PRESENTASI INTERAKTIF DALAM PEMBELAJARAN DARING
DOI:
https://doi.org/10.31933/ejpp.v1i1.211Keywords:
Presentation, Learning Methods, Online LearningAbstract
Online learning or known as online learning is part of e-learnings. In doing online learning,interactive presentations are needed. Interactive presentations can be created by involvingEducation and Training participants as well as two-way communication between theFacilitator and participants. To realize interactive presentations in online learning must besupported bya variety of learning methods using a variety of available applications. Themethods that can be used for interactive presentations in online learning are lectures,question and answer, discussion, brainstorming and evaluation methods. This methodbecomesinteresting when supported by using the Collud Meeting Zoom, Slido, Jamboard,Padlet and Quizizz applications.
References
Atsani, KH. Lalu Gede Muhammad Zainuddin. “Transformasi Media Pembelajaran Pada MasaPandemi Covid-19”. Al-Hikmah Jurnal Studi Islam. Volume 1 Nomor 1 Tahun 2020
Entang, Dr. M dkk. 2005. “Metode Pembelajaran-2”. Jakarta: Lembaga Administrasi Negara
Hartanto, Wiwin. “Penggunaan E-learning Sebagai Media Pembelajaran”. Jurnal PendidikanEkonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial”. Volume 10,Nomor 1. November 2016
Keputusan Menteri Kesehatan Nomor: HK.01.07/MENKES/104/2020 tentang PenetapanInfeksi Corona Virus (Inveksi COVID-19)
Modul TPEN4310/ MODUL1 Hal. 1.29 (http://www.pustaka.ut.ac.id/lib/wp-content/uploads/pdfmk/TPEN4310-M1.pdf)
Nguyen, Lindsie.”Alternatif Terjangkau terbaik Untuk Slido pada Tahun 2020”.(https://ahaslides.com/id/blog/best-free-alternative-to-slido/#:~:text=Slido%20adalah%20platform%20Tanya%20Jawab,komunikasi%20dan%20interaksi%20dalam%20rapat.&text=Namun%2C%20Slido%20hanya%20menyediakan%20jenis,menjalankan%20presentasi%20yang%20sepenuhnya%20menarik.)
Oktavian, Riskey dkk. ” Efektivitas Pembelajaran Daring Terintegrasi di Era Pendidikan 4.0”.Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan Vol.20 No. 2 Tahun 2020
Purwanto, Agus Rudi. “Menggunakan Padlet sebagai E-Learning yang Sederhana”.(https://dinaspdank.wonogirikab.go.id/wp-content/uploads/2020/03/Padlet-Presentation.pdf)
Putri, Yulia Eka. “Macam-macam MetodePembelajaran”.(https://www.academia.edu/11281707/Macam_macam_Metode_Pembelajaran)
Riyana, Dr. Cepi. 2019. “Poduksi Bahan Pembelajaran BerbasisOnline”. Banten: UniversitasTerbuka”
Sadikin, Ali dkk. “Pembelajaran daring di Tengah Wabah Covid-19”. Jurnal Ilmiah PendidikanBiologi. Volume 6, Nomor 02, Tahun 2020, Hal. 214-224
Surat Keputusan Kepala Badan Nasional Pennanggulangan Bencana Nomor 13A/2020 tentangPerpanjangan Status keadaan tertentu darurat Bencana wabah Penyakit Akibat VirusCorona di Indonesia
Nurhidayati. Metode Pembelajaran Interaktif.(http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/pengabdian/nurhidayati-spd-m-hum/ppm-metode-pembelajaran-fix.pdf)
http://cagakurip.com/dengan-slido-diskusi-interaktif-jadi-mudah/
https://www.dewaweb.com/blog/zoom-meeting/
https://idcloudhost.com/mengenal-aplikasi-zoom-cara-install-dan-fitur-fitur-zoom-meeting-lengkap/#:~:text=Zoom%20merupakan%20sebuah%20aplikasi%20yang,dari%20sekolah%20hingga%20kampus%20diliburkan.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Penulis yang mempublikasikan manuskripnya di jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:
- Hak cipta pada setiap artikel adalah milik penulis.
- Penulis mengakui bahwa Ekasakti Jurnal Penelitian & Pegabdian (EJPP) berhak menjadi yang pertama menerbitkan dengan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (Attribution 4.0 International (CC BY 4.0) .
- Penulis dapat mengirimkan artikel secara terpisah, mengatur distribusi non-eksklusif manuskrip yang telah diterbitkan dalam jurnal ini ke versi lain (misalnya, dikirim ke repositori institusi penulis, publikasi ke dalam buku, dll.), dengan mengakui bahwa manuskrip telah diterbitkan pertama kali di Ekasakti Jurnal Penelitian & Pegabdian (EJPP).