Pendampingan Penggunaan Media Pembelajaran Woldwall di SMP Negeri 2 Pulau Punjung

Authors

  • Waz Akba Universitas PGRI Sumatera Barat
  • Jaenam STKIP YDB Lubuk Alung
  • Erita Universitas PGRI Sumatera Barat
  • Ranti Nazmi Universitas PGRI Sumatera Barat
  • Febrina Riska Putri STKIP YDB Lubuk Alung

DOI:

https://doi.org/10.31933/ejpp.v6i1.1342

Keywords:

Media, Wordwall, Pendidikan

Abstract

Wordwall adalah platform digital yang digunakan guru untuk membuat media pembelajaran interaktif berbasis permainan seperti kuis, teka-teki, dan permainan kata lainnya, yang dapat meningkatkan motivasi dan partisipasi siswa. Melalui Wordwall, guru dapat dengan mudah membuat beragam aktivitas pembelajaran yang menarik, memilih dari beragam templat interaktif, dan membagikannya langsung kepada siswa melalui tautan. Wordwall interaktif, seperti kuis, permainan kata, dan latihan interaktif, menjadikan pembelajaran lebih dinamis dan membantu siswa menguasai kosakata, tata bahasa, dan keterampilan komunikasi. Pembelajaran interaktif, terutama di era digital, membutuhkan pendekatan inovatif dan interaktif untuk meningkatkan keterlibatan dan motivasi siswa. Media pembelajaran tradisional seringkali tidak efektif dalam menarik perhatian siswa dan memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan. Dengan kemajuan teknologi informasi, berbagai platform digital telah dikembangkan untuk mendukung proses pembelajaran yang lebih interaktif. Salah satu platform tersebut adalah Wordwall

References

Afrizal (2014) Metode Penelitian Kualitatif: Sebuah Upaya Mendukung Penggunaan Penelitian Kualitatif dalam Berbagai Disiplin Ilmu. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada. Akbar, W. K., & Rahayu, S. (2021). Pengabdian Pendampingan Penggunaan Media Pembelajaran Elearning Di Sd Muhammadiyah 05 Ketaping Kecamatan Kuranji Kota

Padang: Google Classroom. Ekasakti Jurnal Penelitian & Pengabdian, 2(1), 12-18.

Erita, E., & Jaenam, J. (2023). Assistance For The Use Of Local Wisdom-Based Learning Media. Human: Journal of Community and Public Service, 2(2).

Rostina, M., Wahyuni, Y. S., & Akbar, W. K. (2021). Dampak Pemanfaatan Teknologi Informasi Terhadap Perubahan Sikap Dan Prilaku Siswa Pada Pembelajaran Daring Pada Saat Pandemi Covid-19: Studi Khasus Pada Mata Pembelajaran Sosiologi Di SMA Negeri 1 Sutera. Science And Research Journal Of Mai Wandeu, 1(1), 97-105.

Sukma, R. O., Arafat, Y., & Heldayani, E. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Wordwall terhadap Minat Belajar IPAS Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 8(4), 2830–2837.

Utami, R., Harisnawati, H., & Akbar, W. K. (2022). Faktor Penyebab Anak Putus Sekolah Di Desa Sukadamai Kecamatan Rimbo Ulu Kabupaten Tebo Provinsi Jambi. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(5), 5387-5397.

Yuhelna, Sri Rahmadani, dan W. K. A. (2021) „Penguatan Peran Perempuan Dalam Pengelolaan Harta Pusaka Tinggi Di Minangkabau‟, Ekasakti Jurnal Penelitian & Pengabdian (EJPP), 1(2), pp. 292–294.

Downloads

Published

2025-12-12

How to Cite

Akba, W., Jaenam, Erita, Nazmi, R., & Putri, F. R. (2025). Pendampingan Penggunaan Media Pembelajaran Woldwall di SMP Negeri 2 Pulau Punjung. Ekasakti Jurnal Penelitian Dan Pengabdian, 6(1), 12–16. https://doi.org/10.31933/ejpp.v6i1.1342