PENGARUH BUDAYA ORGANISASI, MOTIVASI DAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP KINERJA GURU PADA MADRASAH TSANAWIYAH KECAMATAN BAYANG KABUPATEN PESISIR SELATAN

Authors

  • SUMARLIN SUMARLIN Universitas Putra Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31933/ejpp.v3i1.780

Keywords:

Budaya Organisasi, Motivasi, Kecerdasan Emosional, Kinerja Guru

Abstract

Madrasah merupakan institusi pendidikan yang bercorak keislaman, yang diharapkan menjadi wadah yang sangat penting untuk memperoleh pendidikan diera globalisasi sehingga menghasilkan lulusan yang berkualitas dan mampu menjawab tantangan zaman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar Pengaruh Budaya Organisasi, Motivasi dan Kecerdasan Emosional terhadap Kinerja Guru di Madrasah Tsanawiyah Negeri Kecamatan Bayang  Kabupaten Pesisir Selatan. Metode yang digunakan adalah metode survei yaitu metode pengumpuan data yang diperoleh melalui penyebaran kuisioner kepada responden sebanyak 109 responden yaitu guru-guru Madrasah Tsanawiyah Negeri Kecamatan Bayang Kabupaten Pesisir Selatan. peneitian ini terdiri dari tiga Variabel Independen yaitu Budaya Organisasi, Motivasi, Kecerdasan Emosional dan satu Variabel Dependen yaitu Kinerja Guru.. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : Budaya Organisasi, Motivasi, Kecerdasan Emosional serta secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru.

