UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS III UPT. SD NEGERI 21 LIMO KAUM MELALUI MODEL QUANTUM LEARNING
DOI:
https://doi.org/10.31933/ejpp.v2i2.643Keywords:
Hasil Belajar, Matematika, Model Quantum LearningAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika pokok bahasan pecahan pada siswa kelas III. Penelitian ini dilaksanakan di UPT. SD Negeri 21 Limo Kaum. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kolaboratif. Subjek penelitian adalah siswa kelas III UPT. SD Negeri 21 Limo Kaum yang berjumlah 21 siswa terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi. Data penelitian ini dianalisis secara deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian dengan menerapkan model quantum learning dapat meningkatkan hasil belajar matematika pokok bahasan pecahan siswa kelas III UPT. SD Negeri 21 Limo Kaum. Dilihat dari tes pra siklus diperoleh nilai rata – rata 63,81 dengan ketuntasan belajar 42,86%, sedangkan pada siklus I diperoleh nilai rata – rata 74,76 dengan ketuntasan 61,90% dan pada siklus II diperoleh nilai rata – rata 84,76 dengan ketuntasan belajar 90,48%. Begitupula dengan hasil observasi aktivitas siswa yang mengalami peningkatan, pada siklus I yaitu 71% dan pada siklus II meningkat menjadi 85%.
References
Anas Sudijono. (2011). Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Press
DePorter, Bobbi & Reardon, Mark. (2004). Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan (Buku Quantum Learning: Unleashing The Genius In You). Penerjemah: Alwiyah Abdurrahman. Bandung: Kaifa
DePorter, Bobbi. Reardon, Mark. & Nourie, Sarah Singer. (1999). QuantumTeaching Orchestrating Student Success. Boston: Allyn&Bacon
DePorter, Bobbi., Reardon, Mark. & Nourie, Sarah Singer. (2004). Quantum Teaching Mempraktikkan Quantum Learning di Ruang-Ruang Kelas (Buku Quantum Teaching Orchestrating Student Success). Penerjemah: Ary Nilandari. Bandung: Kaifa
Darhim, dkk. (1991). Pendidikan Matematika 2. Jakarta: Depdikbud.
Direktorat Profesi Pendidik. (2007). Melaksanakan Penelitian Tindakan Kelas. .Materi TOT pada kegiatan pelatihan PTK dan penulisan Laporan Penelitian sebagai Karya Tulis Ilmiah dalam kegiatan pengembangan profesi guru, Jakarta
Dwi Siswoyo, dkk. (2013). Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.
Endang Mulyatiningsih. (2013). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Hamzah B. Uno. (2006). Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Heruman. (2007). Model Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Bandung: Rosdakarya.
Imam Barnadib. (1995). Pendidikan Perbandingan Buku Dua (Persekolahan dan Perkembangan Masyarakat). Yogyakarta: Andi Offset.
Nana Sudjana. (2009). Penilaian Hasil dan Proses Belajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nana Sudjana. (2011). Penilaian Hasil dan Proses Belajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Ngalim Purwanto. (2013). Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nur Fajariyah dan Defi Triratnawati. (2008). Cerdas Berhitung Matematika 3:untuk SD/ MI kelas III. Jakarta: Pusat Perbukuan, Depdiknas.
Pitadjeng. (2006). Pembelajaran Matematika Yang Menyenangkan. Jakarta: Depdiknas.
Purwanto. (2010). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Riduwan dan Engkos Achmad Kuncoro. (2007). Cara Menggunakan dan Memaknai Analisis Jalur (Path Analysis). Bandung: Alfabeta
Rita Eka Izzaty, dkk. (2013). Perkembangan Peserta Didik. Yogyakarta: UNY Press.
Siti Rahayu H. (2004). Psikologi perkembangan: Pengantar dalam berbagai bagiannya. Yogyakarta : Gadjah Mada University Press.
Sri Anitah W, dkk. (2009). Materi Pokok Strategi Pembelajaran SD. Jakarta: Universitas Terbuka.
Sri Subarinah. (2006). Inovasi Pembelajaran Matematika SD. Jakarta: Depdiknas.
Sugiyanto.(2010). Model–Model Pembelajaran Inovatif. Surakarta: Yuma Pustaka.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Suharsimi Arikunto. (2005). Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Suharsimi Arikunto. (2006). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Suharsimi Arikunto, Suhardjono, Supardi. (2015). Penelitian Tindakan Kelas Edisi Revisi. Jakarta: Bumi Aksara.
Tombokan Runtukahu dan Selpius Kandou. (2014). Pembelajaran Matematika Dasar Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Yogyakarta: Ar – Ruzz Media.
Tulus Winarsunu. (2006). Statistik Dalam Penelitian Psikologi dan Pendidikan. Malang: UMM Press.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Penulis yang mempublikasikan manuskripnya di jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:
- Hak cipta pada setiap artikel adalah milik penulis.
- Penulis mengakui bahwa Ekasakti Jurnal Penelitian & Pegabdian (EJPP) berhak menjadi yang pertama menerbitkan dengan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (Attribution 4.0 International (CC BY 4.0) .
- Penulis dapat mengirimkan artikel secara terpisah, mengatur distribusi non-eksklusif manuskrip yang telah diterbitkan dalam jurnal ini ke versi lain (misalnya, dikirim ke repositori institusi penulis, publikasi ke dalam buku, dll.), dengan mengakui bahwa manuskrip telah diterbitkan pertama kali di Ekasakti Jurnal Penelitian & Pegabdian (EJPP).