PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MATA PELAJARAN PAI KELAS V SDN 04 PASAR AMBACANG KECAMATAN KURANJI KOTA PADANG

Authors

  • Nelmawati Nelmawati SD Negeri 04 Pasar Ambacang

DOI:

https://doi.org/10.31933/ejpp.v2i1.474

Keywords:

Hasil Belajar, Mata Pelajaran PAI, Pembelajaran Kooperatif, Tipe Jigsaw

Abstract

Salah satu kendala yang dialami dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas V adalah belum tercapainya tujuan pembelajaran. Hal ini disebabkan karena kurangnya pengemasan proses pembelajaran matematika dengan menggunakan metode pembelajaran yang variatif, mengakibatkan siswa merasa jenuh dan bosan dengan suasana belajar yang demikian. Hal ini mengakibatkan siswa kurang termotivasi untuk antusias mengikuti pelajaran yang pada akhirnya berdampak pada hasil belajar siswa yang belum mencapai KKM yang telah ditentukan yaitu 73. Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah Berdasarkan latar belakang masalah, maka peneliti merumuskan masalah sebagai berikut: Apakah metode jigsaw learning dapat meningkatkan hasil belajar PAI kelas V di SDN 04 tahun pelajaran 2018/2019? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada mata pelajaran PAI kelas V di SDN 04 Pasar Ambacang. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pembelajaran dilaksanakan dalam 2 siklus dengan 4 kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 04 Pasar Ambacang yang berjumlah 15 siswa. Teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi, tes dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut: Pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN 04 Pasar Ambacang Pusat Tahun Pelajaran 2018/2019,  hal ini terlihat dari hasil belajar siswa yang mencapai KKM 73 pada siklus I sebesar 47% meningkat menjadi 87% pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 40% dengan demikian hasil tersebut telah memenuhi target yang ditetapkan peneliti sebesar 70%.

References

Aat Syafaat, Sohari Sahrani, Muslih. 2008. Peranan Pendidikan Islam Dalam Mencegah Kenakalan Remaja Jakarta: Pt. Raja Grafindo Persada.

Agus suprijono. 2012. Cooperative Learning, Yogyakarta: pustaka pelajar.

Anas Sudijono. 2011. Pengantar Statistik Pendidikan, Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Andhika Octa Wijayanti. 2009. Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Pendidikan Agama IslamMelalui Metode Jigsaw Learning pada siswa kelas X di SMA Negeri 01 Metro Tahun 2009/2010, Skripsi IAIN Jurai Siwo.

Aunurrahman. 2012. Belajar dan Pembelajaran, Bandung: alfabeta.

Dirman. 2014. Cicih Juarsih, Penilaian dan Evaluasi, Jakarta: Pt. Rineka Cipta.

Kunandar. 2013. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: Raja Grafindo.

Rani Marolasasi. 2013. Model kooperatif tipe Jigsaw dalam kegiatan belajar mengajar dapat meningktkan aktifitas dan hasil belajar pada mata pelajaran IPS kelas V SDN 02 Metro Timur tahun ajaran 201/2014, Skripsi IAIN Jurai Siwo.

Rusman. 2013. Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Downloads

Published

2021-11-16

How to Cite

Nelmawati, N. (2021). PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MATA PELAJARAN PAI KELAS V SDN 04 PASAR AMBACANG KECAMATAN KURANJI KOTA PADANG . Ekasakti Jurnal Penelitian Dan Pengabdian, 2(1), 79–84. https://doi.org/10.31933/ejpp.v2i1.474