PENERAPAN TES AWAL SEBELUM MATERI BERLANGSUNG AKAN MENINGKATKAN AKTIFITAS DAN HASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII 2 DI MTsN 5 PADANG
DOI:
https://doi.org/10.31933/eej.v3i1.859Keywords:
Tes Awal, Aktifitas, Hasil BelajarAbstract
Tes dapat digunakan siswa sebagai sarana untuk memberi motivasi belajar karena hasilnya dianggap sebagai ukuran prestasi belajar mereka. Wujud nyata meningkatnya motivasi siswa dalam belajar dapat dilihat dari meningkatnya aktivitas siswa, dimana setiap siswa berusaha menguasai materi pelajaran dengan baik dan tuntas. Dengan ketuntasan belajar tersebut diharapkan akan meningkatkan hasil belajar siswa. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah pemberian tes kecil di awal proses pembelajaran dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA siswa kelas VIII MTsN 5 Padang. Penelitian ini berguna sebagai salah satu syarat untuk kenaikan pangkat golongan IV b. Tes kecil merupakan tes yang diberikan setiap awal pembelajaran tentang materi yang baru diajarkan dengan jumlah soal 2 atau 3 buah yang dikerjakan dalam waktu 10 sampai 15 menit yang bertujuan untuk melihat penguasaan siswa terhadap materi tersebut. Teknik analisis data pada tindakan ini terdiri dari analisis aktivitas dan rata-rata kelas setiap tes kecil dan ulangan harian. Aktivitas belajar siswa dianalisis dengan cara menentukan persentase setiap aktivitas, sedangkan untuk mengukur penilaian hasil belajar dari tes kecil dan ulangan harian dengan menggunakan kriteria ketuntasan belajar yang dicantumkan dalam petunjuk teknis kurikulum 2013.
References
A.M. Sardiman. (1986). Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : Rajawali Citra.
Arikunto, Suharsimi. (1989). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Bandung : Bina Aksara.
Azwar, Syaifuddin. (1987). Test Prestasi. Yogyakarta : Liberty.
Depdikbud. (1994). Petunjuk Teknis Proses Belajar Mengajar Biologi. Jakarta : Rineka Cipta.
Hudoyo, Herman. (1988). Mengajar Belajar Biologi
Mahmud, M. Dimyati. (1989). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Bandung : Bina Aksara.
Prayitno, Elida. (1989). Psikologi Pendidikan. Jakarta : Depdikbud Dikti. P2LPTK.
Poerwadarminta WJS (1995). Kamus Umum Bahasa Indonesia : Jakarta Balai Pustaka.
Tim Penulis IKIP. (1994). Buku Panduan Penulisan Dan Ujian Skripsi IKIP Padang. Padang : Institut Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Padang.
Uzer Usman, Muhammad. (1996). Menjadi Guru Profesional. Bandung : Remaja Rosdakarya Offset.
Warnelis, Elly. (2001). Upaya Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Dengan Pemberian Latihan Terbimbing Di Kelas III IPA 2 SMUN PGRI Padang TP 2001/2002. Padang : FMIPA UNP.