Persepsi Guru Terhadap Pelatihan Pengembangan Soal Literasi dan Numerasi Berbasis Aplikasi Testmoz di KKG Gugus II Kecamatan Silungkang
DOI:
https://doi.org/10.31933/ejpp.v5i1.1205Keywords:
Persepsi Guru, Literasi, Numerasi, TestmozAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi kemajuan teknologi dan informasi yang sudah berkembang. Teknologi dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kualitas pengajaran dan evaluasi, termasuk dalam integrasi materi literasi dan numerasi. Namun, realitas di lapangan menunjukkan bahwa potensi ini belum dimanfaatkan secara optimal oleh banyak pihak, terutama dalam lingkungan pendidikan formal. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi guru terhadap pelatihan pengembangan soal literasi dan numerasi berbasis aplikasi testmoz di KKG Gugus II Kecamatan Silungkang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif dengan total sampel sebanyak 34 guru. Data dikumpulkan melalui angket tertutup berbasis skala Likert melalui google form. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelatihan ini memberikan kontribusi signifikan terhadap peningkatan pemahaman dan keterampilan guru pada setiap aspek. Sehingga dapat disimpulkan bahwa guru mempunyai persepsi yang positif terhadap pelatihan pengembangan soal literasi dan numerasi berbasis aplikasi testmoz di KKG Gugus II Kecamatan Silungkang.
References
Akhter, N. (2023). How Teachers Develop Professionally: Effectiveness of Trainings Programs on Teaching Attitude and Performance of Science Teachers. Sjesr, 6(1), 76–85. https://doi.org/10.36902/sjesr-vol6-iss1-2023(76-85)
Anas, M., Muchson, M., Sugiono, S., & Rr. Forijati. (2021). Pengembangan kemampuan guru ekonomi di Kediri melalui kegiatan pelatihan asesmen kompetensi minimum (AKM). Rengganis Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 48–57. https://doi.org/10.29303/rengganis.v1i1.28
Ardhana, I. A. (2020). Penggunaan Tes Online “Testmoz” Terintegrasi dengan Googleclassroom sebagai Alternatif Alat Pembelajaran Daring. Andragogi: Jurnal Diklat Teknis Pendidikan dan Keagamaan, 8(2), 485–497. https://doi.org/10.36052/andragogi.v8i2.182
Ardhana, I. A., & Zahroh, U. (2023). Pemanfaatan Quizziz dan Testmoz Sebagai Alat Penilaian Pembelajaran. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 7(6), 5766. https://doi.org/10.31764/jmm.v7i6.19175
Figueredo-Canosa, V., Ortiz Jiménez, L., Sánchez Romero, C., & López Berlanga, M. C. (2020). Teacher Training in Intercultural Education: Teacher Perceptions. Education Sciences, 10(3), 81. https://doi.org/10.3390/educsci10030081
Ismayani, R. M., & Kartiwi, Y. M. (2022). Keefektifan Alat Penilaian Membaca Pemahaman Berbantuan Aplikasi Testmoz. Diglosia, 6(1), 230–237. https://dx.doi.org/10.31949/diglosia.v6i1.3745
Kartiwi, Y. M., & Ismayani, M. (2022). Pelatihan Membuat Alat Evaluasi Berbasis TPACK Menggunakan Aplikasi Testmoz pada Para Guru di Yayasan Miftahul Ihsan Al-Banjary Kota Banjar Jawa Barat. Abdimas Siliwangi, 5(3), 599–607.
Kemendikbud. (2020). Desain Pengembangan Soal AKM. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Makarim, N. (2019, November 12). Tahun 2021, Ujian Nasional Diganti Asesmen Kompetensi dan Survei Karakter. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan.
Maugeri, G. (2018). Analysis of Teachers’ Perception of the Effectiveness of MAECI Online Glottodidactic Training for Teachers of Italian as a Foreign Language: A Case Study. International Journal of Linguistics, 10(1), 46. https://doi.org/10.5296/ijl.v10i1.12156
Misnawati, M., Hayati, R., Zuraini, Z., Nofriati, E., & Kartika, Y. (2023). Pelatihan Pengembangan Literasi dan Numerasi terhadap Guru MTSS Nurul Quran Kabupaten Bireuen Provinsi Aceh. RAMBIDEUN?: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(3), 215–222. https://doi.org/10.51179/pkm.v6i3.2156
Muniasari, N., Lovelly, D. E., Anisah, A., & Asman, N. (2024). Strategies for Developing Numeracy Literacy in Junior High Schools in Indonesia: A Literature Review. LITERACY?: International Scientific Journals of Social, Education, Humanities, 3(1), 01–09. https://doi.org/10.56910/literacy.v3i1.1345
Niemi, H., Niu, S., Vivitsou, M., & Li, B. (2018). Digital Storytelling for Twenty-First-Century Competencies with Math Literacy and Student Engagement in China and Finland. Contemporary Educational Technology, 9(4), 331–353. https://doi.org/10.30935/cet.470999
Pramana, C. A. (2020). Kontribusi Instruktur dan Pelatihan terhadap Pengembangan Kreativitas Peserta Pelatihan di UPT Pelatihan Kerja Tulungagung Tahun 2018. Jupeko (Jurnal Pendidikan Ekonomi), 5(2), Article 2. https://doi.org/10.29100/jupeko.v5i2.1010
Pratama, L. D., & Lestari, W. (2020). Pengaruh Pelatihan Terhadap Kompetensi Pedagogik Guru Matematika. Jurnal Cendekia?: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), Article 1. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i1.207
Republik Indonesia. (2005). Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.
Rosmiyati, R., & Zaimil, R. (2021). Persepsi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Terhadap Pembelajaran Daring Pada Masa Covid-19. Ekasakti Jurnal Penelitian & Pengabdian, 2(1), 63–78. https://doi.org/10.31933/ejpp.v2i1.424
Widyantoro, M., Zulfadhli, M., Ismaniah, Hamdani, H., & Kurniasari Rahmawati, N. (2022). Upaya Peningkatan Literasi dan Numerasi Melalui Adaptasi Teknologi di SD Negeri Srijaya 04 Bekasi. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bumi Raflesia, 5(2), 904–908. https://doi.org/10.36085/jpmbr.v5i2.3495
Yanti, F. A., Wardana, R. W., & Apriyanti, D. (2024). Pendampingan Penyusunan Instrumen Tes Numerasi Siswa Berbasis Gamifikasi Sebagai Strategi Penguatan Literasi Digital Guru. Sasambo: Jurnal Abdimas (Journal of Community Service), 6(3), 533–541. https://doi.org/10.36312/sasambo.v6i3.1977
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Rosmiyati, Redo Andi Marta, Roza Zaimil
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Penulis yang mempublikasikan manuskripnya di jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:
- Hak cipta pada setiap artikel adalah milik penulis.
- Penulis mengakui bahwa Ekasakti Jurnal Penelitian & Pegabdian (EJPP) berhak menjadi yang pertama menerbitkan dengan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (Attribution 4.0 International (CC BY 4.0) .
- Penulis dapat mengirimkan artikel secara terpisah, mengatur distribusi non-eksklusif manuskrip yang telah diterbitkan dalam jurnal ini ke versi lain (misalnya, dikirim ke repositori institusi penulis, publikasi ke dalam buku, dll.), dengan mengakui bahwa manuskrip telah diterbitkan pertama kali di Ekasakti Jurnal Penelitian & Pegabdian (EJPP).