KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 SIPORA UTARA
DOI:
https://doi.org/10.31933/ejpp.v3i2.936Keywords:
Kemampuan Menulis, Karangan Deskripsi, Media GambarAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh dua masalah. Pertama, kurangnya keinginan siswa untuk menulis karangan deskripsi. Kedua, kurangnya kosa kata yang dimiliki siswa, sehingga sulit untuk mengungkapkan ide. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh hasil deskripsi kemampuan menulis karangan deskripsi dengan menggunakan media gambar siswa kelas X SMA Negeri 2 Sipora Utara ditinjau dari beberapa indikator, yaitu (1) merincikan gambar suatu objek secara detail, (2) mempengaruhi sensitivitas dan membentuk imajinasi pembaca, (3) memaparkan sesuatu yang dapat didengar, dilihat, dan dirasakan, (4) menggunakan diksi atau pilihan kata, dan (5) susunan ruang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif menggunakan metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 2 Sipora Utara yang terdaftar pada tahun ajaran 2015/2016 berjumlah 150 orang yang tersebar dalam 5 kelas. Sampel penelitian ini adalah 30 orang dengan teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling. Instrumen penelitian ini adalah berupa tes. Data diperoleh dengan cara memberikan tes menulis karangan deskripsi dengan menggunakan media gambar kepada sampel penelitian. Data yang terkumpul dianalisis berdasarkan langkah (1) memeriksa atau memberi skor tulisan oleh siswa sesuai dengan indikator yang diteliti, (2) mencatat skor yang diperoleh siswa, (3) mengolah skor menjadi nilai, (4) mendeskripsikan kemampuan menulis karangan deskripsi dengan menggunakan media gambar siswa kelas X SMA Negeri 2 Sipora Utara menggunakan skala 10, (5) mengelompokkan tingkat kemampuan siswa, (6) menghitung nilai persentase, dan (7) menyimpulkan hasil analisis data pembahasan. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulan bahwa kemampuan menulis karangan deskripsi siswa tergolong Kurang sekali (KS) dengan rata-rata hitung 31,86%. Secara rinci tingkat penguasaan siswa dalam menulis karangan deskripsi untuk setiap indikator yang diteliti, yaitu (1) indikator 1 tergolong Kurang (K) dengan rata-rata hitung 45,89%, (2) indikator 2 tergolong Kurang (K) dengan rata-rata hitung 38,10%, (3) indikator 3 Kurang sekali (KS) dengan rata-rata hitung 30,33%, (4) indikator 4 tergolong Buruk (B) dengan rata-rata 23,33%, dan (5) indikator 5 tergolong Buruk (B) dengan rata-rata hitung 23,33%.
References
Achmad, Muchsin. 1988. Materi Dasar Pengajaran Komposisi Bahasa Indonesia. Jakarta: Proyek Pengembangan Pendidikan Tenaga Kependidikan.
Aries S, Erna. 2011. Asesmen dan evaluasi. Malang: Aditya Media Publising.
Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Arsyad, Azhar. 2008. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Atmazaki. 2006. Kiat mengarang dan menyunting. Padang : Yayasan Citra Budaya Indonesia.
Burhanuddin, Elita. 2009. Media pembelajaran. Jakarta: Depdiknas.
Gani, Erizal. 1999. Pembinaan Keterampilan Menulis di Perguruan Tinggi. Buku Ajar. Padang: DIP Proyek UNP.
Keraf, Gorys. 2002. Deskripsi dan eksposisi. Jakarta: Nusa Indah
Nazir, Muhammad. 1988. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Ngadino, Yustinus. 2002. Media Gambar. Jakarta: Angkasa
Sadiman, Arief, dkk. 1990. Media Pendidikan. Jakarta: CV Rajawali.
Sudjana, Nana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.
Semi, M. Atar. 2003. Menulis Efektif. Padang: Angkasa Raya.
Suparno, Mohammad Yunus. 2011. Keterampilan dasar menulis. Jakarta: Universitas terbuka.
Susanti, Ema. 2003. Tinjauan Kemampuan Menulis Deskripsi Siswa Kelas X SMA Negeri 2 SiporaUtara “skripsi. Padang: Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah FBSS UNP.
Thahar, Harris Effendi. 2008. Menulis kreatif panduan bagi pemuda. Padang : UNP Press
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Penulis yang mempublikasikan manuskripnya di jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:
- Hak cipta pada setiap artikel adalah milik penulis.
- Penulis mengakui bahwa Ekasakti Jurnal Penelitian & Pegabdian (EJPP) berhak menjadi yang pertama menerbitkan dengan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (Attribution 4.0 International (CC BY 4.0) .
- Penulis dapat mengirimkan artikel secara terpisah, mengatur distribusi non-eksklusif manuskrip yang telah diterbitkan dalam jurnal ini ke versi lain (misalnya, dikirim ke repositori institusi penulis, publikasi ke dalam buku, dll.), dengan mengakui bahwa manuskrip telah diterbitkan pertama kali di Ekasakti Jurnal Penelitian & Pegabdian (EJPP).