PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN ACTIVE LEARNING TIPE QUIZ TEAM PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DI MTsN KURANJI PADANG

Authors

  • Tuti Haryati MTsN 5 Kota Padang

DOI:

https://doi.org/10.31933/eej.v1i2.874

Keywords:

hasil belajar, metode penelitian, active learning, quiz team

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan metode pembelajaran Active Learning tipe Quiz Team pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam.Dengan menggunakan sample siswa kelas VIII 3 Di MTsN Kuranji Padang pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam, peneliti melakukan penelitian dengan menggunakan dua siklus tindakan. Dalam pelaksanaannya, penelitian tindakan kelas ini dilakukan secara berulang dengan mengikuti tahapan siklus yang telah ditetapkan sehingga tercapainya tujuan dari metode pembelajaran Active Learning tipe Quiz Team melalui penilaian kelompok dan individu. Indikator dari peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari peningkatan hasil belajar yang diperoleh siswa setelah mengalami proses kegiatan belajar dengan menggunakan metode pembelajaran Active Learning tipe Quiz Team. Hasil penelitian menyatakan bahwa penerapan metode pembelajaran Active Learning tipe Quiz Team telah memberikan pengaruh yang positif terhadap peningkatan hasil belajar siswa.

References

Arifin Z. (2000). Evaluasi Instruksional. Bandung: Sinar Baru Algensindo

Arikunto S. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara

Bonwell, Charles C., dan Eison J.A., Active Learning: Creating Excitement in the Classroom. 2001. http://www.gwu.edu/eriche.htm. (Diakses tanggal 9 Nopember 2010)

Diah M. (2007). Suatu Tinjauan Motivasi pada Pendidikan Remaja. Jakarta: Gramedia

Hollingsworth P., Lewis G. (2008). Pembelajaran Aktif. PT. Indeks

Imron A. (2003). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Dunia Pustaka Jaya

Kusumah W., Dwigatama D. (2008). Mengenal Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Indeks

Mulyana D, M.A, Ph.D. (2007). Ilmu Komunikasi. PT Remaja Rosda Karya, Bandung

Pidarta, M. (2007). Landasan Kependidikan. Jakarta : PT Rineka Cipta

Purwanto N. (2004). Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

_______. (2004). Teknik-teknik evaluasi Pendidikan. Jakarta : Nasco

Silberman, M. (2007). Active Learning: 101 Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: PT. Pustaka Insan Madani

Sudjana N. (2000). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo

_______. (2001). Penilaian Hasil Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya

_______. (2004). Landasan psikologi proses pendidikan. PT Remaja Rosdakarya

Suhendar T. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional

Syaiful S.B. (2008). Prestasi Belajar & Lingkungan Sekolah. Surabaya: Usaha Nasional

Wenger, Win. (2003). Beyond Teaching and Learning: Memadukan Quantum Teaching & Learning. PT. Nuansa

West, Richard & Lynn H. Turner. (2007). Introducing Communication Theory. Third Edition. Singapore: The McGrow Hill Companies

Whittaker, Cooperatif Learning, Jurnal Didaktika. September 2009, hal 1-5

Winkel, W.S. (2007). Psikologi Pengajaran. Jakarta: Gramedia

Downloads

Published

2021-07-30

How to Cite

Haryati, T. . (2021). PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN ACTIVE LEARNING TIPE QUIZ TEAM PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DI MTsN KURANJI PADANG. Ekasakti Educational Journal, 1(2), 330–341. https://doi.org/10.31933/eej.v1i2.874