PERHITUNGAN HARGA POKOK PRODUKSI SEBAGAI DASAR PENENTUAN HARGA JUAL PADA CV. BUSSINIS ALI PADANG

Authors

  • Welly Gustriana
  • Yulistia

Keywords:

Harga Pokok Produksi, Harga Jual, Metode Full Costing

Abstract

Penelitian ini dilakukan di CV. Bussinis Ali Padang yang berlokasi di Jalan Kampung Kalawi Timur No 35 B, Kelurahan Lubuk Lintah, Kecamatan Kuranji, Kota Padang merupakan perusahaan manufaktur yang bergerak dibidang furniture. Perusahaan yang bergerak dibidang manufaktur harus memperhitungkan harga pokok produksi untuk menentukan harga jual.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan penentuan harga jual lemari pakaian tiga pintu dengan menggunakan metode full costing pada CV. Bussinis Ali Padang serta mengetahui pengaruh harga jual sesuai dengan metode full costing terhadap penjualan. Metode full costing adalah metode penentuan harga pokok produk yang memperhitungkan semua unsur biaya produksi yang terdiri dari biaya bahan baku, biaya tenaga kerja langsung, dan biaya overhead pabrik, baik yang bersifat variabel maupun tetap. Harga jual dapat diperoleh dari hasil taksiran biaya penuh ditambah dengan laba yang diharapkan. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari observasi, wawancara dan konsultasi terhadap pihak-pihak yang bersangkutan. Data sekunder diperoleh dari data keuangan serta data pendukung lainnya yang berkaitan.

Perhitungan harga pokok produksi berdasarkan pesanan oleh perusahaan telah tepat sehingga dapat menetukan harga jual. Metode penelitian yang digunakan yaitu dengan pendekataan kuantitatif. Agar dapat menghitung harga pokok produksi secara benar maka diperlukan alokasi biaya bersama dengan metode nilai yang relatif, perhitungan harga pokok pesanan dengan pendekatan full costing, dan menetukan harga jual dari harga pokok produksi pesanan lemari tiga pintu. Setelah melakukan perhitungan harga pokok produksi sebagai dasar penetapan harga jual dengan metode full costing diperoleh hasil yang berbeda dengan metode yang  dilakukan oleh perusahaan. Penetapan harga jual dengan menggunakan metode full costing lebih tinggi dibandingkan dengan metode perusahaan. Hasil perhitungan harga jual dengan metode full costing sebesar Rp 2.174.034,- /unit sedangkan dengan metode perusahaan sebesar Rp 1.879.345,- /set. Selisih perhitungan harga jual tersebut untuk satu unit sebesar Rp 294.689,-. Hal ini dikarenakan metode full costing memasukkan semua biaya produksi baik yang bersifat tetap maupun variabel. Diharapkan CV. Bussinis Ali Padang menerapkan metode full costing dalam perhitungan harga pokok produksi dalam menentukan harga jual, karena metode full costing lebih akurat dibanding dengan metode perusahaan.

References

Ahmad, Firdaus, dan Abdullah, Wasilah. 2012, Akuntansi Biaya, Edisi 3 : Salemba Empat.
Bustami, Bastian, Nurlela. 2010, Akuntansi Biaya, Yogyakarta : Graha Ilmu.
Cecily A, Raiborn, Michael R. Kinney, 2011, Akuntansi Biaya Dasar dan Perkembangan, Edisi 7, Salemba Empat, Jakarta.
Carter, Usry. 2010, Akuntansi Biaya, Jakarta : Salemba Empat.
Daljono, 2011. Akuntansi Biaya Penentuan Harga Pokok dan Pengendalian. Badan Penerbit Universitas Diponegoro : Semarang.
Hansen, Dor R dan Mowen, 2011, Akuntansi Manajemen, Salemba Empat, Jakarta.
Hanafi, Mamduh dan Halim, Abdul. 2012. Analisis Laporan Keuangan. Edisi Ketiga. Cetakan Pertama. Penerbit UPP Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN. Yogyakarta
Horngren, Charles, T, 2012. Akuntansi Biaya, Jilid 1, Edisi Ke-12. Jakarta :Erlangga
Mulyadi, 2010, Akluntansi Biaya, Sekolah Tinggi Manajemen. UUP STIM YKPN, Yogyakarta
Mulyadi. 2012, Akuntansi Biaya. UPP-STIM-YKPN, Yogyakarta.
Mulyadi, 2015, Akuntansi Biaya, Sekolah tinggi Manajemen Yogyakarta: UUP STIM YKPN
Siregar, Baldric, 2013, Akuntansi Biaya, Edisi 2, Salemba Empat, Jakarta.
Siregar, Baldric, Bambang Suripto, Dodi Hapsori, dkk, 2014, Akuntansi Biaya, Edisi 2, Salemba Empat, Jakarta.
Slat, A. H. 2013, Analisis Harga Pokok Produk Dengan Metode Full Costing Dan Penentuan Harga Jual CV. Anugerah Genteng Manado, Jurnal EMBA 3.
Sofyan, Syafri Harahap, 2010, Analisis Kristis atas Laporan Keuangan. PT. Raja Grafindo Persada : Jakarta.
Sukirno, Sadono, 2010, Mikro Ekonomi Teori Pengantar, Edisi Ketiga. PT. Raja Grasindo Persada : Jakarta.
Ahmad Nur Al Yudha, 2014 (http://eprints.dinus.ac.id/8881/1/jurnal_13918.pdf)
Ayu Purnama Dewiningrum, 2012 (http://digilib.uns.ac.id/...=/Penetapan-Harga-Pokok-Produksi-Hpp-Produk-Temulawak-Menggunakan-Metode-Full-Costing-Sebagai-Dasar-Penentuan-Harga-Jual-Produk-Yang-Tepat-Di-Klaster-Biofarmaka-Kabupaten-Karanganyar-abstrak.pdf
Endra Setiyaningsih, 2014, (http://eprints.dinus.ac.id), Di Akses 02 Februari 2016
Pradana Setiadi, David P.E. Saerang, Treesje Runtu, (http://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/jbie/article/download/4186/3715), Di Akses 02 Mei 2016
Rudy Tabuti, (http://gummoday.blogspot.co.id/2013_05_01_archive.html), Diakses 05 Mei 2016
Utcik Anita, 2014, (http://eprints.dinus.ac.id/eprint/8730), Di Akses 20 Februari 2016

Downloads

Published

2020-09-14

Similar Articles

1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.