PROSES PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU DENGAN MODELPROBLEM BASED LEARNING (PBL) KELAS IV SD 02PASAGADANG KEC. PADANG SELATAN

Authors

  • Norana

DOI:

https://doi.org/10.31933/ejpp.v1i1.208

Keywords:

proses pembelajaran tematik terintegrasi, pbl

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan Peningkatan Proses Pembelajaran TematikTerintegrasi dengan Model Problem Based Learning (PBL) di Kelas IV SD 02 PasaGadang Kec.Padang Selatan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakankelas, dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian adalah guru dan siswakelas IV SD 02 Pasa Gadang Kec. Padang Selatan. Hasil penelitian menunjukkan adanyapeningkatan proses pembelajaran tematik terintegrasi pada siklus I dan siklus II. Persentaserata-rata kemampuan guru merancang RPP dari 75% menjadi 95,8%. Persentase rata-ratapelaksanaan guru dari 77,5% menjadi 92,5%. Persentase rata-rata pelaksanaan siswadari77,5% menjadi 92,5%.

References

Kemendikbud.2014. Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2014 SD Kelas VJakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kunandar. 2012. Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan(KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Muslich, Masnur. 2009. Melaksanakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Jakarta: BumiAksara.

Setyosari, Punaji. 2013. Metode Penelitian Pendidikan & Pengembangan. Jakarta: Kencana.

Wiriaatdmadja, Rochiyati. 2007. Metodologi Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT RosdaKarya.

Downloads

Published

2020-12-09

How to Cite

Norana. (2020). PROSES PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU DENGAN MODELPROBLEM BASED LEARNING (PBL) KELAS IV SD 02PASAGADANG KEC. PADANG SELATAN. Ekasakti Jurnal Penelitian Dan Pengabdian, 1(1), 124–132. https://doi.org/10.31933/ejpp.v1i1.208