PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARANIPA MENGGUNAKAN PENDEKATAN SAINS TEKNOLOGIMASYARAKAT DI KELAS IV SD NEGERI 03KEC. LUBUK BEGALUNG KOTA PADANG

Authors

  • Marettawatma

DOI:

https://doi.org/10.31933/ejpp.v1i1.209

Keywords:

Hasil Belajar, IPTEK Masyarakat

Abstract

Tujuan penelitian ini secara umum adalah untuk mendeskripsikan bagaimana desain,pelaksanaan dan hasil belajar IPA dengan pendekatan IPA pada siswa kelas IV SD Negeri 03Kec. Lubuk Begalung Kota Padang. Penelitian inimerupakan penelitian tindakan kelasdengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Dalam prakteknya penelitian ini terdiri dari duasiklus. Prosedur penelitian terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi.Subjek penelitian ini adalah peneliti dan siswa kelas IV yang berjumlah 10 orang yang terdiridari 5 siswa laki-laki dan 5 siswa perempuan. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjiltahun ajaran 2015/2016. Data penelitian diperoleh melalui observasi dan tes. Hasil penelitianmenunjukkan bahwa dengan menggunakan pendekatan Science and Technology Society(STM) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA di kelas IV. Hal initerlihat dari: Hasil observasi RPP siklus I sebesar 74,95% meningkat pada siklus II menjadi82,10%. Hal ini juga terlihat dari pelaksanaan pembelajaran guru pada aspek siklus I 73,75%meningkat menjadi 85,00% pada siklus II dan dari aspek siklus I siswa mendapatkan nilairata-rata 71,25% meningkat menjadi 85,00% pada siklus II. Hasil belajar siswa padapenelitian Siklus I meningkat 73,26% menjadi 79,77% pada Siklus II.

References

Arikunto, Suharsimi. dkk. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi AksaraAsep,

Hendry.2007. Belajar dan Pembelajaran Sekolah Dasar. Bandung: UPI PRESS

Depdiknas. 2006. Kurikulu Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: BSNP

Dimyanti dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: BSNP

Jihad, Asep. 2009. EvaluasiPembelajaran. Jakarta: Multi Pressindo

Kunandar. 2011. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai pengembangan profesiguru. Jakarta: PT Grafindo PersadaMuslich. Masnur. 2008. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta : PT BumiAksaraNasehudin,

Toto Saytori. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Pustaka

Setia Sudjana, Nana. 2004. Penilaian Proses Hasil Belajar. Bandung: PT Remaja Rosada Karya

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran SekolahDasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Uno, Hamzah, dkk. 2011. Menjadi Peneliti PTK yang Profesional. Jakarta: BumiAksara

Downloads

Published

2020-12-09

How to Cite

Marettawatma. (2020). PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARANIPA MENGGUNAKAN PENDEKATAN SAINS TEKNOLOGIMASYARAKAT DI KELAS IV SD NEGERI 03KEC. LUBUK BEGALUNG KOTA PADANG. Ekasakti Jurnal Penelitian Dan Pengabdian, 1(1), 133–144. https://doi.org/10.31933/ejpp.v1i1.209