UPAYA MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSA KATA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS MELALUI TIGA PHASE PENGAJARAN PADA SISWA KELAS IX MTS N 2 PESSEL
DOI:
https://doi.org/10.31933/ejpp.v3i2.878Keywords:
Kosa Kata Bahasa Inggris Melalui Tiga Phase PengajaranAbstract
Pembelajaran bahasa Inggris dalam Penguasaan Kosa Kata sangatlah menghawatirkan. Sudah merupakan pendapat umum, memiliki kosakata yang memadai merupakan modal atau kenderaan untuk lancarnya berkomunikasi (Adil Al¬Kufashi,1988). Lebih lanjut Jeremy Harmer (1991) menganalog kan jika bahasa itu merupakan sebatang tubuh, structure merupakan tulang yang membentuk rangka sedangkan kosakata atau vocabulary merupakan daging yang membuat tubuh mempunyai bentuk. Penelitian ini dilaksanakan melalui dua siklus yaitu, pada siklus 1, tindakan yang dilakukan adalah penerapan Tiga Phase Pengajaran pada merespon siswa dalam Penguasaan Kosa Kata Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris pada siklus 2 tindakan yang dilakukan adalah penerapan Tiga Phase Pengajaran dalam Penguasaan Kosa Kata. Mereka mampu menggunakan ungkapan-ungkapan dan kosakata tertentu secara komunikatif. Hasil dari data kuantitaf menunjukkan bahwa Melalui Metode Tiga Phase Pengajaran dapat meningkatkan Penguasaan Kosa Kata serta keterampilan berbicara bahasa Inggris siswa pada kehidupan sehari-hari. Dengan demikian, penelitian yang penulis ajukan dalam penelitian tindakan kelas ini terbukti.
References
Brown, H. Douglas. 1994. Teaching by Principles:. Prentice Hall Regents.
Celce-Murcia, Marianne. 1991. Teaching English as a Second or Foreign Language: Heinle & Heinle Publisher.
Edge, Julian. 1993. Essentials of English Language Teaching: Longman Group UK Limited.
Harmer, Jeremy, 1995. The Practice of English Language Teaching: Longman.
Madya, Suarsih, Developing Standard for EFL in Indonesia as Part of the EFL Teaching Reform, TEFLIN Journal, Vol. 3 (2) Agust 2002.
Nunan, David. 199 1. Language Teaching Methodology: A Textbook for Teachers. London: Prentice Hall International. (UK) Ltd.
Richards, Jack C and Theodore S, Rodgers. 1001. Approaches and Methods as Language Teaching. London; Cambridge University Press
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Penulis yang mempublikasikan manuskripnya di jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:
- Hak cipta pada setiap artikel adalah milik penulis.
- Penulis mengakui bahwa Ekasakti Jurnal Penelitian & Pegabdian (EJPP) berhak menjadi yang pertama menerbitkan dengan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (Attribution 4.0 International (CC BY 4.0) .
- Penulis dapat mengirimkan artikel secara terpisah, mengatur distribusi non-eksklusif manuskrip yang telah diterbitkan dalam jurnal ini ke versi lain (misalnya, dikirim ke repositori institusi penulis, publikasi ke dalam buku, dll.), dengan mengakui bahwa manuskrip telah diterbitkan pertama kali di Ekasakti Jurnal Penelitian & Pegabdian (EJPP).