PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS VI SD NEGERI 09 BARINGIN
DOI:
https://doi.org/10.31933/ejpp.v2i2.651Keywords:
Hasil belajar, IPA, Jigsaw, KooperatifAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi hasil belajar siswa di kelas VI pada mata pelajaran IPA yang rata-rata masih dibawah KKM yaitu kurang dari 75. Metode yang di gunakan guru masih menggunakan metode konvensional yaitu ceramah, dimana pembelajaran masih berpusat kepada guru. Penelitian ini di tujukan pada penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dalam pembelajaran IPA materi cara perkembang biakan tumbuhan dan hewan. Berdasarkan masalah tersebut, maka tujuan penelitian ini adalah: (1) mengetahui perencanaan pembelajaran IPA dengan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif TipeJigsaw (2) mengetahui pelaksanaan pembelajaran IPA dengan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw (3) mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw. Metode yang digunakan dalam Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini adalah kemmis & Mc.Taggart dengan dua siklus. Subjek penelitian dalam PTK ini adalah siswa kelas VI SD Negeri 09 Baringin yang berjumlah 30 orang . Hasil penelitian dengan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dalam pembelajaran IPA materi cara perkembang biakan tumbuhan dan hewan menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar. Siklus I rata-rata nilai siswa 74.67 atau sebanyak 70% , pada siklus II nilai rata-rata siswa 80.67 atau 90% siswa yang mencapai nilai KKM yaitu 75. Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dalam pembelajaran IPA materi cara perkembang biakan tumbuhan dan hewan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Rekomendasi dalam penelitian ini adalah Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dapat menjadi salah satu alternatif dalam pembelajaran dikelas.
References
BNSP, 2006. Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta. BNSP.
Etin Solihatin. 2005. Cooperatif Learning Analisis Model Pembelajaran IPS. Jakarta: Bumi Aksara.
Masniladevi. 2003. Keefektivan Belajar Kooperatif Model STAD (Students Teams-Achievement Division) pada Penjumlahan Pecahan di Kelas IV SD Negeri Sumbersari III Kota Malang. Tesis tidak diterbitkan. Malang :Program pasca sarjana Universitas Negeri Malang.
Mohamad Nur. 2005. Pembelajaran Kooperatif. Jawa Timur. Depdiknas.
Nurasma. 2006. Model Pembelajaran Kooperatif. Jakarta: Depdiknas.
Ritawati Mahyudin dan Yetty Ariani. 2007. Hand Out Metodologi Penelitian Tindakan Kelas. Tidak diterbitkan. Padang: UNP
Rochiati. 2007. Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Rosda.
Rosna. 2006. Peningkatan Hasil Belajar Geometri Dalam Penbelajaran melalui Penggunaan Media Bangun Datar bagi Siswa Kelas IV SDN 18 Kota Panjang.
Skripsi tidak diterbitkan. Padang.PGSD.UNP.
Abror, Abdul Rachman. 1993. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: PT Tiara Wacana Yogya.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Penulis yang mempublikasikan manuskripnya di jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:
- Hak cipta pada setiap artikel adalah milik penulis.
- Penulis mengakui bahwa Ekasakti Jurnal Penelitian & Pegabdian (EJPP) berhak menjadi yang pertama menerbitkan dengan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (Attribution 4.0 International (CC BY 4.0) .
- Penulis dapat mengirimkan artikel secara terpisah, mengatur distribusi non-eksklusif manuskrip yang telah diterbitkan dalam jurnal ini ke versi lain (misalnya, dikirim ke repositori institusi penulis, publikasi ke dalam buku, dll.), dengan mengakui bahwa manuskrip telah diterbitkan pertama kali di Ekasakti Jurnal Penelitian & Pegabdian (EJPP).