PENINGKATAN KEMAMPUAN MENEMUKAN IDE POKOK PARAGRAF MELALUI METODE INKUIRI PADA SISWAKELAS IX MTsN 2 PESSEL TAHUN AJARAN 2022/2023
DOI:
https://doi.org/10.31933/ejpp.v3i2.880Keywords:
Menemukan ide pokok paragraf, metode inkuiriAbstract
Peningkatan Kemampuan Menemukan Ide Pokok Paragraf Melalui Metode Inkuiri Pada Siswa Kelas IX MTsN 2 Pessel Tahun Ajaran 2022/2023. Penelitian yang berjudul “Peningkatan Kemampuan Menemukan Ide Pokok Paragraf Melalui Metode Inkuiri Pada Siswa Kelas IX MTsN 2 Pessel Tahun Ajaran 2022/2023 yang dilatarbelakangi dengan pentingnya mengetahui ide pokok dalam pemahaman suatu paragraf karena ide pokok. Berdasarkan latar belakang di atas, peneliti dapat merumuskan permasalahan sebagai berikut : (1) dapatkah metode inkuiri meningkatkan kemampuan menemukan ide pokok paragraf pada siswa IX MTsN 2 Pessel Tahun Ajaran 2022/2023 ? dan (2) bagaimanakah langkah-langkah metode inkuiri untuk meningkatkan kemampuan menemukan ide pokok paragraf pada siswa kelas IX MTsN 2 Pessel Tahun Ajaran 2022/2023. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). PTK adalah suatu bentuk penelitian yang bersifat reflektif dengan melakukan tindakan-tindakan tertentu agar dapat memperbaiki dan menigkatkan praktek-praktek pengajaran di kelas secara profesional (Depdikbud, 1999 : 8). Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus dengan subjek yang diteliti adalah siswa kelas IX MTsN 2 Pessel Tahun Ajaran 2022/2023 yang berjumlah 28 orang. Objek penelitiannya adalah penerapan model pembelajaran inkuiri dalam menemukan ide pokok paragraf pada siswa kelas IX MTsN 2 Pessel Tahun Ajaran 2022/2023. Peningkatan nilai siswa dalam menemukan ide pokok paragraf dari tes awal, siklus I, siklus II, dan siklus III menunjukkan bahwa metode inkuiri dapat diterapkan dalam proses pembelajaran terbukti efektif meningkatkan kemampuan siswa dalam menemukan ide pokok paragraf.
References
Anita Lie. 2005. Cooperative Learning: Mempraktikkan Cooperative Learning di ruang-Ruang Kelas. Jakarta: Grasindo
Arends, Richard I. 2001. Classroom Instruction and Management. New York: McGraw Hill Companies
Atar Semi. 1993. Anatomi Sastra. Padang: Angkasa Raya.
Burhan Nurgiyantoro. 2001. Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan SastraEdisi Ketiga. Yogyakarta: BPFE.
Gorys Keraf. 2001. Komposisi: Sebuah suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Penerbit Angkasa.
Henry Guntur Tarigan. 1986. Menyimak: Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung : Angkasa
Henry Guntur Tarigan. 1984. Prinsip-prinsip Dasar Sastra. Bandung: Angkasa.
Henry Guntur Tarigan. 1985. Berbicara: Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Penerbit Angkasa
Iskandarwassid dan Dadang Sunendar. 2008. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: Remaja Rosdakarya
Johan Yunus. 2005. ”Efekifitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa di SLTP”. Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial Bidang Pendidikan Vol.7, No. 1, Maret 2005, 1-
Kusumo Priyono. 2001. Terampil Mendongeng. Jakarta: Grasindo.
Maidar G. Arsjad dan Mukti U.S. 1991. Keterampilan bercerita Bahasa Indonesia. Jakarta: Penerbit Erlangga
Milles, Matthew B. Dan Huberman, A. Michael. 1992. Analisis Data Kualitatif (edisi terjemahan oleh Tjeptjep Rohendi Rohidi). Jakarta: UI Press
Richard, Jack C and Renandy, Willy A., Methodology in Language Teaching, Cambridge: University Press.
S. Nasution. 2005. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Cetakan ke-9. Jakarta: Bumi Aksara.
Slavin, Robert E.. 2008. Cooperative Learning (Teori, Riset, dan Praktek). Bandung: Nusa Media.
Slavin, Robert E.. 1995. Cooperative Learning: Theory, Research, And Practice. Boston: Allyn and Bacon
Sudarwan Danim. 2002. Inovasi Pendidikan Dalam Upaya Profesionalisme Tenaga Kependidikan. Bandung: Pustaka Setia.
Suharsimi Arikunto, Suhardjo, dan Supardi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Ur, Penny. 1997. A Course in Language Teaching. Cambridge: Cambridge University Press
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Penulis yang mempublikasikan manuskripnya di jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:
- Hak cipta pada setiap artikel adalah milik penulis.
- Penulis mengakui bahwa Ekasakti Jurnal Penelitian & Pegabdian (EJPP) berhak menjadi yang pertama menerbitkan dengan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (Attribution 4.0 International (CC BY 4.0) .
- Penulis dapat mengirimkan artikel secara terpisah, mengatur distribusi non-eksklusif manuskrip yang telah diterbitkan dalam jurnal ini ke versi lain (misalnya, dikirim ke repositori institusi penulis, publikasi ke dalam buku, dll.), dengan mengakui bahwa manuskrip telah diterbitkan pertama kali di Ekasakti Jurnal Penelitian & Pegabdian (EJPP).