PROSES PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU DENGAN MODELPROBLEM BASED LEARNING (PBL) KELAS IV SD 02PASAGADANG KEC. PADANG SELATAN
DOI:
https://doi.org/10.31933/ejpp.v1i1.208Keywords:
proses pembelajaran tematik terintegrasi, pblAbstract
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan Peningkatan Proses Pembelajaran TematikTerintegrasi dengan Model Problem Based Learning (PBL) di Kelas IV SD 02 PasaGadang Kec.Padang Selatan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakankelas, dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian adalah guru dan siswakelas IV SD 02 Pasa Gadang Kec. Padang Selatan. Hasil penelitian menunjukkan adanyapeningkatan proses pembelajaran tematik terintegrasi pada siklus I dan siklus II. Persentaserata-rata kemampuan guru merancang RPP dari 75% menjadi 95,8%. Persentase rata-ratapelaksanaan guru dari 77,5% menjadi 92,5%. Persentase rata-rata pelaksanaan siswadari77,5% menjadi 92,5%.
References
Kunandar. 2012. Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan(KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Muslich, Masnur. 2009. Melaksanakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Jakarta: BumiAksara.
Setyosari, Punaji. 2013. Metode Penelitian Pendidikan & Pengembangan. Jakarta: Kencana.
Wiriaatdmadja, Rochiyati. 2007. Metodologi Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT RosdaKarya.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Penulis yang mempublikasikan manuskripnya di jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:
- Hak cipta pada setiap artikel adalah milik penulis.
- Penulis mengakui bahwa Ekasakti Jurnal Penelitian & Pegabdian (EJPP) berhak menjadi yang pertama menerbitkan dengan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (Attribution 4.0 International (CC BY 4.0) .
- Penulis dapat mengirimkan artikel secara terpisah, mengatur distribusi non-eksklusif manuskrip yang telah diterbitkan dalam jurnal ini ke versi lain (misalnya, dikirim ke repositori institusi penulis, publikasi ke dalam buku, dll.), dengan mengakui bahwa manuskrip telah diterbitkan pertama kali di Ekasakti Jurnal Penelitian & Pegabdian (EJPP).