PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN ACTIVE LEARNING TIPE QUIZ TEAM PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DI MTsN KURANJI PADANG
DOI:
https://doi.org/10.31933/eej.v1i2.874Keywords:
hasil belajar, metode penelitian, active learning, quiz teamAbstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan metode pembelajaran Active Learning tipe Quiz Team pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam.Dengan menggunakan sample siswa kelas VIII 3 Di MTsN Kuranji Padang pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam, peneliti melakukan penelitian dengan menggunakan dua siklus tindakan. Dalam pelaksanaannya, penelitian tindakan kelas ini dilakukan secara berulang dengan mengikuti tahapan siklus yang telah ditetapkan sehingga tercapainya tujuan dari metode pembelajaran Active Learning tipe Quiz Team melalui penilaian kelompok dan individu. Indikator dari peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari peningkatan hasil belajar yang diperoleh siswa setelah mengalami proses kegiatan belajar dengan menggunakan metode pembelajaran Active Learning tipe Quiz Team. Hasil penelitian menyatakan bahwa penerapan metode pembelajaran Active Learning tipe Quiz Team telah memberikan pengaruh yang positif terhadap peningkatan hasil belajar siswa.
References
Arikunto S. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara
Bonwell, Charles C., dan Eison J.A., Active Learning: Creating Excitement in the Classroom. 2001. http://www.gwu.edu/eriche.htm. (Diakses tanggal 9 Nopember 2010)
Diah M. (2007). Suatu Tinjauan Motivasi pada Pendidikan Remaja. Jakarta: Gramedia
Hollingsworth P., Lewis G. (2008). Pembelajaran Aktif. PT. Indeks
Imron A. (2003). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Dunia Pustaka Jaya
Kusumah W., Dwigatama D. (2008). Mengenal Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Indeks
Mulyana D, M.A, Ph.D. (2007). Ilmu Komunikasi. PT Remaja Rosda Karya, Bandung
Pidarta, M. (2007). Landasan Kependidikan. Jakarta : PT Rineka Cipta
Purwanto N. (2004). Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
_______. (2004). Teknik-teknik evaluasi Pendidikan. Jakarta : Nasco
Silberman, M. (2007). Active Learning: 101 Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: PT. Pustaka Insan Madani
Sudjana N. (2000). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo
_______. (2001). Penilaian Hasil Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya
_______. (2004). Landasan psikologi proses pendidikan. PT Remaja Rosdakarya
Suhendar T. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional
Syaiful S.B. (2008). Prestasi Belajar & Lingkungan Sekolah. Surabaya: Usaha Nasional
Wenger, Win. (2003). Beyond Teaching and Learning: Memadukan Quantum Teaching & Learning. PT. Nuansa
West, Richard & Lynn H. Turner. (2007). Introducing Communication Theory. Third Edition. Singapore: The McGrow Hill Companies
Whittaker, Cooperatif Learning, Jurnal Didaktika. September 2009, hal 1-5
Winkel, W.S. (2007). Psikologi Pengajaran. Jakarta: Gramedia