ANALISIS IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI PERGURUAN TINGGI : UNIVERSITAS ANDALAS

Authors

  • Putri Lenggogeni Universitas Terbuka, Tangerang Selatan
  • Yuliani Fitri Universitas Ekasakti Padang, Sumatera Barat
  • Nurhizrah Gistituati Universitas Negeri Padang, Sumatera Barat
  • Alwen Bentri Universitas Negeri Padang, Sumatera Barat

DOI:

https://doi.org/10.31933/ejpp.v4i1.1022

Keywords:

Curriculum, MBKM, Higher Education

Abstract

This research examines the implementation of the Independent Learning-Independent Campus (MBKM) program in higher education institutions, particularly in the Department of Soil Science, Faculty of Agriculture, Andalas University, Padang. The study uses descriptive and qualitative research methods to analyze the implementation of the MBKM program and its results. The research framework is based on thoughts, ideas, and policies related to independent learning. The MBKM program is not only a response to technological advances but also a fundamental necessity amidst industrial demands and global competition. The study provides a profound understanding of its role and significance in addressing contemporary challenges faced by higher education institutions today. The MBKM curriculum is essential for producing graduates with academic competence, moral behavior, rational thinking, and responsibility for their scientific fields. However, challenges in higher education management, such as the quality of graduates, standard education systems, operational funding, educational support facilities, and teaching and educational staff, remain unresolved.

References

Abdillah, L. (2021). MBKM Berbasis Teknologi Informasi Sebagai Model Pendidikan Terkini.
Afifah, SN (2022). Problematika Penerapan Kurikulum Merdeka dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Al-Falah Deltasari Sidoarjo. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sunan Ampela.
Afifuddin dan Beni Ahmad. 2009. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Pustaka Setia.
Afrizal. 2016. Metode Penelitian Kualitatif: Sebuah Upaya Mendukung Penggunaan Penelitian Kualitatif Dalam Berbagai Disiplin Ilmu. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.
Arifin, Zainal. 2013. Konsep dan Model Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Dakir. 2013. Perencanaan dan Pengembangan Kurikulum. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta
Aswita, D. 2021. Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM): Inventarisasi Mitra Dalam Pelaksanaan Magang Mahasiswa Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. Prosiding Biotik
Ahyar, H. dkk. 2020. Buku Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Yogyakarta:CV. Pustaka Ilmu.
Buku panduan merdeka belajar-kampus merdeka. 2020. Direktorat jendral pendidikan tinggi kementrian pendidikan dan kebudayaan RI.
Effendi, D. I., Lukman, D., Eryanti, D., & Garnita, A. 2021. Dokumen Kurikulum MBKM-KKNI BKI FDK UIN SGD Bandung.
Fuadi, T. M., & Aswita, D. 2021. Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM): Bagaimana Penerapan dan Kedala Yang Dihadapi oleh Perguruan Tinggi Swasta di Aceh. Jurnal Dedikasi Pendidikan.
Hamalik, Oemar. 2005. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Hamdani, F., Fauzia, A., Efendi, L. A., Liani, S. S., & Togatorop, M. 2022. Pentingnya Pengembangan Soft Skills Generasi Milenial dalam Menghadapi Tantangan Pasca Pandemi Covid-19. Indonesia Berdaya.
Hamidi. 2008. Metode Penelitian Kualitatif. Malang: UMM Press.
Huberman A. Maichel. 1992. Analisis Data Kualitatif; Buku Sumber Tentang Metode-metode Baru terj. Tjetjep Rohendi Rohidi. Jakarta: UI-PRESS.
Iskandar. 2008. Metodologi Penelitian Pendidikan dan Sosial (Kuantitatif dan Kualitatif). Jakarta: GP Press.
Mahmud. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: CV Pustaka Setia
Margono. 2003. Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Bumi Aksara.
Moleong, Lexy J. 2008. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mulyadi, Mohammad. 2016. Metode Penelitian Praktis Kualitatif & Kuantitatif. Jakarta: Publica Press
Nisa, Z (2022). Implementasi keterampilan pembelajaran abad 21 berorientasi Kurikulum Merdeka pada pembelajaran projek penguatan profil pelajar Pancasila di SMP Al Falah. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sunan Ampela.
Patilima, Hamid. 2007. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Alfabeta.
Tirtarahardja, Umar. 2005. Pengantar Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Prastowo, Andi. 2011. Metode Penelitian Kualitatif dalam Perspektif Rancangan Penelitian. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Sugiyono. 2008. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta
Sukiman. (2013). Pengembangan Kurikulum (Teori dan pada Perguruan Tinggi). Praktik Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga.
Ulfatin, Nurul. 2015. Metode Penelitian Kualitatif Di Bidang Pendidikan: Teori dan Aplikasisnya. Malang: Media Nusa Creative
Yamin, Martinis. 2007. Strategi Pembelajaran Berbasis Kompetensi. Jakarta: Gaung Persada Press.

Downloads

Published

2023-12-29

How to Cite

Putri Lenggogeni, Yuliani Fitri, Nurhizrah Gistituati, & Alwen Bentri. (2023). ANALISIS IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI PERGURUAN TINGGI : UNIVERSITAS ANDALAS. Ekasakti Jurnal Penelitian Dan Pengabdian, 4(1), 40–49. https://doi.org/10.31933/ejpp.v4i1.1022