Digitalisasi Administrasi Publik Sebagai Salah Satu Perwujudan Reformasi Birokrasi

Authors

  • Afdila Afdila Universitas Negeri Padang
  • M. Fachri Adnan Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.31933/jiee.v2i2.767

Keywords:

Administrasi, Birokrasi, Digitalisasi, Publik, Reformasi

Abstract

Dambaan masyarakat akan pemerintahan yang baik (good governance) menuntut elemen pemerintahan agar dapat bekerja efektif dan efisien, sehingga inovasi dalam tubuh pemerintahan terus dibutuhkan. Digitalisasi administrasi publik merupakan suatu inovasi yang datang bersama dengan kemajuan teknologi informasi yang dapat menjawab tuntutan efisiensi kinerja pemerintah tersebut. Inovasi ini pun dinilai dapat menjadi salah satu upaya bagi suatu pemerintahan untuk kembali mendapatkan kepercayaan dari masyarakat (public trust). Secara umum, digitalisasi akan dapat meningkatkan performa kualitas pelayanan publik.  Diperlukan kesiapan kemampuan (skill) serta sumber daya manusia yang memadai dalam proses digitalisasi birokrasi. Artikel ini merupakan studi kualitatif deskriptif yang membahas tantangan dan kesempatan dalam digitalisasi administrasi publik sebagai salah satu elemen pemerintahan.

References

Gruening, G. (2001). Origin and Theoretical Basis of New Public Management. International Public Management Journal, 4, 1-25.
Hafizd, Khairul A and Helda H. (2016). Sistem Informasi Pelayanan Administrasi Kepegawaian Berbasis Web Pada Badan Kepegawaian Dan Diklat Kabupaten Tanah Laut. Jurnal Sains dan Informatika, 2 (2).
Hayat. (2019). Manajemen Pelayanan Publik. Depok. PT Raja Grafindo Persada.
Kementerian Komunikasi dan Informatika. (2015). Buku Saku Big Data. Jakarta: Kementerian Komunikasi dan Informatika
McKinsey. (2015). Industry 4.0 How to navigate digitization of the manufacturing sector. McKinsey Digital, retrieved from Industry-40-How-to-navigate-digitization-of-the-manufacturing-sector.ashx (mckinsey.com)
Satya, V. E. (2018). Strategi Indonesia Menghadapi Industri 4.0. Pusat Penelitian Bidang Ekonomi Dan Kebijakan Publik Badan Keahlian DPR RI, 10(9) 19-24.
Skender, F and Ali, A. (2019). Digitalization and Industry 4.0. Vision International Scientific Journal, 4(2), 47-62.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suharno, Hidayatullah MH, Elmas, Priantono S. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Administrasi Kepegawaian Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja. Jurnal Ilmiah Ecobuss, 8 (2) 60–67.
Syafriyani, I dan Yuli P Z. (2019). Penerapan E-Government Dalam Pelayanan Administrasi Kepegawaian: Studi Di BKPSDM Kabupaten Sumenep. Journal of Public Sector Innovations, 3 (1) 28– 34.
Vikarianda, S Z. (2021). Tantangan Digitalisasi Pelayanan Publik Di Era Revolusi Industri 4.0 Dalam Perspektif Administrasi Publik Retrieved online from: (1) Tantangan Digitalisasi Pelayanan Publik Di Era Revolusi Industri 4.0 Dalam Perspektif Administrasi Publik | syerly vikarianda - Academia.edu
Vishal, K. (2017). Industrial Revolution 4.0. Global Research and Development Journal for Engineering, 17, 58-65.
Wibowo, E A. (2022). Indeks Persepsi Korupsi Indonesia 2021 Peringkat 96 dari 180 Negara. Retrieved from: Indeks Persepsi Korupsi Indonesia 2021 Peringkat 96 dari 180 Negara - Nasional Tempo.co

Published

2023-01-20

How to Cite

Afdila, A., & Adnan, M. F. (2023). Digitalisasi Administrasi Publik Sebagai Salah Satu Perwujudan Reformasi Birokrasi. Jurnal Ilmiah Ekotrans & Erudisi, 2(2), 27–32. https://doi.org/10.31933/jiee.v2i2.767

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.