PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKAMENGGUNAKAN POWERPOINT DENGANPERPADUANMIND MAPPADA SISWA KELAS X MIPA SMANEGERI 7 PADANG

Authors

  • Okril Liadi Putra Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Ekasakti
  • Refnywidialistuti Universitas Ekasakti

DOI:

https://doi.org/10.31933/jangka.v1i1.176

Keywords:

power point, mind map

Abstract

Selama proses belajar mengajar berlangsung siswa kurang aktif mengikuti pembelajaran di kelas serta pembelajaran masih berpusat pada guru (teacher centered). Selain itu bahan ajar yang tersedia pada saat pembelajaran tidak bervariasi dan masih terbatas. Bahan ajar yang dipakai selama proses pembelajaran adalah buku cetak yang dipinjam pada perpustakaan yang mana buku tersebut tersaji dengan penjabaran sangat panjang sehingga mengakibatkan siswa malas untuk membacanya. Hal ini menyebabkan hasil belajar siswajuga menjadi rendah. Dengan demikian perlu dikembangkan media pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran powerpoint dengan perpaduan mind mapyang valid, praktis, dan efektif dalam pembelajaran matematika.Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan Formative Evaluationmenurut pandangan Tessmer (Plomp 2007:28), yaitu Self Evaluation, Expert Review, One-to-one, Small Group, dan Field Test.Pada pengembangan media pembelajaran menggunakan powerpointdengan perpaduan mind mapini divalidasi oleh dua orang Dosen Pendidikan Matematika, satu orang Dosen Pendidikan Bahasa Indonesia, dan satu orang guru matematika. Kepraktisan dapat dilihat dari hasil penilaian angket respon siswa dan angket respon guru. Sedangkan keefektifan pada media pembelajaran tersebut dapat dilihat dari hasil tes akhir yang diikuti siswa.Berdasarkan hasil penelitian diperoleh media pembelajaran powerpoint dengan perpaduan mind mapyang valid dari segi bahasa, isi, dan konstruk. Hasil penilaian angket kepraktisan oleh siswa adalah 3,3 dengan persentase 82% memiliki kriteria sangat praktis dan hasil penilaian angket kepraktisan oleh guru adalah 3,4 dengan persentase 85% memiliki kriteria sangat praktis. Berdasarkan hasil tes akhir menunjukan bahwa nilai siswa yang tuntas adalah 82% dan yang tidak tuntas sebanyak 18% dari siswa yang mengikuti tes. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran menggunakan powerpointdengan perpaduan mind mapdikatakan valid, praktis, dan efektif.

