PEMBERDAYAAN KELOMPOK USAHA MELATI 2 DUSUN BATJOJA DESA MEILEPPET KABUPATEN KEPULAUAN MENTAWAI DIMASA PSBB

Authors

  • Alfattory Rheza Syahrul STKIP PGRI Sumatera Barat
  • Syailendra Eka Saputra STKIP PGRI Sumatera Barat

DOI:

https://doi.org/10.31933/ejpp.v1i2.319

Keywords:

Pemberdayaan masyarakat, industry kreatif, Dusun Batjoja

Abstract

Terbatasnya pendidikan di bidang industri kreatif mengakibatkan terbatasnya individu atau sumber daya manusia yang kreatif dan inovatif. Padahal industri kreatif memberikan kontribusi yang signifikan pada perekonomian. Tenaga-tenaga dengan ketrampilan yang memadai tidak akan terbentuk tanpa adanya pendidikan industri kreatif yang memadai pula. Selain itu industri kreatif juga menunjukkan karakter dan identitas bangsa. Sebagian besar hasil usaha kreatif ini adalah produk pendukung pariwisata. Secara khusus kegiatan Pengabdian kepada masyarakat di Dusun Batjoja Desa Meilepet ini bertujuan memberdayakan masyarakat yaitu dengan meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan keluarga, baik itu dengan meningkatkan usaha yang ada, mengembangkan potensi yang dimiliki atau menciptakan lapangan pekerjaan yang baru dengan adanya pendampingan yang partisipatif.. Dengan menggunakan metode keterlibatan masyarakat dalam keseluruhan kegiatan mulai dari perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi kegiatan. Tingkat Pengetahuan kelompok melati 2 setelah dilakukan kegiatan pemberdayaan ini secara umum tingkat pemahaman kelompok sasaran bertambah baik, kesadaran mereka untuk mencari inisiatif baru dalam mengolah kerajin tangan dalam rangka home industri ini mulai nampak, bahkan pasca pelatihan ini mereka berinisiatif pula untuk mengembangkannya tidak hanya terbatas pada kerajinan namun juga pelatihan pengolahan makanan.

References

Anggraeni, F. D., Hardjanto, I., & Hayat, A. (2013). Pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Melalui Fasilitas Pihak Eksternal dan Potensi Internal. Jurnal Administrasi Publik, 1(6), 1286–1295.

Departemen Perdagangan RI, 2008. Pengembangan Ekonomi Kreatif Indonesia 2025. Studi Industri Kreatif Indonesia. Jakarta

Murdani, Sus Widayani, H., 2019. Pengembangan Ekonomi Masyarakat Melalui Pemberdayaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (Studi di Kelurahan Kandri Kecamatan Gunungpati Kota Semarang). 23(2), pp.152–157

Sahudiyono (2009), Memberdayakan Masyarakat Pesisir dengan Pendekatan Program Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Pesisir (PEMP), Jurnal Riset Daerah BAPEDA Bantul, 7(3), 1169-1189

Prayitno, R., & Zuwanda, R. (2023). Perlindungan Konsumen Terhadap Pengguna Helm yang Tidak Sesuai Standar Nasional Indonesia. UNES Law Review, 6(1), 2456-2463. https://doi.org/10.31933/unesrev.v6i1.1031

Downloads

Published

2021-05-01

How to Cite

Rheza Syahrul, A., & Eka Saputra, S. . (2021). PEMBERDAYAAN KELOMPOK USAHA MELATI 2 DUSUN BATJOJA DESA MEILEPPET KABUPATEN KEPULAUAN MENTAWAI DIMASA PSBB. Ekasakti Jurnal Penelitian Dan Pengabdian, 1(2), 272–278. https://doi.org/10.31933/ejpp.v1i2.319