PENGARUH INVENTORY INTENSITY, PERTUMBUHAN PENJUALAN DAN PROFITABILITAS TERHADAP AGRESIVITAS PAJAK

( Pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Otomotif Yang Terdaftar Di Bei Periode 2011-2018)

Authors

  • Wirdatil Islami
  • Yulia Syafitri
  • Delory Nancy Meyla

Keywords:

Agresivitas Pajak, Inventory Intensity, Pertumbuhan Penjualan Dan Profitabilitas

Abstract

penjualan dan profitabilitas terhadap agresivitas pajak pada perusahaan manufaktur sub sektor otomotif yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2011-2018 baik secara parsial maupun simultan. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif yang diambil dari laporan keuangan perusahaan.

Sumber data dalam penelitian ini merupakan data sekunder. Populasi dalam penelitian ini merupakan perusahaan manufaktur sub sektor otomotif yang terdaftar di Bursa efek Indonesia yaitu sebanyak 12 perusahaan. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 4 perusahaan yang diambil melalui metode purposive sampling. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda dengan Uji asumsi klasik menggunakan aplikasi SPSS 23.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lnventory intensity secara parsial berpengaruh positif signifikan terhadap agresivitas pajak, pertumbuhan penjualan secara parsial berpengaruh negatif signifikan terhadap agresivitas pajak dan profitabilitas secara parsial berpengaruh negatif signifikan terhadap agresivitas pajak , Secara simultan inventory intensity, pertumbuhan penjualan dan profitabilitas berpengaruh positif signifikan terhadap agresivitas pajak.

References

Agussalim, Manguluang 2016 Metode Penelitian .cetakan pertama Ekasakti Press. UNES Padang
Agussalim, Mangguluang. 2016 Statistik Lanjutan. Cetakan pertama Ekasakti Press. UNES Padang
Fahmi. I. 2014. Analisis Laporan Keuangan. Bandug : Alfabeta
Ghozali. 2016. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Progam IBM SPSS 23, Edisi kedepalan, Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro
Harahap, Sofyan Syafri. 2015. Analisa Kritis atas Laporan Keuangan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Hery. 2016. Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: PT.Gramedia Widiasarana Indonesia
Kasmir. 2017. Analisis Laporan Keuangan. Edisi Satu. Cetakan Ketujuh. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Mardiasmo. 2016. Perpajakan Edisi Terbaru. CV Andi Offset : Yogyakarta
Ristono, Agus. 2013. Manajemen persediaan. Penerbit Graha Ilmu, Yogyakarta.
Subramanyam, Jhon J. Wild. 2014. Analisis Laporan Keuangan- Financial Statement Analysis. Edisi 10. Penerbit Salemba Empat.
Sugiyono, Prof.Dr. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif dan R & D. Penerbit Alfabeta
Andriyanto, H. N. 2015. Pengaruh Return on asset, leverage, corporate governance dan saless growth terhadap tax Efficience. Unversitas Negri semarang.
Nugraha, N.B., dan Meiranto, W. 2015, “pengaruh Corporate Social Responsibility, Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Leverage, dan Capital Intensity Terhadap Agresivitas Pajak, Diponegoro Journal Of Accounting, Vol. 4, No. 4.
Nofia, Umi Latifah. 2018, Pengaruh Corporate Govermance, Capital Intensity dan Inventory Intensity Terhadap Agresivitas Pajak Persahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI, Skripsi.
Siregar, R. dan Widyawati, D. (2016). Pengaruh Karakteristik Perusahaan Terhadap Penghindaran Pajak pada Perusahaan Manufaktur di BEI.Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi, Vol. 5, (No. 2), hal 1-17
Zulaikha, D. A. (2014). Pengaruh Size, Leverage, Profitability, Capital Intensity Ratio Dan Komisaris Independen Terhadap Effective Tax Rate (ETR). Diponegoro Journal of Accounting, 3, 1–9.

Downloads

Published

2021-12-21

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >> 

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.