Sosialisasi Strategi Keuangan dan Strategi Pemasaran Online Produk Kuliner Olahan Ikan Laut pada UMKM Lifeskill

Authors

  • Teti Chandrayanti Universitas Ekasakti
  • Rice Haryati Universitas Ekasakti
  • Rizka Hadya Universitas Ekasakti
  • Delvianti Universitas Ekasakti
  • Yulistia Universitas Ekasakti
  • Kanaya Tabitha Universitas Ekasakti

DOI:

https://doi.org/10.31933/ejpp.v6i1.1341

Keywords:

Stategi Keuangan, Strategi Pemasaran Online, UMKM, Kuliner Olahan Ikan Laut

Abstract

Pengabdian kepada masyarakat ini adalah tentang sosialisasi pentingnya strategi keuangan dan strategi pemasaran kepada pelaku UMKM Lifeskill yang menghasilkan produk kuliner dengan bahan baku ikan laut. Sosialisasi dilakukan oleh narasumber dosen Fakultas Ekonomi Universitas Ekasakti tentang strategi keuangan yang terkait modal  dan strategi pemasaran khususnya pemasaran online.  Kecamatan Gates Nan XX lokasinya  berada dekat dengan Pantai, sehingga daerah ini memiliki  hasil laut yang melimpah. Hasil laut yang diolah menjadi makanan yang lezat oleh UMKM Lifeskill menambah pendapatan mereka. Namun kelompok ini terkendala dengan permodalan dan pemasaran. Pemasaran online merupakan strategi pemasaran yang dapat dilakukan berbasis teknologi. Sosial media menjadi media memiliki jangkauan yang luas, sehingga berpeluang untuk meningkatkan penjualan. Sosialisasi dilaksanakan dengan menggunakan  metode presentasi  dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Lalu ditampilkan produk kuliner olahan ikan laut oleh UMKM, untuk dievaluasi kemungkinan pengembangan dan pemasaran produk yang lebih baik. Sosialisasi ini sangat bermanfaat karena dapat meningkatkan pengetahuan dalam  upaya meningkatkan penjualan melalui tambahan modal dengan harapan agar produk lebih banyak dan penjualan dilakukan tidak hanya  secara offline, namun juga secara  dan online agar jangkauan pemasaran lebih luas, sehingga pendapatan lebih meningkat.

References

Charismi, A. A., Djudi, M., & Ruhana, I. (2016). Analisis Efektivitas Pelatihan (Studi Pada Unit Pengembangan Karir Dan Kewirausahaan Universitas Brawijaya Malang) (Doctoral dissertation, Brawijaya University).

Fauzi, H. (2020). Pelatihan Manajemen Keuangan bagi Pelaku Umkm sebagai Upaya Penguatan Umkm Jabar Juara Naik Kelas . BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3), 247–255. https://doi.org/10.31949/jb.v1i3.324

Namrud, S. S. (2021). Literasi dan model manajemen keuangan umkm berbasis digital pada umkm-umkm di kabupaten boalemo provinsi gorontalo. Journal of applied managerial accounting, 5(2), 45–55. https://doi.org/10.30871/jama.v5i2.3486

Ningsih, N. H. I., Wirastomo, H., Asidah, E., Budiman, S. B., Andika, H. S., & Amin, F. S. (2025). Analisis Manajemen Keuangan UMKM Kuliner di Pantai Tanjung Bias (Financial Management Analysis of Culinary MSMEs on Tanjung Bias Beach). Akuntansi Bisnis & Manajemen (ABM), 32(1).

Ruscitasari, Z., Nurcahyanti, F. W., & Nasrulloh, R. S. (2022). Analisis praktik manajemen keuangan umkm di kabupaten bantul. Nusantara: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 4(9), 1375-1382.

Suteja, I. W., Khotimah, H., & Utami, L. (2025). Penguatan Strategi Pemasaran Produk Hasil Olahan Ikan Laut Bagi Pelaku UMKM Di Desa Tanjung Kabupaten Lombok Utara. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 8(2), 322-330.

Tanan, C. I., & Dhamayanti, D. (2020). Pendampingan UMKM dalam Pengelolaan Keuangan Usaha Guna Peningkatan Ekonomi Masyarakat di Distrik Abepura Jayapura. Amalee: Indonesian Journal of Community Research and Engagement, 1(2), 173–185. https://doi.org/10.37680/amalee.v1i2.408

Ubaidillah, M. H., & Hasan, M. (2025). Pemberdayaan ekonomi masyarakat pesisir pantai kenjeran melalui optimalisasi produksi hasil LAUT. Khidmah: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1).

Zailani, A., & Kusworo, A. D. B. (2024). Pendampingan Umkm dalam Memasarkan Produk Melalui Media Sosial. BESIRU : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(9), 745-759. https://doi.org/10.62335/besiru.v1i9.940

Downloads

Published

2025-11-12

How to Cite

Chandrayanti, T., Haryati, R., Hadya, R., Delvianti, Yulistia, & Tabitha, K. (2025). Sosialisasi Strategi Keuangan dan Strategi Pemasaran Online Produk Kuliner Olahan Ikan Laut pada UMKM Lifeskill . Ekasakti Jurnal Penelitian Dan Pengabdian, 6(1), 1–11. https://doi.org/10.31933/ejpp.v6i1.1341