References

Abidin Ariai. 2017. Pengaruh Kecerdasan Intelektual dan Emosional tehadap Kinerja Karyawan pada PT BCA Cabang Pembantu Sudirman. Bandung. Skripsi.
Akbar, Ivar Nabilatul. 2017. Pengaruh Motivasi dan Kualitas terhadap Kinerja Guru di Sekolah. (Studi Kasus pada SMK Muhammadiyah 3 Singosari. Ejurnal-feunisma@gmail.com.
Anggraeni, Anastasia Dewi. 2017. Pengaruh Persepsi Atas Kemampuan Manajerial Kepala Sekolah dan Budaya Organisasi terhadap Kinerja Guru. Jurnal. Ilmiah Pendidikan vol. 4 No.3.
Ardiana, Titin Eka. 2017. Pengaruh Motivasi kerja Guru terhadap Kinerja Guru Akuntansi SMK di Kota Madiun. Jurnal. Akutansi Pajak, Vol 17 Januari 2017.
Ardyan, Elia. 2016. Pengaruh Budaya Organisasi Motivasi dan Gaya Kepemimpinan terhadap Kinerja Dosen dengan Komitmen Organisasi sebagai Variabel Antara (Studi Kasus Pada PTS di Surakarta). Derivatif Vol.10 No. 2 November 2016.
Ariska, Deni. 2018. Pengaruh Motivasi Disiplin Kerja dan Keselamatan Kerja terhadap Karyawan. Skripsi.
Aziz Ishak. 2016. Dasar-dasar Penelitian Olah Raga. Jakarta: Kencana.
Budiantoro, Tri Atma. 2019. Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Spritual terhadap Kinerja Guru di MAN 1 Kota Malang Jawa Timur. Ejurnal-feunisma@gmail.com.
Dewi, Tiara Anggia. 2015. Pengaruh Prefesionalisme Guru dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru Ekonomi SMA Se Kota Malang. Jurnal. Pendidikan Ekonomi UM Metro. Vol 3 No 1.
Edison, Emron, Anwar dan Imas,Komariyah. 2016.Manajemen Sumber Daya Manusia.cetakan ke-1.Bandung:Alfabeta.
Fitrah, Santoso dkk. 2019. Pengaruh Servan Leadership dan Budaya Organisasi Sekolah terhadap Kinerja Guru Pada Sekolah Menengah Atas Negeri di Kota Padang. http://ejurnal.STKIP-Pessel.ac.id/index/php/kp September 2019.
Ghozali, Imam. 2015. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Gujarati, Damodar. 2015. Dasar-dasar Ekonometrika Penerjemah. Jakarta: Erlangga.
Hafid, Moh. 2017. Pengaruh Motivasi dan Kompetensi Guru terhadap Kinerja Guru Pondok Pesantren Solafiyah Sukarejo. Jurnal. Vol.1 No.1 2017.
Hearlina, Yuse dkk. 2019. Pengaruh Motivasi Pendidikan Pelatihan dan Pengalaman Kerja terhadap Kinerja Guru SMKN 5 Banjarmasin. Jurnal Wawasan Manajemen Vol. 7 No. 1 2019.
Hasanuddin, Lauda dkk. 2018. Pengaruh Transformational Leadership Iklim Organisasi Stres Kerja terhadap Kompetensi Motivasi Kerja. Jurnal. Vol.5 No.1 2018.
Hasibuan, Malayu. S.P. 2016. Manajemen Sumber Daya manusia. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Manik, Sudarmin dkk. 2018. Pengaruh Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Guru Pada Sekolah Dasar Negeri 009 Kuala Tarusan Kecamatan pangkalan Kerinci. Jurnal Vol. 5 No. 1.
Ngatinah dkk. 2019. Kontribusi Komunikasi Interpersonal Kecerdasan dan Emosional dan Komitmen Organisasi Sekolah terhadap Kinerja Guru SD. Sosiohumaniora Vol.5 No.1 Februari 2019.
Permatasari, Novelia Kiki. 2019. Pengaruh Kepemimpinan, Motivasi, dan Kecerdasan Emosional terhadap Kinerja Guru Akutansi Sekolah Menengah Kejuruan di Kabupaten Serang. Jurnal. Vol 04 No 02 Oktober 2019.
Poerwaningrum, Hesti Eko dkk. 2016. Pengaruh Kepemimpinan, Budaya Organisasi, Komitmen Organisasi dan Kepuasan Kerja terhadap Kinerja. Jurnal. UNTAG semarang Vol.5 1 2016.
Rahmawati, Zulfa Richa dkk. 2019. Implementasi Budaya Organisasi Problema dan Solusinya. Journal Of Businnes Studies Vol. 04 No. 1 2019.
Renil, Fortunately dkk. 2019 Pengaruh Iklim Organisasi dan Budaya Organisas terhadap Kinerja Guru di SMA Negeri 1 Pariangan. Jurnal Al Fikrah. Vol. VII No. 2 Juli-Desember 2019.
Satriyono, Gandung dkk. 2018. Pengaruh Kecerdasan Emosional terhadap Kinerja Guru di SMP Negeri 4 Kediri. Jurnal. EkoNiKa Vol. 3 No. 1 April 2018.
Sholiha, Milatus dkk. 2017. Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Spiritual terhadap Kinerja Guru SMP An-nur Bululawang-Malang. Jurnal. Warta Ekonomi Vol. 7 No. 17.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sutrisno, Edy. 2018. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Syamsul, Anam. 2018. Pengaruh Pelatihan Peningkatan Kompetensi dan Motivasi terhadap Kinerja Guru SMKN 4 Bojonegoro. MAP Jurnal Manajemen Vol. 2 No. 1 2018.
Umar, Husein. 2015, Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis. Jakarta: Rajawali. Kinerja Guru SMP Negeri di Provinsi Sulawesi. Jurnal Pendidikan Vol.14 No.2 November 2018.
Vera Kumala, Dewi. 2019. Pengaruh Iklim Organisasi Sekolah dan Kecerdasan Emosional terhadap Kecenderungan Burnout dan Efikasi Diri Sebagai Variabel Intervening Pada Guru SMA Negeri di Kota Tebing Tinggi. http://Pepositori.USU. ac.id.
Yudistiro, Indra Agung. 2015. Pengaruh Kecerdasan Emosional, Lingkungan Kerja dan Disiplin terhadap Kinerja Guru dengan Komitmen Organisasi Sebagai Moderasi. Jurnal. Manajemen Sumberdaya Manusia Vol. 9 No.

Downloads

Published

2023-02-05

How to Cite

SUMARLIN, S. (2023). PENGARUH BUDAYA ORGANISASI, MOTIVASI DAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP KINERJA GURU PADA MADRASAH TSANAWIYAH KECAMATAN BAYANG KABUPATEN PESISIR SELATAN. Ekasakti Jurnal Penelitian Dan Pengabdian, 3(1), 77–89. https://doi.org/10.31933/ejpp.v3i1.780