PENGEMBANGAN MODUL DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION (RME) PADA SISWA KELAS X TAV SMK NEGERI 5 PADANG
DOI:
https://doi.org/10.31933/jangka.v1i2.489Keywords:
Pengembangan Modul, Model Pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME), Siswa SMK Negeri 5 PadangAbstract
Salah satu yang mempengaruhi pemahaman pembelajaran siswa adalah kurangnya bahan ajar yang dapat memfasilitasi peserta didik dalam meningkatkan kemampuan matematika. Salah satu model pembelajaran yang dapat melibatkan siswa dalam pembelajaran matematika yang dapat digunakan dalam kehidupan nyata adalah pembelajaran menggunakan model Realistic Mathematic Education (RME). Dengan demikian pada penelitia ini bertujuan untuk menghasilkan dan mengembangkan modul yang valid dan praktis untuk pembelajaran matematika dengan meggunakan RME. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan model ADDIE yang terdiri dari atas tahap analisis, tahap perancangan, tahap pengembangan, tahap impelementasi dan tahap evaluasi. Modul yang dikembangkan divalidasi oleh beberapa para ahli, selanjutnya diujicobakan untuk melihat kepraktisan dari modul dikelas X TAV SMK Negeri 5 Padang. Kepraktisan dilihat melalui hasil analisis, angket respon guru dan siswa. Hasil validasi modul oleh ahli diperoleh bahwa modul dengan model pembelajaran RME dikatergorikan valid dengan persentase 82%. Hasil penggunaan modul oleh guru diperoleh modul yang sangat praktis yaitu 95%. Hasil kepraktisan modul terhadap siswa keseluruhan menunjukkan modul praktis, yaitu 80,8%. Dengan demikian modul dengan model pembelajaran RME pada siswa kelas X TAV SMK N 5 Padang dapat dikatakan valid dan praktis.
References
Andi, Prastowo. 2011. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.
Daryanto. (2012). Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. RINEKA CIPTA.
Daryanto, (2013). Inovasi Pembelajaran Efektif. Bandung: Y rma Widya.
Depdiknas, (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakart : Depdinas
Dahlizar Eka Putri. 2018. Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Deangan Pendekatan Realistik Untuk Melihat Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VIII SMP N 1 Pancung Soal Tahun Pembelajaran 2014/2015.
Ganjar Prayogo. 2015. Pengembangan modul berbasis realistic mathematic education untuk memfasilitasi kemampuan pemahaman konsep siswa SMP Tri bakti pekanbaru.
Heris Hendriana. 2009. Pembelajaran dengan Menggunakan Pendekatan Metaphorical Thinking. Repository.upi.edu/operator/upload/dmat056090chapter1Pdf. Diakses laman web tanggal 20 Januari 2019.
Hamdani. (2012). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.
Hendra Gusman 2014. Pengembangan modul dengan pendekatan realistik pada materi himpunan untuk MTsN salido kelas VII semester 2. Padang: IAIN “IB”: UPI
Miles & Huberman. (2007) Analisis Data Kualitatif. Jakarta: UI Press.
Petrus Rianto Olata. 2017. Pemgembangan Modul Dengan Menggunakam Penemuan Terbimbing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Siberut Utara
Rusman, dkk (2011), Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi : Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers. PT. Raja Grafindo Persada.
Ridwan. 2009. Skala pengukuran variabel-variabel penelitian. Bandung: alfabeta.
Suherman, Erman, dkk. 2003. Strategi Pembelajaran Matematikan Kotemporer. Bandung: PT
Remaja Rosdakarya.Supinah, Agus D.W. 2008. Strategi Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar.Yogyakarta : PPPPTK Matematika.
Sumarmo & Hendriana. 2014. Bacherlors Non Peen Reviewed Book. Sekolah Pascasarjana