PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARANIPA MENGGUNAKAN PENDEKATAN SAINS TEKNOLOGIMASYARAKAT DI KELAS IV SD NEGERI 03KEC. LUBUK BEGALUNG KOTA PADANG
DOI:
https://doi.org/10.31933/ejpp.v1i1.209Keywords:
Hasil Belajar, IPTEK MasyarakatAbstract
Tujuan penelitian ini secara umum adalah untuk mendeskripsikan bagaimana desain,pelaksanaan dan hasil belajar IPA dengan pendekatan IPA pada siswa kelas IV SD Negeri 03Kec. Lubuk Begalung Kota Padang. Penelitian inimerupakan penelitian tindakan kelasdengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Dalam prakteknya penelitian ini terdiri dari duasiklus. Prosedur penelitian terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi.Subjek penelitian ini adalah peneliti dan siswa kelas IV yang berjumlah 10 orang yang terdiridari 5 siswa laki-laki dan 5 siswa perempuan. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjiltahun ajaran 2015/2016. Data penelitian diperoleh melalui observasi dan tes. Hasil penelitianmenunjukkan bahwa dengan menggunakan pendekatan Science and Technology Society(STM) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA di kelas IV. Hal initerlihat dari: Hasil observasi RPP siklus I sebesar 74,95% meningkat pada siklus II menjadi82,10%. Hal ini juga terlihat dari pelaksanaan pembelajaran guru pada aspek siklus I 73,75%meningkat menjadi 85,00% pada siklus II dan dari aspek siklus I siswa mendapatkan nilairata-rata 71,25% meningkat menjadi 85,00% pada siklus II. Hasil belajar siswa padapenelitian Siklus I meningkat 73,26% menjadi 79,77% pada Siklus II.
References
Hendry.2007. Belajar dan Pembelajaran Sekolah Dasar. Bandung: UPI PRESS
Depdiknas. 2006. Kurikulu Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: BSNP
Dimyanti dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: BSNP
Jihad, Asep. 2009. EvaluasiPembelajaran. Jakarta: Multi Pressindo
Kunandar. 2011. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai pengembangan profesiguru. Jakarta: PT Grafindo PersadaMuslich. Masnur. 2008. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta : PT BumiAksaraNasehudin,
Toto Saytori. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Pustaka
Setia Sudjana, Nana. 2004. Penilaian Proses Hasil Belajar. Bandung: PT Remaja Rosada Karya
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran SekolahDasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Uno, Hamzah, dkk. 2011. Menjadi Peneliti PTK yang Profesional. Jakarta: BumiAksara
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Penulis yang mempublikasikan manuskripnya di jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:
- Hak cipta pada setiap artikel adalah milik penulis.
- Penulis mengakui bahwa Ekasakti Jurnal Penelitian & Pegabdian (EJPP) berhak menjadi yang pertama menerbitkan dengan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (Attribution 4.0 International (CC BY 4.0) .
- Penulis dapat mengirimkan artikel secara terpisah, mengatur distribusi non-eksklusif manuskrip yang telah diterbitkan dalam jurnal ini ke versi lain (misalnya, dikirim ke repositori institusi penulis, publikasi ke dalam buku, dll.), dengan mengakui bahwa manuskrip telah diterbitkan pertama kali di Ekasakti Jurnal Penelitian & Pegabdian (EJPP).