PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI MEDIA BIG BOOK PADA SISWA KELAS I UPT. SD NEGERI 04 BARINGIN
DOI:
https://doi.org/10.31933/ejpp.v2i2.649Keywords:
Keterampilan Membaca Permulaan, Media Big BookAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca permulaan melalui media Big Book pada siswa kelas I UPT SD Negeri 04 Baringin. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindak kelas yang dilakukan secara kolaboratif. Model dalam penelitian ini menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas I UPT SD Negeri 04 Baringin yang terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 21 siswa perempuan. Teknik pegumpulan data pada penelitain ini menggunakan tes, observasi dan wawancara. Instrumen pengumpulan data secara kualitatif menggunakan lembar observasi dan secara kuantitatif menggunakan tes keterampilan membaca. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data dekskriptif kuantitatif dan kualitatif. Penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media Big Book dapat meningkatkan keterampilan membaca permulaan siswa kelas I. Peningkatan keterampilan membaca permulaan dibuktikan dengan nilai rata-rata kelas dari 67,33 meningkat menjadi 74,75 dan 84,94. Persentase pencapaia nilai rata-rata keterampilan membaca mengalami peningkatan pada pratindakan sebesar 44,44% pada siklus I 61,11%, dan pada siklus II yaitu 91,67%.. Peningkatan didasarkan pada proses keterampilan membaca permulaan menggunakan media Big Book 1) siswa mengamati media Big Book yang disiapkan oleh guru, 2) siswa memprediksi isi cerita dalam Big Book, 3) siswa diberi contoh membaca Big Book dengan lafal dan intonasi yang jelas, 4) mencocokan prediksi siswa dengan cerita yang telah dibaca, 5) siswa memperhatikan cotoh membaca guru membacakan dengan menunjuk kata per kata, 6) siswa berkomentar dan bertanya terkait cerita dalam Big Book, 7) siswa mengikuti yang dibaca oleh guru dengan menunjuk kata yang dibaca, 8) siswa secara berkelompok dan individu membaca cerita dalam Big Book.
References
Azhar Arsyad. 2014. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Burhan Nurgiantoro. 2010. Penilaian Pembelajaran Bahasa. Yogyakarta: BPFE Yogyakarta
Dalman.2013. Keterampilan Membaca. Jakarta: Raja Garafido persada
Darmiyati Zuchdi dan Budiasih. 2001. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas Rendah. Jakarta:Depdikbud
Ellen van Zanten. 1989. Vokal-Vokal Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka
Farida Rahim.2005.Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta:Bumi Aksara
Henry Guntur Tarigan. 2008. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa
Harimurti. 2010. Upaya Meningkatkan Kemampuan Pra-Membaca Anak Usia 4-5 Tahun melalui Metode Pendekatan Big Book di Taman Kanak-kanak (Online)
Hasan Alwi, dkk. 2003. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka
Istarocha.2012. Bab II Hakikat Membaca Permulaan.(Online)
Joko Rahmadi. 2015. Peningkatan Keterampilan Membaca Permulaan dengan Menggunakana Media Kartu Huruf pada Siswa Kelas I SDN 1 Kendalsari Klaten.
Lynch.(2008). A Guide For Using Big Books in the Classroom. Jurnal Scholastic Canada Ltd. Hlm 1-6
Nambiar, Mohana. (1993). Early Reading Instruction-Big Books in the ESL Classroom. Jurnal The English Teacher (Vol XXII). Hlm. 1-7.
Nana Sudjana dan Ibrahim. 2007. Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru Algesindo
Nur Fitriani & Zainul. 2013. “Pengaruh Penggunaan Media Buku Besar (Big Book) Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan anak Kelompok B di TK Qoshrul Ubudiyah Surabaya”. E-Journal UNESA 2 (II). Hlm 3
Sabarti Akhadiah, dkk. 1993. Bahasa Indonesia 1. Jakarta: Depdikbud
Sabarti Akhadiah. 1993. Bahasa Indonesia 3. Jakarta: Depdikbud
Shaleh Abbas. 2006. Pembelajaran Bahasa Indonesia yang Efektif di Sekolah Dasar. Jakarta: Depdikbud
Suharsimi Arikunto,dkk. 2009. Penelitian Tindak Kelas. Jakarta: Bumi Aksara
Suharsimi Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta
Arif S. Sadiman, dkk. (2014). Media pendidikan : pengertian, pengembangan dan
pemanfaatannya. Depok: PT. Raja Grafindo Persada.
Sutirman. 2013. Media & Model-model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Graha Ilmu
USAID.2014. Buku Sumber untuk Dosen LPTK: Pembelajaran Literasi Kelas Awal di LPTK. Jakarta:USAID
Wikipedia. 2015. Intonasi. Diakses dari http://www.wikipedia.
Yeti Mulyati.2015. Modul Pembelajaran Membaca dan Menulis Permulaan. di akses
Yuniati.2014. Peningkatan Keterampilan Membaca Permulan melalui Media Big Book siswa kelas IB SDN Mangiran Kecamatan Srandakan.
Zainuddin. 1992. Materi Pokok Bahasa dan sastra Indonesia. Jakarta: Melton Putra
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Penulis yang mempublikasikan manuskripnya di jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:
- Hak cipta pada setiap artikel adalah milik penulis.
- Penulis mengakui bahwa Ekasakti Jurnal Penelitian & Pegabdian (EJPP) berhak menjadi yang pertama menerbitkan dengan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (Attribution 4.0 International (CC BY 4.0) .
- Penulis dapat mengirimkan artikel secara terpisah, mengatur distribusi non-eksklusif manuskrip yang telah diterbitkan dalam jurnal ini ke versi lain (misalnya, dikirim ke repositori institusi penulis, publikasi ke dalam buku, dll.), dengan mengakui bahwa manuskrip telah diterbitkan pertama kali di Ekasakti Jurnal Penelitian & Pegabdian (EJPP).