PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) MENGGUNAKAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION (RME) PADA SISWA KELAS XI MIA SMA EKASAKTI PADANG

Authors

  • Nozawati Syafril Putri Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Ekasakti, Padang, Indonesia
  • Refnywidialistuti Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Ekasakti, Padang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31933/jangka.v1i2.492

Keywords:

Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), Realistic Mathematic Education

Abstract

Pengembangan LKPD menggunakan RME dengan pembelajaran model ADDIE, Salah satu model desain sistem pembelajaran yang sederhana dan mudah yang terdiri dari lima fase yaitu analysis, design, development, implementation dan evaluation. Untuk menghasilkan LKPD menggunkan RME yang valid, dan praktis, dilakukan beberapa analisis, perancangan, tahap pengembangan, dan tahap implementasi. Pada tahap analisis dilakukan analisis kurikulum dan analisis kebutuhan. Berdasarkan hasil pada tahap analisis dirancang LKPD menggunakan RME. Selanjutnya LKPD divalidasi para ahli yang terdiri dari guru dan dosen Universitas Ekasakti. Validasi ahli bahasa diperoleh persentase 85% dengan kategori valid. Jadi, dapat disimpulkan bahwa LKPD menggunakan RME telah sesuai dengan kaidah BI, informasi yang disampaikan jelas, penyajian kalimat sudah sesuai dengan tingkat pemahaman siswa, menggunakan bentuk dan ukuran huruf sesuai dengan kareteristik siswa, dan penggunaan bahasa yang mudah dipahami dapat memotivasi siswa untuk malakukan pekerjaan. Tidak hanya memenuhi kriteria kevalidan, suatu perangkat pembelajaran yang baik hendaklah bersifat praktis. Kepraktisan perangkat pembelajaran diperoleh dari hasil angket kepraktisan respon guru dan siswa dalam proses pembelajaran. Berdasarkan hasil angket praktikalitas menurut respon guru diperoleh persentase 75% dengan kategori praktis. Sedangkan hasil angket praktikalitas menurut respon siswa diperoleh persentase 68% dengan kategori praktis. Dengan demikian perangkat pembelajaran yang dikembangkan ini dapat meningkatkan kemampuan matematika siswa.

References

Arikunto, Suharsimi. 1996. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Andi, Prastowo. 2011. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Duva Press.

Aisyah Siti , dkk . (2007) . Perkembangan Dan Konsep Dasar Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta : Universitas Terbuka.

Agus D. W . (2008). Langkah-Langkah Model Pembelajaran RME.

Branch, R. M. (2009). Instructional Design-The ADDIE Approach. New York: Springer.

Oemar, Hamalik. 2006. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Pribadi. 2009. Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: PT Dian. Rakyat

Puji Rahmawati (2011). Pengembangan LKS Berbasis RME Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SD

Rusman. 2011. Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Ridwan. 2005. Skala pengukuran variabel-variabel penelitian. Bandung: alfabeta.

Riduwan. 2012. Pengantar Statistika Sosial. Bandung : Alfabeta

Rohati. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis RME Siswa di SMP.

Sudijono Anas, 1995, Pengantar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: Grafindo Persada.

Suherman, Erman, dkk. 2003. Strategi Pembelajaran Matematikan Kotemporer. Surakarta: FIKP UMS.

Supinah, Agus D.W. 2008. Strategi Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. Yogyakarta : PPPPTK Matematika

Suyitno, T. 2013. Pendekatan Pembelajaran Pada Kurikulum 2013. Semarang: Kemenag.

Sumarmo & Hendriana. 2014. Bacherlors Non Peen Reviewed Book. Sekolah Pascasarjana

Downloads

Published

2022-01-31

How to Cite

Syafril Putri, N., & Refnywidialistuti. (2022). PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) MENGGUNAKAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION (RME) PADA SISWA KELAS XI MIA SMA EKASAKTI PADANG. JANGKA Jurnal Pendidikan Matematika Ekasakti, 1(2), 67–75. https://doi.org/10.31933/jangka.v1i2.492