Validitas Modul Pembelajaran Berbasis Inkuiri Terbimbing Pada Materi Hidrokarbon

Authors

  • Vivi Sri Mulia Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Ekasakti
  • Kurnia Budi Utami Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Ekasakti

DOI:

https://doi.org/10.31933/ejpp.v5i1.1214

Keywords:

Modul Pembelajaran,, Inkuiri Terbimbing, Validitas, Hidrokarbon

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengevaluasi validitas modul pembelajaran berbasis inkuiri terbimbing pada materi hidrokarbon untuk siswa SMA kelas X. Modul ini dirancang berdasarkan model pengembangan 4D (Define, Design, Develop, Disseminate). Validasi dilakukan oleh ahli pendidikan dan guru kimia dengan menggunakan analisis momen kappa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul berbasis inkuiri terbimbing memiliki tingkat validitas tinggi dengan nilai rata-rata momen kappa sebesar 0,75. Selain itu, kepraktisan dan efektivitas modul juga diuji melalui respon guru dan siswa, serta peningkatan hasil belajar siswa. Modul ini efektif meningkatkan pemahaman konsep siswa, seperti yang ditunjukkan oleh nilai rata-rata post-test yang lebih tinggi dibandingkan pre-test.

References

Boslaugh, S. (2008). Statistics in a Nutshell. Sebastopol: O'Reilly Media.

Hake, R. R. (1999). Analyzing Change/Gain Scores. Unpublished. Indiana University.

Hanson, D. (2006). Instructor's Guide to Process-Oriented Guided Inquiry Learning.

Mulia, V. S., & Utami, K. B. (2024). Validitas Modul Pembelajaran Kimia Materi Pokok Hidrokarbon Berbasis Inkuiri Terbimbing. Tesis. Universitas Ekasakti.

Thiagarajan, S., Semmel, D. S., & Semmel, M. I. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children.

Trianto, M. (2010). Model Pembelajaran Inovatif Berbasis Konstruktivistik.

Downloads

Published

2024-12-28

How to Cite

Vivi Sri Mulia, & Kurnia Budi Utami. (2024). Validitas Modul Pembelajaran Berbasis Inkuiri Terbimbing Pada Materi Hidrokarbon. Ekasakti Jurnal Penelitian Dan Pengabdian, 5(1), 73–82. https://doi.org/10.31933/ejpp.v5i1.1214