Sistem Penganggaran Kebencanaan yang dilakukan oleh BPBD Kota Padang

Main Article Content

Weni Pebnita
Roni Ekha Putera
Hendri Koeswara

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis Penganggaran Kebencanaan Pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah Di Kota Padang. Penelitian ini dilatarbelakangi dengan melihat adalah bagaimana Penganggaran Kebencanaan Pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah Di Kota Padang yang berasal dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah. Penelitian ini menggunakan teori Robert Lee D. JR, John, and Joyce yang terdiri dari tahap persiapan dan penyerahan, tahap persetujuan, tahap pelaksanaan dan tahap audit dan evaluasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumnetasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan data. Untuk menguji keabsahan data digunakan teknik triangulasi sumber data. Berdasarkan hasil penelitian tentang Analisis Penganggaran Kebencanaan Pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah di Kota Padang adalah semua prosedur yang dilakukan oleh BPBD Kota Padang sudah berjalan dengan baik sesuai dengan siklus anggaran pada umumnya. Hal tersebut dapat dilihat dari persiapan dan penyerahan mulai dari proses persetujuan anggaran kemudian pelaksanaan anggaran sampai tahap audit dan evaluasi. Akan tetapi ada beberapa kendala yang di temukan dilapangan berupa adanya pembagian kegiatan yang tidak sesuai dengan rencana anggaran yang dibuat sebelumnya, dengan ini perbandingan dengan APBD dan komposisi anggaran pada BPBD idealnya dapat dilihat dari urgentnya kegiatan yang dilakukan agar tidak terjadi pengalihan anggaran pada tahun 2017 sampai 2019.

Article Details

How to Cite
Pebnita, W., Putera, R. E., & Koeswara, H. (2022). Sistem Penganggaran Kebencanaan yang dilakukan oleh BPBD Kota Padang. Jurnal Ilmiah Ekotrans & Erudisi, 2(2), 40-48. https://doi.org/10.31933/jiee.v2i2.779
Section
Articles

References

Bobi, P. P. (2019). Strategi Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Lima Puluh Kota Dalam Menanggulangi Bencana Banjir. Universitas Andalas.
Elmizan, G. H., & SE, M. E. (2015). Analisis Konsistensi Perencanaan Dan Penganggaran Pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Tanah Datar Tahun 2011-2015 Dengan Prediksi Kerugian Untuk Tahun 2016-2020. Jurnal KBP, 3(1), 129–145.
Koeswara, H., Irawati, I., & Bainus, A. (2018). Analisis Anggaran Pelaksanaan Pemilihan Walikota Solok Pada Pilkada Serentak Nasional Tahun 2015. Jurnal Borneo Administrator, 14(3), 189–211.
Madjid, N. C. (2018). Analisis metode penghitungan dan alokasi anggaran bencana alam. Simposium Nasional Keuangan Negara, 1(1), 1046–1065.
Rosari, A. (2021). Pengaturan Pemanfaatan Ruang di Kawasan Pesisir Pantai Provinsi Sumatera Barat: Analisis Peraturan Daerah Kota Padang Nomor 14 Tahun 2012 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Kota Padang Tahun 2010-2020. Jurnal Kepastian Hukum Dan Keadilan, 2(2), 65–83.