PENGARUH TEKNIK BRAINSTORMING MENGGUNAKAN LKPD TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KOMUNIKASI MATEMATIS DENGAN MEMPERHATIKAN GAYA BELAJAR SISWA KELAS XI MIA SMAN 1 LUBUK BASUNG

Authors

  • Khurnia Budi Utami Budi Program Studi Pendidikan Matematika FKIP, Universitas Ekasakti Padang

DOI:

https://doi.org/10.31933/eej.v2i1.488

Keywords:

Teknik Brainstorming, Gaya Belajar, Kemampuan Matematis

Abstract

Target khusus yang ingin dicapai dalam penelitian ini yaitu dapat menggambarkan kemampuan matematis siswa SMA kelas XI MIA berdasarkan gaya belajar yang mereka miliki melelui pembelajaran dengan teknik brainstorming, menghasilkan LKPD dan RPP sesuai dengan pembelajaran dengan teknik brainstorming, dipublikasi di jurnal nasional tidak terakreditasi, mengikuti seminar nasional dan menghasilkan prosiding seminar nasional. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasy experiment), penelitian ini menggunakan quasy experiment karena kelompok sampel yang terpilih sudah dalam bentuk kelompok dan peneliti tidak mungkin membentuk kelompok lagi. Dalam penelitian ini digunakan dua kelompok yang menjadi sampel yaitu kelompok eksperimen yang akan memperoleh perlakuan dengan teknik brainstorming dan kelompok kontrol yang mendapatkan pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh beberapa kesimpulan. Pertama, kemampuan pemecahan masalah dan komunikasi matematis siswa yang diajar dengan teknik brainstorming lebih baik daripada siswa yang diajar dengan pembelajaran konvensional. Kedua, kemampuan pemecahan masalah siswa bergaya belajar visual dan kinestetik yang diajar dengan teknik brainstorming lebih baik daripada siswa yang diajar dengan pembelajaran konvensional, namun tidak ada perbedaan pada kemampuan pemecahan masalah siswa bergaya belajar auditori yang diajar dengan teknik brainstorming dan yang diajar dengan pembelajaran konvensional. Ketiga, kemampuan komunikasi matematis siswa bergaya belajar visual dan kinestetik yang diajar dengan teknik brainstorming lebih baik daripada siswa yang diajar dengan pembelajaran konvensional, namun tidak ada perbedaan pada kemampuan komunikasi matematis siswa bergaya belajar auditori yang diajar dengan teknik brainstorming dan yang diajar dengan pembelajaran konvensional.

References

Ansari, Bungsu Irianto. Menumbuh kembangkan Kemampuan Pemahaman dan Komunikasi Matematik Siswa Melalui Strategi TTW. Abstrak: http/:yourfavourite.com

Arief S. Sadiman., dkk. 1996. Media Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Arends, R. 2008. Learning to Teach. Jakarta: Pustaka Pelajar

Arikunto, S. 2009. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Askara

Arikunto, S . 2005. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Barkley E. Elizabert. 2012. Collaborative Learning Techniques. Bandung: Nusa Media

Departemen pendidikan nasional (2003).Undang-undang republik Indonesia nomor 20 tentang sistem pendidikan nasional. Jakarta: depdiknas DePoter, Bobbi,dkk. 2010. Quantum Learning. Jakarta:Kaifa DePoter, Bobbi,dkk. 2010. Quantum Teaching. Jakarta:Kaifa.

Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta Hamalik, oemar. 1995. Dasar motivasi : PT Gramedia pustaka utama

Hamalik, oemar. 2007. Kurikulum dan pembelajaran. Jakarta: bumi aksara

Hujono, Herman. 2003. Strategi pembelajaran matematika komteporer, Bandung : Upi.

Isjoni, 2007. Cooperative Learning Efektifitas Pembelajaran Kelompok. Bandung: Alfabeta

Lufri. 2006. Kiat memahami metodologi dan penelitian. Padang: jurusan biologi FMIPA UNP.

Muliyardi. 2002. Strategi belajar mengajar matematika. Padang : Fmipa UNP

Mulyati, Asrina. 2011. Peningkatan Pemahaman Konsep, Kemampuan Pemecahan Masalah dan Aktifitas Siswa dengan Menggunakan Model MASTER pada Siswa Kelas VII. 3 SMPN 2 Lubuk Basung. Tesis pada PPS Padang. UNP

Nasution. 2005. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

Prawironegoro, Praktiknyo. 1985. Evaluasi Hasil Belajar Khusus Analisis Soal Untuk Bidang Studi Matematika. Jakarta: CV. Fortuna

Riduwan. 2010. Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru, Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung. Alfabeta

Roestiyah. 2008. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta.

Sanjaya, W. 2008. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta Sudijono, Anas. 2008. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Gramedia Persada

Sudjana, Nana. 2000. Penilaian hasil dan proses belajar mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya

Suherman, E dkk. 2003. Stategi pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: UPI

Sumarmo, Utari. 2003. Pengembangan Model Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Intelektual Tingkat Tinggi Siswa Sekolah Dasar. Laporan Penelitian. Bandung: UPI

Suyitno, Amin. 2005. Dasar-dasar dan Proses Pembelajaran Matematika I. Semarang: Jurusan matematika UNNES
Whardhani, Sri. 2008. Analisis SI dan SKL Mata Pelajaran Matematika SMP/MTs Untuk Mengoptimalisasi Tujuan Mata Pelajaran Matematika. Yokyakarta: Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga kependidikan Matematika (online)http://p4tkmatematika.org/fasilitasi/cek2.phd/link-13-SI- SKLSMP-Optimalisasi-Tujuan_Whardhani.Pdf.

Winkel, W.S. 1996. Psikologi Pengajaran. Jakarta: Grafindo

Yaumi, Muhammad. 2012. Pembelajaran Berbasis Multiple Intelligences. Jakarta: Dian Rakyat

Downloads

Published

2022-01-28

How to Cite

Budi, K. B. U. (2022). PENGARUH TEKNIK BRAINSTORMING MENGGUNAKAN LKPD TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KOMUNIKASI MATEMATIS DENGAN MEMPERHATIKAN GAYA BELAJAR SISWA KELAS XI MIA SMAN 1 LUBUK BASUNG. Ekasakti Educational Journal, 2(1), 11–20. https://doi.org/10.31933/eej.v2i1.488