PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA ( LKS ) DENGAN PENDEKATAN REALISTIK UNTUK SISWA KELAS VII SMPN 24 PADANG

Main Article Content

Khurnia Budi Utami Budi

Abstract

Kualitas pembelajaran matematika di kelas sangat dipengaruhi oleh cara guru dalam penyampaiannya. Proses pembelajaran yang berlangsung di sekolah tidak melibatkan siswa secara aktif di dalam proses pelaksanaanya. Sumber belajar yang digunakan berupa buku paket dan LKS, akan tetapi LKS yang digunakan kurang membantu siswa di dalam membangun pengetahuanya. Bahan ajar yang disediakan oleh guru hendaknya dapat melatih siswa di dalam memecahkan masalah. Salah satu metode belajar yang dapat membantu siswa di dalam memecahkan masalah adalah pendekatan realistik. Oleh karena itu, dikembangkan LKS pendekatan realistik yang terdiri dari tahap penggunaan konteks, penggunaan model, pemanfaatan hasil konstruksi siswa, interaktivitas, dan keterkait. Adapun tujuan penelitian ini adalah menghasilkan LKS yang valid dan praktis.


Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Penelitian ini menggunakan model 4-D yang terdiri dari 4 tahap yaitu: tahap pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop) dan penyebaran (disseminate). Tapi pada penelitian ini hanya sampai tahap pengembangan .LKS divalidasi oleh ahli matematika dan bahasa. Kepraktisan dilihat melalui hasil analisis angket respon siswa dan guru. Serta keaktifan siswa dilihat dalam proses belajar. Keaktifan siswa ini dilihat dari lembar observasi.


Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKS dengan pendekatan realistik valid dari segi materi dengan persentase 83,85%, bahasa 91,66% dan kegrafikan 91,66%. Persentase hasil kepraktisan dari angket respon siswa adalah sebesar 84,84% sehingga LKS masuk ke dalam kategori praktis. Serta diperoleh hasil persentase aktivitas siswa dengan rata-rata 74,24% dan termasuk dalam kategori aktif. Oleh karena itu, LKS dengan pendekatan realistik dapat dikatakan valid dan praktis serta dapat membantu aktivitas siswa menjadi lebih baik ( aktif ).


 

Article Details

How to Cite
Budi, K. B. U. (2021). PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA ( LKS ) DENGAN PENDEKATAN REALISTIK UNTUK SISWA KELAS VII SMPN 24 PADANG. Ekasakti Educational Journal, 1(1), 39-45. https://doi.org/10.31933/eej.v1i1.168
Section
Articles

References

Arikunto, Suharsimi. 2009. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Asiani, Rosi Widia. 2011.’’ Pengembangan buku kerja matematika SMP dengan pendekatan Realistik pada sub pokok bahasan segi empat’’. Skripsi tidak diterbitkan. Padang: Universitas Negeri Padang.
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 2011. Kamus Bahasa Indonesia untuk Pelajar. Jakarta Timur: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa
Dimyati dan Mujiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Padang: Program Pascasarjana Universitas Negeri Padang.
Hamalik, Oemar. 2011.Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Hamdani. 2011. Strategi belajar mengajar, Bandung: pustaka setia
Majid, Abdul. 2013. Strategi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Mudlofir, Ali. 2011 Aplikasi Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan dan Bahan Ajar dalam pendidikan Agama Islam. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Prastowo, Andi. 2014 Pengembangan Bahan Ajar Tematik. Jakarta: Prenamedia Group.
Riduan.2009. Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru Karyawan Dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta.
Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Silberman, Melvin L. (2006). Active Learning: 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Bandung: Nusa Media.
Sudjana, Nana. 2009. Penilaian hasil proses belajar mengajar. Bandung: PT Rosdakarya.