References

Anas, Sudijono. 2011. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.
Anitah,Sri W, dkk. 2009. Strategi Pembelajaran di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.
Arikunto, Suharsimi. 2008. Dasar-dasar evaluasi Pendidikan.Jakarta: Bumi Aksara.
Arikunto, Suharsini. 2010. Prosedur penelitian suatu pendekatan praktek. Jakarta: Rineka Cipta
------------------------2012. Prosedur penelitian suatu pendekatan praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Arsyad, Azhar. 2007. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo. Persada.
------------------2006. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo. Persada.
------------------2002. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo. Persada.
Awalia Rahamadan, EdriatiSofia, danMardiyah Ainil. 2016.Pengembangan Media Pembelajaran Microsoft Powerpoint Pada Topik Lingkaran Untuk Kelas VII SMPN23 Padang.STKIP PGRI Sumatera Barat: FKIP Program Studi Pendidikan Matematika.
Azwar. 2016. Reliabelitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Buzan, Tony. 2009. Buku Pintar Mind Mapping. Jakarta: Gramedia.
----------------2008. Buku Pintar Mind Mapping. Jakarta: Gramedia.
----------------2012. Mind Map untuk Meningkatkan Kreativitas. Jakarta: Gramedia.
Dagun. 2006. Kamus Besar Ilmu Pengetahuan. Jakarta: Lembaga.
De Porter, B & Hernacki, M. 2012. Quantum Learning. Jakarta: Kaifa.
Dimyati& Mudjiono. 2009. Belajardan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta.
Dimyati. 2002. Belajardan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta.
Edward, Caroline. 2009. Mind Mapping untuk Anak Sehat dan Cerdas. Jakarta: Sakti.
Esti Rahayu Lilla. 2013. Penggunaan Media Powerpoint Untuk Meningkatkan Keterampilan Berkomunikasi Belajar IPS Pada Siswa. http://eprint.unyac.id/18188/4/4.%20BAB%2011%2009.12.042%20Est%20p.pdf.Diakses laman web tanggal 3 Desember 2018.
Fitriana, Dian dkk. 2016. Pengembangan Lembar Kerja Siswa Menggunakan Pendekatan Saintifik untuk Melihat Berfikir Kritis Siswa Materi Perbandingan.Mahasiswa FKIP Universitas Sriwijaya. http://www.google.co.id/webhp?sourceid=choremeinstant&ion=1&espv=2&ie=UTF-8#q=download+contoh+skripsi+pengembangan+uji+tessmer&*. Diakses tanggal 3 Desember 2018.
Halim Fathani, Abdul. 2009. Matematika Hakikat dan logika. Yogyakarta: Ar-ruzz Media Group.
Hamalik, Oemar. 2009. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara.
Hanafiah dan Suhana. 2010. Konsep strategi Pembelajaran. Bandung: Refika aditama.
Isbadar Nursit. 2015. Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Powerpoint (Macro-Enabled) Pada Mata Kuliah Geometri Euclid Dalam Pembelajaran Matematika. Universias IslamMalang: FKIP Program Studi Pendidikan Matematika.
Komsiyah, Indah. 2012. Belajar dan Pembelajaran.Yogyakarta: Teras.
Kunandar. 2007. Guru Profesional. Implementasi KurikulumTingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Mardi, dkk. 2007. Ketrampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi Untuk SMK Kelas XI. Bandung: Yudhistira.
Miarso. 2004. Menyemai Benih teknologi Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Muhsetyo, Gatot. 2008. Pembelajaran Matematika SD. Jakarta: Universitas Terbuka.
Mulyardi. 2006. Strategi Pembelajaran Matematika. Padang: FMIPA UNP.
Oktaviandy, Nieveen, dkk. 2012. Pengertian Evaluasi , Pengukuran, dan Penilaian dalam Dunia Pendidikan. http://navelmangelep.wordpress.com/2012/02/14pengertian-evaluasi-pengukuran-dan-penilaian-dalam-dunia-pendidikan/.Diakses laman web tanggal 3 Desember 2018.
Prihatin., Eka. 2008. Guru sebagai Fasilitator. Bandung: Karsa Mandiri.
Sadiman, dkk. 2006. Media Pembelajaran Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo. Persada.
Sagala, Syaiful. 2011. Konsep dan Makna Pembelakaran. Bandung: Alfabeta.
Sanaky. 2009. Media Pembelajaran. Yogyakarta:Safiria Insania Press.
Santrock, Jhon W. 2009. Perkembangan Anak. Edisi 11. Jakata: Erlangga.
Siti Marfuah, Zulkardi, dan AisyahNyimas. 2016. Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Powerpoint Disertai Visual Basic For Application Materi Jarak Pada Bangun Ruang Kelas X. Universitas NegeriSriwijaya: FKIP Program Studi Pendidikan Matematika.
Subekti, Agustinus. 2011. Ensiklopedia Matematika jilid I. Jakarta: PT Ikrar Mandiriabadi.
Sudjana. 2005. Metode Statistika Edis ke-6. Bandung: Tarsito.
Suhana. 2014. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Refika.
Suherman, Erman. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sukardi. 2007. Metodologi Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Bumi Aksara.
Sukmadinata. 2008. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sumadi. 2014. Metodologi Penelitian. Jakarta: PT Raja Grafindo.
Suprijono. 2009. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Uno, Hamzah. 2013. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.UU Sisdinas. 2003. Yogyakarta: Delph.
Wena. 2009. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer: Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Zainal Arifin. 2011. Evaluasi Pembelajaran. Bandung:PT Remaja Rosdakarya.

Downloads

Published

2021-02-01

How to Cite

Okril Liadi Putra, & Refnywidialistuti. (2021). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKAMENGGUNAKAN POWERPOINT DENGANPERPADUANMIND MAPPADA SISWA KELAS X MIPA SMANEGERI 7 PADANG. JANGKA Jurnal Pendidikan Matematika Ekasakti, 1(1), 29–37. https://doi.org/10.31933/jangka.v1i1.176