PRESENTASI INTERAKTIF DALAM PEMBELAJARAN DARING

Authors

  • Desirizta Sari Steviani

DOI:

https://doi.org/10.31933/ejpp.v1i1.211

Keywords:

Presentation, Learning Methods, Online Learning

Abstract

Online learning or known as online learning is part of e-learnings. In doing online learning,interactive presentations are needed. Interactive presentations can be created by involvingEducation and Training participants as well as two-way communication between theFacilitator and participants. To realize interactive presentations in online learning must besupported bya variety of learning methods using a variety of available applications. Themethods that can be used for interactive presentations in online learning are lectures,question and answer, discussion, brainstorming and evaluation methods. This methodbecomesinteresting when supported by using the Collud Meeting Zoom, Slido, Jamboard,Padlet and Quizizz applications.

References

Aidah. “Pemanfaatan E-learning sebagaiMedia Pembelajaran di STIA AL GAZALI BARRU(Suatu Studi Kasus Terhadap Pemanfaatan Model E-Learning Berbasis SoftwareClaroline)”. Meraja Journal, Volume 2, Nomor 1, Februari 2019

Atsani, KH. Lalu Gede Muhammad Zainuddin. “Transformasi Media Pembelajaran Pada MasaPandemi Covid-19”. Al-Hikmah Jurnal Studi Islam. Volume 1 Nomor 1 Tahun 2020

Entang, Dr. M dkk. 2005. “Metode Pembelajaran-2”. Jakarta: Lembaga Administrasi Negara

Hartanto, Wiwin. “Penggunaan E-learning Sebagai Media Pembelajaran”. Jurnal PendidikanEkonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial”. Volume 10,Nomor 1. November 2016

Keputusan Menteri Kesehatan Nomor: HK.01.07/MENKES/104/2020 tentang PenetapanInfeksi Corona Virus (Inveksi COVID-19)

Modul TPEN4310/ MODUL1 Hal. 1.29 (http://www.pustaka.ut.ac.id/lib/wp-content/uploads/pdfmk/TPEN4310-M1.pdf)

Nguyen, Lindsie.”Alternatif Terjangkau terbaik Untuk Slido pada Tahun 2020”.(https://ahaslides.com/id/blog/best-free-alternative-to-slido/#:~:text=Slido%20adalah%20platform%20Tanya%20Jawab,komunikasi%20dan%20interaksi%20dalam%20rapat.&text=Namun%2C%20Slido%20hanya%20menyediakan%20jenis,menjalankan%20presentasi%20yang%20sepenuhnya%20menarik.)

Oktavian, Riskey dkk. ” Efektivitas Pembelajaran Daring Terintegrasi di Era Pendidikan 4.0”.Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan Vol.20 No. 2 Tahun 2020

Purwanto, Agus Rudi. “Menggunakan Padlet sebagai E-Learning yang Sederhana”.(https://dinaspdank.wonogirikab.go.id/wp-content/uploads/2020/03/Padlet-Presentation.pdf)

Putri, Yulia Eka. “Macam-macam MetodePembelajaran”.(https://www.academia.edu/11281707/Macam_macam_Metode_Pembelajaran)

Riyana, Dr. Cepi. 2019. “Poduksi Bahan Pembelajaran BerbasisOnline”. Banten: UniversitasTerbuka”

Sadikin, Ali dkk. “Pembelajaran daring di Tengah Wabah Covid-19”. Jurnal Ilmiah PendidikanBiologi. Volume 6, Nomor 02, Tahun 2020, Hal. 214-224

Surat Keputusan Kepala Badan Nasional Pennanggulangan Bencana Nomor 13A/2020 tentangPerpanjangan Status keadaan tertentu darurat Bencana wabah Penyakit Akibat VirusCorona di Indonesia

Nurhidayati. Metode Pembelajaran Interaktif.(http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/pengabdian/nurhidayati-spd-m-hum/ppm-metode-pembelajaran-fix.pdf)

http://cagakurip.com/dengan-slido-diskusi-interaktif-jadi-mudah/

https://www.dewaweb.com/blog/zoom-meeting/

https://idcloudhost.com/mengenal-aplikasi-zoom-cara-install-dan-fitur-fitur-zoom-meeting-lengkap/#:~:text=Zoom%20merupakan%20sebuah%20aplikasi%20yang,dari%20sekolah%20hingga%20kampus%20diliburkan.

Downloads

Published

2020-12-09

How to Cite

Desirizta Sari Steviani. (2020). PRESENTASI INTERAKTIF DALAM PEMBELAJARAN DARING. Ekasakti Jurnal Penelitian Dan Pengabdian, 1(1), 153–162. https://doi.org/10.31933/ejpp.v1i1.211