MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN SISWA KELAS VI UPT. SD NEGERI 16 SARUASO MENGGUNAKAN MODEL ACTIVE LEARNING TIPE KEEP ON LEARNING
DOI:
https://doi.org/10.31933/ejpp.v2i2.653Keywords:
Hasil belajar, Model Active Learning, Tipe Keep On Learning, PKnAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar kognitif PKn dengan menggunakan Model Active Learning Tipe Keep On Learning pada siswa kelas VI UPT.SD Negeri 16 Saruaso Kecamatan Tanjung Emas. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas VI UPT.SD Negeri 16 Saruaso Kecamatan Tanjung Emas yang berjumlah 12 siswa. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Instrumen penelitian berupa tes dan lembar keterlaksanaan pembelajaran. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Adapun indikator keberhasilan tindakan ditandai dengan ?75% dari jumlah siswa yang mengikuti proses pembelajaran telah memperoleh nilai ?75. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar kognitif PKn siswa kelas VI UPT.SD Negeri 16 Saruaso Kecamatan Tanjung Emas.setelah menggunakan Model Active Learning Tipe Keep On Learning baik pada siklus I maupun siklus II. Pada siklus I siswa yang memperoleh nilai ?75 mengalami peningkatan dengan kondisi awal 50% meningkat menjadi 66,67%. dan pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 25% menjadi 91.67%. Nilai rata-rata hasil belajar pada siklus I mengalami peningkatan sebesar 6,7 poin point dengan kondisi awal 67,5 meningkat menjadi 74,2 dan pada siklus II mengalami peningkatan sebesar, 8 point menjadi 80.
References
Ahmadi, A & Widodo. (2004). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta. Arikunto, S. (2015). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
David, R. dkk (2010). Pembelajaran, Pengajaran, dan Asesmen. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Djiwandono, S.E.W. (2002). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Grasindo Garamedia Widiasarana Indonesia.
Ellis, A.K. (1998). Teaching and Learning Elementary Social Studies. Boston: Ally and Bacon.
Hamalik, O. (2006). Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara. Hamid, M.S. (2011). Metode Edutaiment. Yogyakarta: Diva Press.
Hollingsworth, P. (2008). Pembelajaran Aktif (Meningkatkan Keasyikan Kegiatan di Kelas). Jakarta : PT. Macanan Jaya Cemerlang.
Indriyani, M. (2015). Jurnal online.
Mahardika, Y. (2013). Jurnal online.
Mudyahardjo, R. (2012). Pengantar Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.
Mulyasa. (2010). Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mutiah, D. (2010). Psikologi Bermain Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana
Rusman. (2010). Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta : Rajawali Press.
Sanjaya, W. (2011). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana.
Sardiman, A. M. (2007). Interaksi dan Motivasi Belajar-Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Silberman, M. L. (2011). Active Learning: 101 Cara Belajar Siswa Aktif. (Alih Bahasa: Raisul Muttaqien). Bandung: Nusa Media.
Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Soekamto, T & Putra, U.S.W. (1997). Teori Belajar dan Model-Model Pembelajaran. Jakarta : Depdikbud.
Sudjana, N. (2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.
Sugihartono, dkk. (2007). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Suharno, dkk. (2006). PKn di SD Buku
Suparwoto. (2004). Dasar-dasar dan Proses Pembelajaran. Yogyakarta: DIPA UNY.
Suprijono, A. (2016). Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Suryabrata, S. (2004). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: PT. Grafindo Persada. Syaodih, N & Ibrahim. (2010). Perencanaan Pengajaran. Jakarta : Rineka Cipta.
Tampubolon, S. (2014). PenelitianTindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Pendidik dan Keilmuan. Jakarta : Erlangga.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Uno, H. B. (2015). Belajar dengan Pendekatan PAILKEM (Pembelajaran Aktif Inovatif Lingkungan Kreatif Efektif Menyenangkan). Jakarta : Remaja Rosdakarya.
Zaini, H. (2008). Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta : Pustaka Insan
Madan
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Penulis yang mempublikasikan manuskripnya di jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:
- Hak cipta pada setiap artikel adalah milik penulis.
- Penulis mengakui bahwa Ekasakti Jurnal Penelitian & Pegabdian (EJPP) berhak menjadi yang pertama menerbitkan dengan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (Attribution 4.0 International (CC BY 4.0) .
- Penulis dapat mengirimkan artikel secara terpisah, mengatur distribusi non-eksklusif manuskrip yang telah diterbitkan dalam jurnal ini ke versi lain (misalnya, dikirim ke repositori institusi penulis, publikasi ke dalam buku, dll.), dengan mengakui bahwa manuskrip telah diterbitkan pertama kali di Ekasakti Jurnal Penelitian & Pegabdian (EJPP).