PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN DENGAN MEDIA KARTU KATA TEMA LINGKUNGAN BERSIH, SEHAT, DAN ASRI PADA SISWA KELAS 1 UPT. SD NEGERI 17 SARUASO

Authors

  • Misdar Misdar SD Negeri 17 Saruaso

DOI:

https://doi.org/10.31933/ejpp.v2i2.648

Keywords:

Media Kartu Kata, Membaca Permulaan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca permulaan dengan media kartu kata pada siswa kelas 1 UPT. SD Negeri 17 Saruaso, Kecamatan Tanjung Emas, Kabupaten Tanah Datar. Penelitian ini merupakan  Penelitian  Tindakan  Kelas  (PTK)  yang  bersifat  deskriptif  kualitatif dengan menggunakan pendekan kualitatif yang diperkuat dengan pendekatan kuantitatif,  dengan  mengambil  latar  UPT. SD Negeri 17 Saruaso. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas I di UPT. SD Negeri 17 Saruaso, sedangkan objek penelitian ini adalah peningkatan keterampilan membaca permulaan dengan media kartu kata  pada tema  lingkungan bersih, sehat dan asri. Penelitian  ini  dilakukan  dalam  tiga  siklus  dan  melalui  empat  tahapan  yang mencakup: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, tes membaca dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis kualitatif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media kartu kata dapat meningkatkan keterampilan membaca permulaan siswa. Peningkatan aktivitas belajar siswa dapat diukur dari evaluasi siklus I, dan II dengan nilai aktivitas belajar siswa pada siklus I sebesar 67,50% dan siklus II sebesar 83,13%. Sedangkan hasil  tes peningkatan  keterampilan membaca permulaan  dapat diukur  dari  setiap siklusnya, keterampilan membaca siswa pada siklus I sebesar 73,63 (belum mencapai KKM), keterampilan membaca pada siklus II sebesar  86,20 (sudah mencapai KKM).

References

Abbas, Saleh. 2006. Pembelajaran Bahasa Indonesia Yang Efektif Disekolah Dasar. Jakarta: departemen pendidikan nasional dierktorat jendral pendidikan tinggi direktorat ketenagaan.
Abdurrahman, Mulyono. 2003. Pendidikan bagi Anak Berkesulitan Belajar.Jakarta: Rineka Cipta
Akhadiah, Sabarti dkk. 1993. Pembinaan kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.
Azhar Arsyad. (2006). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Budiasih dan Darmiyati Zuchdi. (2001). Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas Rendah. Yogyakarta: PAS.
Budi Rahman, Haryanto. (2014). Peningkatan Keterampilan Membaca Permulaan Melalui Media Flashcard Pada Siswa Kelas 1 SDN Bajayau Tengah 2: Jurnal Prima Edukasia, Vol. 2 No. 2.
Depdiknas. (2006). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI No. 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdiknas.
Iskandar (2012).Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Gaung Persada Group.
Istanto, Budi .(2014). Peningkatan Keterampilan Membaca Permulaan Dengan Menggunakan Kartu Kata Pada Siswa Kelas 1 SD Negeri 1 Padeyan Jatinom Klaten. Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta.
Miarso, Yusufhadi. (2007). Menyemai Benih Teknologi Pendidikan.Jakarta : Kencana.
Rahim Farida.(2005). Dasar Pengajaran Membaca di Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.
Sadiman Arief S. (2009) . Media Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Sanjaya, Wina. (2010). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Prenada Media Group
Sudjana, Nana. 2009. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar
Baru Algensido
Sugiyono, (2013). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta
Suharsimi Arikunto dkk.(2005). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Trianto.(2010) Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional Bab 1 Pasal1Ayat (1).

Downloads

Published

2022-05-31

How to Cite

Misdar, M. (2022). PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN DENGAN MEDIA KARTU KATA TEMA LINGKUNGAN BERSIH, SEHAT, DAN ASRI PADA SISWA KELAS 1 UPT. SD NEGERI 17 SARUASO . Ekasakti Jurnal Penelitian Dan Pengabdian, 2(2), 179–188. https://doi.org/10.31933/ejpp.v2i2.648