PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA SUB TEMA SUHU DAN KALOR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN EKSPLORATIF DAN METODE RESITASI PADA SISWA KELAS V UPT. SD NEGERI 04 SARUASO
DOI:
https://doi.org/10.31933/ejpp.v2i2.652Keywords:
Hasil Belajar IPA, Metode Resitasi, Pembelajaran EksploratifAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa materi suhu dan kalor melalui model pembelajaran eksploratif dan metode resitasi pada siswa kelas V UPT. SD Negeri 04 Saruaso Kecamatan Tanjung Emas Tahun Pelajaran 2020/2021. Hasil belajar yang rendah menjadi salah satu alasan penelitian ini dilaksanakan. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang mana digunakan untuk memperbaiki praktik pembelajaran di kelas. Langkah-langkah PTK adalah sebagai berikut : perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi yang di laksanakan dalam dua siklus. Adapun subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas V UPT. SD Negeri 04 Saruaso Kecamatan Tanjung Emas yang berjumlah 31 siswa dengan rincian 16 siswa putri dan 15 siswa putra. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran eksploratif dan metode resitasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V UPT. SD Negeri 04 Saruaso Kecamatan Tanjung Emas materi suhu dan kalor. Peningkatan hasil belajar dapat diketahui melalui hasil evaluasi pembelajaran di akhir proses pembelajaran. Sebelum tindakan nilai rata-rata seluruh siswa adalah 68,1 dengan ketuntasan belajar sebesar 48,4%, siklus I nilai rata-rata meningkat menjadi 73,5 dengan ketuntasan belajar sebesar 64.5%, dan siklus II nilai rata-rata meningkat lagi menjadi 81,6 dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 90,3%.
References
Afandi, M., dan Jupriyanto. (2013). Paedagogik Guru dalam Merencanakan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Semarang: Sultan Agung Press.
Afandi, Muhammad, Evi Chamalah, Oktarina Puspita Wardani. 2013. Model Dan Metode Pembelajaran Disekolah. Semarang: Unisula Press.
Ahmad Susanto. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group
Anas, Sudijono 2012. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Asih Widi Wisudawati & Eka Sulistyowati. 2014. Metodologi Pembelajaran IPA. Jakarta: Bumi Aksara
Arikunto, S. 2008. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Karya.
Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Dimyati Dan Mujiono. 2006. Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta.
Djamarah, Syaiful Bahri Dan Aswan Zain. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Farikhah, Siti. 2017. Manajemen Lembaga Pendidikan. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
Hosnan. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor : Ghalia Indonesia.
Kurniawan, Deni.2014. Pembelajaran Terpadu Tematik. Bandung: Alfabeta.
Kusuma,Wijaya Dan Dedi Dwitagama.2010. Mengenal Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Permata Puri Media.
Majid, Abdul. 2014. Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung:PT Remaja Rosdakarya.
Prasodjo, Budi, dkk,(2006), Teori dan Aplikasi Fisika SMP Kelas VIII. Yudhistira; Bogor.
Purnomo dan Maulida. (2011). Model Pembelajaran Penemuan, Terbimbing, Eksplorasi, Inkuiri, dan Penemuan. [Online]
Sarjono, RPAL(Rangkuman Pengetahuan Alam Lengkap) Untuk Sekolah Dasar. Surakarta : Karisma.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Suyadi. 2011. Panduan Penelitian Tindakan Kelas Buku Panduan Wajib bagi Para Pendidik. Yogyakarta: DIVA Press.
Trianto. 2015. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Usman, Moh User Dan Lilis Setiawati. 1993. Upaya Optimalisasi Kegiatan Belajar Mengajar. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Penulis yang mempublikasikan manuskripnya di jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:
- Hak cipta pada setiap artikel adalah milik penulis.
- Penulis mengakui bahwa Ekasakti Jurnal Penelitian & Pegabdian (EJPP) berhak menjadi yang pertama menerbitkan dengan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (Attribution 4.0 International (CC BY 4.0) .
- Penulis dapat mengirimkan artikel secara terpisah, mengatur distribusi non-eksklusif manuskrip yang telah diterbitkan dalam jurnal ini ke versi lain (misalnya, dikirim ke repositori institusi penulis, publikasi ke dalam buku, dll.), dengan mengakui bahwa manuskrip telah diterbitkan pertama kali di Ekasakti Jurnal Penelitian & Pegabdian (EJPP).