Validitas Modul Pembelajaran Berbasis Inkuiri Terbimbing Pada Materi Hidrokarbon
DOI:
https://doi.org/10.31933/ejpp.v5i1.1214Keywords:
Modul Pembelajaran,, Inkuiri Terbimbing, Validitas, HidrokarbonAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengevaluasi validitas modul pembelajaran berbasis inkuiri terbimbing pada materi hidrokarbon untuk siswa SMA kelas X. Modul ini dirancang berdasarkan model pengembangan 4D (Define, Design, Develop, Disseminate). Validasi dilakukan oleh ahli pendidikan dan guru kimia dengan menggunakan analisis momen kappa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul berbasis inkuiri terbimbing memiliki tingkat validitas tinggi dengan nilai rata-rata momen kappa sebesar 0,75. Selain itu, kepraktisan dan efektivitas modul juga diuji melalui respon guru dan siswa, serta peningkatan hasil belajar siswa. Modul ini efektif meningkatkan pemahaman konsep siswa, seperti yang ditunjukkan oleh nilai rata-rata post-test yang lebih tinggi dibandingkan pre-test.
References
Boslaugh, S. (2008). Statistics in a Nutshell. Sebastopol: O'Reilly Media.
Hake, R. R. (1999). Analyzing Change/Gain Scores. Unpublished. Indiana University.
Hanson, D. (2006). Instructor's Guide to Process-Oriented Guided Inquiry Learning.
Mulia, V. S., & Utami, K. B. (2024). Validitas Modul Pembelajaran Kimia Materi Pokok Hidrokarbon Berbasis Inkuiri Terbimbing. Tesis. Universitas Ekasakti.
Thiagarajan, S., Semmel, D. S., & Semmel, M. I. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children.
Trianto, M. (2010). Model Pembelajaran Inovatif Berbasis Konstruktivistik.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 desiarmiekaputri, Ikhwan, Miftahul Jannah, Ririn Septya Yunita, Arman Ririnni

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Penulis yang mempublikasikan manuskripnya di jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:
- Hak cipta pada setiap artikel adalah milik penulis.
- Penulis mengakui bahwa Ekasakti Jurnal Penelitian & Pegabdian (EJPP) berhak menjadi yang pertama menerbitkan dengan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (Attribution 4.0 International (CC BY 4.0) .
- Penulis dapat mengirimkan artikel secara terpisah, mengatur distribusi non-eksklusif manuskrip yang telah diterbitkan dalam jurnal ini ke versi lain (misalnya, dikirim ke repositori institusi penulis, publikasi ke dalam buku, dll.), dengan mengakui bahwa manuskrip telah diterbitkan pertama kali di Ekasakti Jurnal Penelitian & Pegabdian (EJPP).