UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MENGUNAKAN METODE KERJA KELOMPOK SISWA KELAS VI UPT. SD NEGERI 01 KOTO LAWEH
DOI:
https://doi.org/10.31933/ejpp.v2i2.650Keywords:
Hasil Belajar, Matematika, Metode Kerja KelompokAbstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya nilai pada mata pelajaran matematika di kelas VI UPT. SD Negeri 01 Koto Laweh Tujuan penelitian ini adalah untuk melaksanakan pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar matematika melalui pendekatan pembelajaran Kerja Kelompok . Penelitian ini berbentuk PTK (Penelitian Tindakan Kelas) yang terdiri dari 2 ( dua ) siklus. Setelah dilakukan siklus I, kemudian dilakukan refleksi. Hasil refleksi yang dilaksanakan pada siklus I memberikan kesimpulan bahwa perlu dilaksanakan siklus II untuk memperbaiki (1) pelaksanaan pembelajaran yang meliputi: media pembelajaran, peran aktif peneliti dalam membantu siswa, motivasi terhadap siswa, membangun kerjasama antar siswa dan (2) hasil pemahaman terhadap pelajaran matematika Setelah dilaksanakan siklus II, hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan pendekatan pembelajaran Kerja Kelompok sudah memperlihatkan hasil yang sangat memuaskan,. Setelah dilaksanakan pembelajaran siklus II,maka pembelajaran dengan pendekatan Kerja Kelompok sangat efektif untuk meningkatkan hasil belajar dalam pelajaran matematika bagi siswa kelas VI UPT. SD Negeri 01 Koto Laweh. Berdasarkan hasil analisis data, maka dalam penelitian tindakan kelas ini diperoleh gambaran bahwa hasil tes siswa pada akhir tindakan siklus I menunjukkan nilai rata – rata 70 dengan persentase daya serap 58,33%. Sedangkan pada tindakan siklus II, siswa yang memperoleh nilai rata – rata 83,33 dengan persentase daya serap mencapai 87,50%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran Kerja Kelompok, pada pelajaran matematika dapat meningkatkan pemahaman siswa dan meningkatkan hasil belajar siswa.
References
Anni, Catharina Tri, dkk. 2004. Psikologi Belajar. Semarang : UPT UNNES Press.
Arikunto, Suharsimi. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Bumi Aksara.
Asma, Nur. 2008. Model Pembelajaran Kooperatif. Padang: UNP.
Djamarah, Syaiful Bahri (2000) Psikologi Belajar, Jakarta, Penerbit PT. Asdi Mahasatya.
Johnson DW & Johnson, R, T (1991) Learning Together and Alone. Allin and Bacon: Massa Chussetts
Moedjiono, Moh. Dimyati. 1991/1992. Strategi Belajar Mengajar. Depdikbud Diektorat Jendral Pendidikan Tinggi Proyek Pembinaan Tenaga Kependidikan
Musfiroh, Tadkiroatun. 2008. Cerdas Melalui Bermain. Jakarta: Grasindo.
Ritawati Mahyudin.2007. Metodologi Penelitian Tindakan Kelas.padang:UNP
Rochiati Wiriaatmadja, 2007. Metode Penelitian TIndakan kelas. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Roestiyah NK., Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Rineka Cipta, 2001
Sardiman, 2003.Interaksi dan motivasi belajar mengajar.Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Sanjaya, Wina. 2008. Strategi Pembelajaran Berorintasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Persada Media Group
Sanjaya, Wina. 2009. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Kencana
Slameto, 2003.Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya.Jakarta: Rineka Cipta.
Syah, Muhibbin, 1999, Psikologi Belajar, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Sugihartono, Dkk. 2007. Psikologi pendidikan. Yogyakarta: UNY Press
Solihatin, Etin dan Raharjo. 2007. Cooperative Learning Analisis Model Pembelajaran IPS. Jakarta : Bumi Aksara.
Slavin.1994. Model Pembelajaran Cooperatif Script. Jakarta: Airlangga.
Susanto, Ahmad.(2013), Teori Belajar Pembelajaran di Sekolah Dasar, Jakarta: Perenada Media Grup
Sukardi, Dewa Ketut, 1983, Dasar-dasar Bimbingan Penyuluhan di Sekolah, Surabaya: Usaha Nasional
Suyitno, Amin. 2004. Dasar-Dasar dan Proses Pembelajaran . Semarang : FMIPA UNNES.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Penulis yang mempublikasikan manuskripnya di jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:
- Hak cipta pada setiap artikel adalah milik penulis.
- Penulis mengakui bahwa Ekasakti Jurnal Penelitian & Pegabdian (EJPP) berhak menjadi yang pertama menerbitkan dengan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (Attribution 4.0 International (CC BY 4.0) .
- Penulis dapat mengirimkan artikel secara terpisah, mengatur distribusi non-eksklusif manuskrip yang telah diterbitkan dalam jurnal ini ke versi lain (misalnya, dikirim ke repositori institusi penulis, publikasi ke dalam buku, dll.), dengan mengakui bahwa manuskrip telah diterbitkan pertama kali di Ekasakti Jurnal Penelitian & Pegabdian (EJPP).