UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI MELALUI METODE QUANTUM WRITING PADA SISWA KELAS V UPT. SD NEGERI 19 PANINJAUAN
DOI:
https://doi.org/10.31933/ejpp.v2i2.642Keywords:
Keterampilan menulis, Karangan narasi, Metode pembelajaran Quantum WritingAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas V di UPT. SD Negeri 19 Paninjauan melalui metode pembelajaran Quantum Writing, Tahun Ajaran 2021/2022. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kemmis dan McTaggart. Tahap-tahap yang dilakukan dalam penelitian ini meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, serta refleksi. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas V UPT. SD Negeri 19 Paninjauan yang berjumlah 16 siswa, yakni 9 siswa perempuan dan 7 siswa laki-laki. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dan masing-masing siklus terdiri dari 3 pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif dan analisis data kualitatif. Hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukan adanya peningkatan keterampilan menulis karangan narasi pada siswa kelas V UPT. SD Negeri 19 Paninjauan melalui metode Quantum Writing. Hal ini ditunjukan dengan pencapaian nilai rata-rata kelas saat menulis karangan narasi meningkat dari pra tindakan ke siklus I dan siklus II. Nilai rata-rata menulis karangan narasi pada pra tindakan sebesar 69,25 menjadi 74,38 pada siklus I dan mencapai 83,19 pada siklus II. Tingkat pencapaian ketuntasan siswa dalam menulis karangan narasi meningkat dari kondisi awal 43,75% menjadi 62,50% pada siklus I dan menjadi 93,75% pada siklus II. Upaya meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi menggunakan metode Quantum Writing dilakukan dengan tahap-tahap pembelajaran seperti: penyampaian materi oleh guru, persiapan menulis, membuat draft/kerangka karangan, berbagi hasil tulisan dengan teman, memperbaiki kesalahan penulisan, menyunting hasil tulisan, menulis kembali karangan, serta guru bersama siswa melakukan evaluasi pada karangan narasi yang telah dihasilkan.
References
Akbar, S., A’yun, I.Q., Satriyani, F.Y., et al. (2016). Implementasi Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.
Akhadiah, S., Arsjad, M.G., Ridwan, S.H., et al. (1991). Bahasa Indonesia II. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
A’la, M. (2011). Quantum Teaching. Yogyakarta: Diva Press.
Arifin, Z. & Setiyawan, A. 2012. Pengembangan Pembelajaran Aktif dengan ICT. Yogyakarta: Skripta Media Creative.
DePorter, B. & Hernacki, M. (2006). Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Bandung: Kaifa.
Gie, T.L. (1992). Pengantar Dunia Karang Mengarang. Yogyakarta: Liberty dan Balai Bimbingan Mengarang.
Hajar, I. (2013). Panduan Lengkap Kurikulum Tematik untuk SD/MI. Yogyakarta: Diva Press.
Hernowo. (2003). Quantum Writing. Bandung: Media Learning Center.
Kusuma, W. (2010). Mengenal Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Indeks,
Mulyasa. (2016). Praktik Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mulyati. Y. (2007). Keterampilan Berbahasa Indonesia. Jakarta: Universitas Terbuka.
Nurgiyantoro, B. (2010). Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: BPFE.
Nurhadi. (1995). Tata Bahasa Pendidikan. Semarang: IKIP Semarang Press.
Puji, F.P. (2010). Bahasa Indonesia untuk SD dan MI Kelas V Semester 2. Klaten: Intan Pariwara.
Rofi’udin, A. & Zuhdi, D. (1999). Pendidikan Bahasa dan Sastra di Kelas Tinggi. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Semi, M. (1990). Menulis Efektif. Padang: Angkasa Raya Padang.
Siregar, E. & Nara, H. (2011). Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.
Suharsimi, A. (2007). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Suparno & Yunus, M. (2009). Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: Universitas Terbuka.
Suryaman, M. (2012). Metodologi Pembelajaran Bahasa. Yogyakarta: UNY Press.
Syafi’ie,.I. (1988). Retorika dalam Menulis. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Tarigan, H.G. (2008). Strategi Pengajaran dan Pembelajaran Bahasa. Bandung: Angkasa.
Yaumi, M. (2014). Prinsip-Prinsip Desain Pembelajaran Disesuaikan dengan Kurikulum 2013. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Penulis yang mempublikasikan manuskripnya di jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:
- Hak cipta pada setiap artikel adalah milik penulis.
- Penulis mengakui bahwa Ekasakti Jurnal Penelitian & Pegabdian (EJPP) berhak menjadi yang pertama menerbitkan dengan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (Attribution 4.0 International (CC BY 4.0) .
- Penulis dapat mengirimkan artikel secara terpisah, mengatur distribusi non-eksklusif manuskrip yang telah diterbitkan dalam jurnal ini ke versi lain (misalnya, dikirim ke repositori institusi penulis, publikasi ke dalam buku, dll.), dengan mengakui bahwa manuskrip telah diterbitkan pertama kali di Ekasakti Jurnal Penelitian & Pegabdian (EJPP).