RANCANGAN SKALA PRIORITAS KRITERIA PEMILIHAN SUPPLIER KAIN PADA UMKM ODELIA HIJAB MENGGUNAKAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP)

Authors

  • Salsabila Suci Pertiwi Universitas Telkom, Indonesia
  • Wiyono Sutari Universitas Telkom, Indonesia
  • Sheila Amalia Salma Universitas Telkom, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31933/ejpp.v4i2.1084

Keywords:

Pemilihan Supplier, AHP, Kriteria.

Abstract

Saat ini UMKM di Indonesia berkembang pesat sehingga memberikan peluang bagi masyarakat untuk mengembangkan bisnis, termasuk di sektor fashion. UMKM Odelia Hijab, yang berlokasi di Kabupaten Sumedang, menghadapi hambatan produksi seperti ketidakmampuan supplier dalam memenuhi permintaan kain yang mengakibatkan kualitas produk tidak optimal. Penelitian ini berfokus pada perancangan skala prioritas kriteria pemilihan supplier untuk UMKM Odelia Hijab menggunakan metode Analytic Hierarchy Process (AHP) berdasarkan data yang dikumpulkan dari kuesioner stakeholder. Hasil penelitian menunjukkan skala prioritas kriteria pemilihan supplier berurutan sebagai berikut: (1) kualitas bahan, (2) pelayanan supplier, (3) waktu respons, (4) kebijakan stok supplier, (5) fleksibilitas perubahan permintaan, (6) biaya, dan (7) lokasi. Proses pemilihan supplier yang terintegrasi dengan kriteria ini diharapkan meningkatkan efisiensi, efektivitas, dan kualitas proses pemilihan supplier di UMKM Odelia Hijab.

References

Saaty, T. L., & Vargas, L. G. (2000). Models, Methods, Concepts, & Applications of the Analytic Hierarchy Process. Pittsburgh: Springer Science & Business Media, LLC.

Silalahi, S. P. (2013). Pengaruh Etika, Kompetensi, Pengalaman Audit dan Situasi Audit Terhadap Skeptisme Profesional Auditor. Jurnal Ekonomi Universitas Riau.

Widodo, T. (2024). Kombinasi Simple Additive Weighted dan Rank Order Centroid Dalam Pemilihan Vendor Catering. Journal Chain.

Downloads

Published

2024-07-01

How to Cite

Pertiwi, S. S., Wiyono Sutari, & Sheila Amalia Salma. (2024). RANCANGAN SKALA PRIORITAS KRITERIA PEMILIHAN SUPPLIER KAIN PADA UMKM ODELIA HIJAB MENGGUNAKAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP). Ekasakti Jurnal Penelitian Dan Pengabdian, 4(2), 296–301. https://doi.org/10.31933/ejpp.v4i2.1084