. 2002. Cooperative Learning. Jakarta: Grasindo.

Muliyardi. 2003. Strategi Belajar Mengajar Matematika. Padang: FMIPA-UNP.

Prawironegoro, Pratiknyo. 1985. Evaluasi Hasil Belajar Khusus Analisis Soal di Ruang-ruang Kelas. Jakarta: Grasindo.

Sardiman, A. M. 2003. Interaksi dan Motivasi Belajar dan Mengajar. Jakarta: Jakarta: PT. Remaja Rosdakarya.

L. Silberman, Melvin. 2006. Aktive Learning 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Bandung: Nusamedia.

Santosa, K. 2004. Mengenal dan Membuat Media Pembelajaran. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Slameto. 1993. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana, Nana. 2002. Penilaian Hasil dan Proses Belajar mengajar. Bandung: Redmaja Rosdakarya.

Suherman, Erman. 2001. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: JICA

Surayabrata, Sumandi. 2002. Metodologi Penelitian. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.