PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI GAYA TEMA INDAHNYA KERAGAMAN DI NEGERIKU MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA SISWA KELAS IV UPT. SD NEGERI 21 LIMO KAUM
DOI:
https://doi.org/10.31933/ejpp.v2i2.647Keywords:
IPA, Problem Based Learning (PBL)Abstract
Hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di UPT. SD Negeri 21 Limo Kaum masih rendah terbukti dengan hasil belajar siswa yang belum mencapai KKM 75. Hal ini dikarenakan siswa kurang fokus dalam memperhatikan penjelasan dari guru, banyak siswa yang sibuk sendiri ketika pembelajaran berlangsung. Selain itu pada saat proses pembelajaran siswa kurang berperan aktif dan dominan guru yang berperan aktif. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah apakah model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi gaya pada siswa kelas IV UPT. SD 21 Limo Kaum?. Jenis penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan langkah perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. PTK ini dilaksanakan dengan dua siklus. Siklus I dilaksanakan pada tanggal 5 Februari 2020 dan Siklus II dilaksanakan pada tanggal 12 Februari 2022. Penelitian dilaksanakan pada kelas IV UPT. SD Negeri 21 Limo Kaum dengan jumlah 23 siswa yang terdiri dari 17 laki- laki dan 6 perempuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi gaya pada siswa kelas IV UPT. SD Negeri 21 Limo Kaum. Peningkatan hasil belajar IPA materi gaya diketahui dengan hasil tes pada Siklus I dan Siklus II yang menunjukkan peningkatan nilai rata- rata dan persentase ketuntasan secara klasikal. Rata- rata nilai siswa materi gaya pada kondisi awal (pra-siklus) 59,6 dengan ketuntasan klasikal sebesar 44% (11 siswa) dari 23 siswa yang mencapai nilai ? 75 (nilai KKM). Siklus I sebesar 73,48 dengan ketuntasan klasikal sebesar 65,22% (15 siswa) yang mencapai nilai ? 75 (nilai KKM). Siklus II sebesar 83,91 dengan ketuntasan klasikal 91,30% (21 siswa) yang mencapai nilai ? 75 (nilai KKM).
References
Arikunto, Suharsimi, dkk. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Arikunto, Suharsimi. (2013). Dasar-dasar evaluasi pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Azmiyati, Choiril, dkk. 2009. IPA Salingtemas untuk Kelas IV SD/MI. Jakarta: Pusat Perbukuan
Bahrudin dan Wahyuni, Nur Esa. 2008. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Dalyon, M. 1997. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Najma, Siti. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Tema Selalu Berhemat Energi Kelas IV MIN 3 Banda Aceh. Skripsi. FTIK UIN AR-RANIRY.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 22 Tahun 2006 tentang Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Tingkat SD, MI, dan SDLB.
Rusman. 2016. Pembelajaran Tematik Terpadu: Teori, Praktik dan Penilaian. Jakarta: Rajawali Pers.
Rusmono. 2012. Strategi Pembelajaran Problem Based Learning. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Sani, Ridwan Abdullah. 2015. Pembelajaran Saintifik Untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.
Sanjaya, Wina. (2012). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Sardirman. 1994. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers
Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar- Ruzz Media.
Slameto. 1995. Belajar dan Faktor- faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta
Sudjana, Nana. 2014. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sulistiyanto, Heri & Wiyono, Edy. 2008. Ilmu Pengetahuan Alam untuk SD/MI Kelas IV. Jakarta: Pusat Perbukuan
Suprijono, Agus. 2011. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta : PT Kharisma Putra Utama.
Sutirman. 2013. Media & Model- model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta : Graha Ilmu.
Uno, Hamzah B.,dkk. 2012. Menjadi Peneliti PTK yang Profesional. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Wijaya, Candra dan Syahrum. (2013). Penelitian Tindakan Kelas Melejitkan Kemampuan Peneliti untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Guru. Bandung: citapustaka Media Perintis.
Wisudawati, Widi dan Sulistiyowati, Eka. 2017. Metodologi Pembelajaran IPA. Jakarta : Bumi Aksara.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Penulis yang mempublikasikan manuskripnya di jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:
- Hak cipta pada setiap artikel adalah milik penulis.
- Penulis mengakui bahwa Ekasakti Jurnal Penelitian & Pegabdian (EJPP) berhak menjadi yang pertama menerbitkan dengan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (Attribution 4.0 International (CC BY 4.0) .
- Penulis dapat mengirimkan artikel secara terpisah, mengatur distribusi non-eksklusif manuskrip yang telah diterbitkan dalam jurnal ini ke versi lain (misalnya, dikirim ke repositori institusi penulis, publikasi ke dalam buku, dll.), dengan mengakui bahwa manuskrip telah diterbitkan pertama kali di Ekasakti Jurnal Penelitian & Pegabdian (EJPP).