PENERAPAN KOOPERATIF TIPE TGT DENGAN STRATEGI COLLEGE BALL PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS XI IPA SMAN I X KOTO SINGKARAK
DOI:
https://doi.org/10.31933/jangka.v2i1.499Keywords:
Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament, Strategi College Ball, Motivasi BelajarAbstract
Rendahnya hasil belajar matematika siswa, diantaranya disebabkan oleh beberapa faktor yaitu kurangnya motivasi dan keaktifan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran. Untuk mengatasi masalah ini, salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah menerapkan pembelajaran kooperatif tipe TGT dengan strategi College Ball. Dengan diterapkanya pembelajaran kooperatif tipe TGT dengan strategi College Ball diharapkan siswa dapat termotivasi dalam pembelajaran seperti bertanya, mengemukakan pendapat, menjawab pertanyaan, dan siswa dapat berdiskusi dalam penyelesaian soal di dalam kelompok. Motivasi belajar matematika siswa dapat diketahui dari pemberian angket motivasi setelah dilaksanakannya pembelajaran kooperatif tipe TGT dengan strategi College Ball. Dari analisis angket didapat rataan motivasi setelah dilaksanakan pembelajaran kooperatif tipe TGT dengan strategi College Ball adalah 67,63 dengan kriteria motivasi siswa terhadap pelajaran matematika adalah tinggi. Untuk data hasil belajar diberikan tes dan analisis datanya menggunakan t-tes sehingga diperoleh thitung > ttabel pada tingkat kepercayaan 95% (? =0.05), maka hipotesis penelitian diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil bahwa hasil belajar matematika siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dengan strategi College Ball lebih baik dari pada hasil belajar matematika siswa yang pembelajarannya menggunakan pembelajaran konvensional pada siswa kelas XI IPA SMAN I X Koto Singkarak.
References
Sardiman. 2003. Interaksi dan Motivasi belajar Mengajar. Jakarta: Grasindo.
Silberman, Melvin. 2009. Active Learning 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Bandung: Nusamedia dan Nuansa.
Sudjana. 2005. Metode Statiska. Bandung: Tarsito
Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Pendidikan (Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D:. Bandung:Alfabeta.