Persepsi Guru Terhadap Pelatihan Pengembangan Soal Literasi dan Numerasi Berbasis Aplikasi Testmoz di KKG Gugus II Kecamatan Silungkang

Authors

  • Rosmiyati
  • Redo Andi Marta Universitas Mahaputra Muhammad Yamnin
  • Roza Zaimil Universitas Mahaputra Muhammad Yamnin

DOI:

https://doi.org/10.31933/ejpp.v5i1.1205

Keywords:

Persepsi Guru, Literasi, Numerasi, Testmoz

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi kemajuan teknologi dan informasi yang sudah berkembang. Teknologi dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kualitas pengajaran dan evaluasi, termasuk dalam integrasi materi literasi dan numerasi. Namun, realitas di lapangan menunjukkan bahwa potensi ini belum dimanfaatkan secara optimal oleh banyak pihak, terutama dalam lingkungan pendidikan formal. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi guru terhadap pelatihan pengembangan soal literasi dan numerasi berbasis aplikasi testmoz di KKG Gugus II Kecamatan Silungkang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif dengan total sampel sebanyak 34 guru. Data dikumpulkan melalui angket tertutup berbasis skala Likert melalui google form. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelatihan ini memberikan kontribusi signifikan terhadap peningkatan pemahaman dan keterampilan guru pada setiap aspek. Sehingga dapat disimpulkan bahwa guru mempunyai persepsi yang positif terhadap pelatihan pengembangan soal literasi dan numerasi berbasis aplikasi testmoz di KKG Gugus II Kecamatan Silungkang.

References

Akhter, N. (2023). How Teachers Develop Professionally: Effectiveness of Trainings Programs on Teaching Attitude and Performance of Science Teachers. Sjesr, 6(1), 76–85. https://doi.org/10.36902/sjesr-vol6-iss1-2023(76-85)

Anas, M., Muchson, M., Sugiono, S., & Rr. Forijati. (2021). Pengembangan kemampuan guru ekonomi di Kediri melalui kegiatan pelatihan asesmen kompetensi minimum (AKM). Rengganis Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 48–57. https://doi.org/10.29303/rengganis.v1i1.28

Ardhana, I. A. (2020). Penggunaan Tes Online “Testmoz” Terintegrasi dengan Googleclassroom sebagai Alternatif Alat Pembelajaran Daring. Andragogi: Jurnal Diklat Teknis Pendidikan dan Keagamaan, 8(2), 485–497. https://doi.org/10.36052/andragogi.v8i2.182

Ardhana, I. A., & Zahroh, U. (2023). Pemanfaatan Quizziz dan Testmoz Sebagai Alat Penilaian Pembelajaran. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 7(6), 5766. https://doi.org/10.31764/jmm.v7i6.19175

Figueredo-Canosa, V., Ortiz Jiménez, L., Sánchez Romero, C., & López Berlanga, M. C. (2020). Teacher Training in Intercultural Education: Teacher Perceptions. Education Sciences, 10(3), 81. https://doi.org/10.3390/educsci10030081

Ismayani, R. M., & Kartiwi, Y. M. (2022). Keefektifan Alat Penilaian Membaca Pemahaman Berbantuan Aplikasi Testmoz. Diglosia, 6(1), 230–237. https://dx.doi.org/10.31949/diglosia.v6i1.3745

Kartiwi, Y. M., & Ismayani, M. (2022). Pelatihan Membuat Alat Evaluasi Berbasis TPACK Menggunakan Aplikasi Testmoz pada Para Guru di Yayasan Miftahul Ihsan Al-Banjary Kota Banjar Jawa Barat. Abdimas Siliwangi, 5(3), 599–607.

Kemendikbud. (2020). Desain Pengembangan Soal AKM. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Makarim, N. (2019, November 12). Tahun 2021, Ujian Nasional Diganti Asesmen Kompetensi dan Survei Karakter. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan.

Maugeri, G. (2018). Analysis of Teachers’ Perception of the Effectiveness of MAECI Online Glottodidactic Training for Teachers of Italian as a Foreign Language: A Case Study. International Journal of Linguistics, 10(1), 46. https://doi.org/10.5296/ijl.v10i1.12156

Misnawati, M., Hayati, R., Zuraini, Z., Nofriati, E., & Kartika, Y. (2023). Pelatihan Pengembangan Literasi dan Numerasi terhadap Guru MTSS Nurul Quran Kabupaten Bireuen Provinsi Aceh. RAMBIDEUN?: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(3), 215–222. https://doi.org/10.51179/pkm.v6i3.2156

Muniasari, N., Lovelly, D. E., Anisah, A., & Asman, N. (2024). Strategies for Developing Numeracy Literacy in Junior High Schools in Indonesia: A Literature Review. LITERACY?: International Scientific Journals of Social, Education, Humanities, 3(1), 01–09. https://doi.org/10.56910/literacy.v3i1.1345

Niemi, H., Niu, S., Vivitsou, M., & Li, B. (2018). Digital Storytelling for Twenty-First-Century Competencies with Math Literacy and Student Engagement in China and Finland. Contemporary Educational Technology, 9(4), 331–353. https://doi.org/10.30935/cet.470999

Pramana, C. A. (2020). Kontribusi Instruktur dan Pelatihan terhadap Pengembangan Kreativitas Peserta Pelatihan di UPT Pelatihan Kerja Tulungagung Tahun 2018. Jupeko (Jurnal Pendidikan Ekonomi), 5(2), Article 2. https://doi.org/10.29100/jupeko.v5i2.1010

Pratama, L. D., & Lestari, W. (2020). Pengaruh Pelatihan Terhadap Kompetensi Pedagogik Guru Matematika. Jurnal Cendekia?: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), Article 1. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i1.207

Republik Indonesia. (2005). Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.

Rosmiyati, R., & Zaimil, R. (2021). Persepsi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Terhadap Pembelajaran Daring Pada Masa Covid-19. Ekasakti Jurnal Penelitian & Pengabdian, 2(1), 63–78. https://doi.org/10.31933/ejpp.v2i1.424

Widyantoro, M., Zulfadhli, M., Ismaniah, Hamdani, H., & Kurniasari Rahmawati, N. (2022). Upaya Peningkatan Literasi dan Numerasi Melalui Adaptasi Teknologi di SD Negeri Srijaya 04 Bekasi. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bumi Raflesia, 5(2), 904–908. https://doi.org/10.36085/jpmbr.v5i2.3495

Yanti, F. A., Wardana, R. W., & Apriyanti, D. (2024). Pendampingan Penyusunan Instrumen Tes Numerasi Siswa Berbasis Gamifikasi Sebagai Strategi Penguatan Literasi Digital Guru. Sasambo: Jurnal Abdimas (Journal of Community Service), 6(3), 533–541. https://doi.org/10.36312/sasambo.v6i3.1977

Downloads

Published

2024-12-10

How to Cite

Rosmiyati, Andi Marta, R., & Zaimil, R. (2024). Persepsi Guru Terhadap Pelatihan Pengembangan Soal Literasi dan Numerasi Berbasis Aplikasi Testmoz di KKG Gugus II Kecamatan Silungkang. Ekasakti Jurnal Penelitian Dan Pengabdian, 5(1), 8–17. https://doi.org/10.31933/ejpp.v5i1.1205