Sistem Informasi Manajement Produk Kerajinan Tangan Umkm Tas Rajut Toko Cinta Jasmine Berbasis Android
DOI:
https://doi.org/10.31933/ejpp.v5i2.1307Keywords:
Information System, Android, UMKM, Crochet Bags, Product Management, HandicraftsAbstract
The UMKM Tas Rajut Toko Cinta Jasmine in Padang City faces challenges in managing production data, inventory, and transactions, which are still handled manually. This study aims to design an Android-based product management information system to improve the efficiency of business operations. The research method used is system development through stages of identification, design, implementation, and testing. The system design utilizes UML diagrams (Use Case, Activity, Sequence, Class Diagram) and a MySQL database, with an Android-based user interface. The research results show that this information system can assist business owners in managing inventory, pricing, transactions, and generating accurate and timely reports. This application provides an effective solution for UMKM to overcome the limitations of manual record-keeping and supports the digital growth of small businesses.
References
Akbar, M.A,. dan Alam, N.A. 2020. E-commerce teori dalam bisnis digital. Yayasan Kita Menulis. Medan.
Anandita, F.B.A,. dan Saputra S.D. 2015. Analisis Pengaruh Kepercayaan, Keamanan, Kualitas Pelayanan Dan Persepsi Akan Resiko Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Situs Jejaring Sosial. 15(2) : 203-210
Budiyanto, T,. Kojo, C,. dan Tawas, H.N. 2016. Strategi Promosi, Kualitas Produk Dan Desain Terhdap Keputusan Pembelian Dan Minat Merefrensikan Rumah Pada Puri Camar Liwas PT. Camar Sapta Ganda. Berkala Ilmiah Efesiensi. 16 (4) : 489-500.
Demanda, F.O,. 2018. Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Keputusan Pembelian Di Throwback Coffe + Kitchen Cikarang. Fakultas Bisnis. Jurusan Manajemen.President Univercity.
Duli, N. 2019. Metodologi Penelitian Kuantitatif: Beberapa Konsep Dasar Untuk Penulisan Skripsi & Analisis Data Dengan SPSS. Deepublish. Yogyakarta.
Firmansyah, A. 2019. Perilaku Konsuemen (Sikap Dan Pemasaran). CV. Qiara Media. Surabaya.
_____________. 2019. Pemasaran : Dasar dan Konsep. Qiara Media. Surabaya.
_____________. 2020. Pengantar E-Marketing. Qiara Media. Surabaya.
_____________. 2020. KOMUNIKASI PEMASARAN. Qiara Media. Surabaya.
Ghozali, I. 2016. Aplikasi Analisis Multivariant Dengan Program SPSS, Cetakan Kedelapan, Universitas Diponegoro. Semarang.
Hapsari, R,. Ratnawati, K,. dan Anggraeni, R. 2020. Entrepreneurial Marketing. Universitas Brawijaya Press. Malang.
Haryana,. R.D.T. dan Novianti,. R. 2020. MONOGRAF Fenomena Cashless Society Di Era Ekonomi Digital. Cipta Media Nusantara. Surabaya.
HelpShopee. 2018. Pilihan Jasa Kirim Di Marketplace Shopee. Hidayat. 2013. “Pengaruh Promosi Penjualan Produk Purence Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Di Bandung”. Fakultas Bisnis Dan Manajemen. Jurusan Manajemen. Universitas Widyatama Bandung.
https://digimind.id/10-kategori-produk-terlaris-shopee. 10 Desember 2020. (14:00 ).
https://help.shopee.co.id/s/article/Apa-saja-pilihan-jasa-kirim-di-Shopee. 10 Desember 2020. (15:15).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Nurda, Januardi Nasir

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Penulis yang mempublikasikan manuskripnya di jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:
- Hak cipta pada setiap artikel adalah milik penulis.
- Penulis mengakui bahwa Ekasakti Jurnal Penelitian & Pegabdian (EJPP) berhak menjadi yang pertama menerbitkan dengan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (Attribution 4.0 International (CC BY 4.0) .
- Penulis dapat mengirimkan artikel secara terpisah, mengatur distribusi non-eksklusif manuskrip yang telah diterbitkan dalam jurnal ini ke versi lain (misalnya, dikirim ke repositori institusi penulis, publikasi ke dalam buku, dll.), dengan mengakui bahwa manuskrip telah diterbitkan pertama kali di Ekasakti Jurnal Penelitian & Pegabdian (EJPP).