PENGARUH ASIMETRI INFORMASI DAN FINANCIAL DISTRESS TERHADAP PRUDENCE AKUNTANSI (PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR SUB SEKTOR MAKANAN DAN MINUMAN YANG TERDAFTAR DI BEI PERIODE 2013-2018)

Main Article Content

Elvani Media Sarah
Rina Asmeri
Meri Dwi Anggraini

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh asimetri informasi dan financial distress terhadap prudence akuntansi pada perusahaan manufaktur sub sektor makanan dan minuman yang terdaftar di bursa efek Indonesia periode 2013-2018 baik secara parsial maupun simultan. Jenis data adalah data kuantitatif  berupa laporan keuangan, harga saham penutupan dan harga bid dan ask saham. Sumber data diperoleh dari situs Bursa Efek Indonesia berupa data sekunder. Metode pengumpulan data menggunakan dokumentasi. Objek penelitian adalah perusahaan manufaktur sub sektor makanan dan minuman yang terdaftar di BEI periode 2013-2018. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa asimetri informasi tidak berpengaruh signifikan terhadap prudence akuntansi, Financial distress berpengaruh signifikan terhadap prudence akuntansi. hasil penelitian ini sesuai dengan teori akuntansi positif, jika suatu perusahaan akan terjadi kemungkinan kebangkrutan atau kesulitan keuangan, manajer cenderung akan mengurangi tingkat prudence akuntansi dalam akuntansi perusahaan, karena dengan terlihat adanya indikasi kemungkinan kebangkrutan para pemangku kepentingan lainnya dapat melakukan pergantian manajer, karena manajer dianggap tidak mampu mengelola perusahaan dengan baik.

Article Details

Section
Articles

References

Agussalim Manguluang, 2016. Metodelogi Penelitian, Ekasakti Press, Padang.
Arief Sugiono dan Edi Untung. 2016. Analisa Laporan Keuangan. Jakarta : PT Grasindo.
Imam Ghozali, 2016. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 23. Cetakan VII. UNDIP. Semarang.
International Accounting Standard board (IASb). 2018. Dampak konvergensi International financial reporting Standard terhadap bisnis 2012.
Jogiyanto Hartono, 2015. Teori Portofolio dan Analisis Investasi, Edisi 10, Yogyakarta.
Kasmir. 2016. Pengantar Manajemen Keuangan. Jakarta : Prenadamedia Group.
Mamduh M. Hanafi, 2015. Manajemen Keuangan, Cetakan Kedelapan, BPFE-Yogyakarta, Yogyakarta.
Scott, R. William. 2015. Financial Accounting Theory. Seventh Edition. Pearson Prentice Hall: Toronto.
Sugiyono. 2016. Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung : CV. Alfabeta.
Afina Fathurahmi,2015, Pengaruh growth opprtunities dan financial distress terhadap konservatisme akuntansi pada perusahaan gament dan textile.
Alfinda Rohmadini, 2018, Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas dan Leverage terhadap Financial Distresspada perusahaan Makanan dan Minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2013-2016.
Agustina dkk, 2016, Analisis Faktor-Faktor yang mempengaruhi Konservatisme Akuntansi pada Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Indonesia.
Almilia,2016, Analisis Rasio Keuangan Untuk Memprediksi Kondisi Financial Distress Perusahaan.
Altman,1983, Pendekatan Analisis Rasio Tradisional Untuk Memprediksi Kebangkrutan Dengan Menggunakan Multivariat Descriminant Analysis.
Caroline M. Kimathi, 2018, Financial Distress Dan Profitability Of Tier Three Commercial Bank In Kenya.
Criston Simajuntak, 2017 Pengaruh rasio keuangan terhadapFinancial Distress pada Perusahaan Transportasi Tahun 2011-2015.
Erni Suryandari (2016), Hubungan Antara Risiko Litigasi Dan Financial Distress Pengaruh Terhadap Konservatisme Akuntansi.
Iramani,2015, Prediksi financial distress perusahaan manufaktur di indonesia.
Jeffrey L. Callen, 2015, Pengaruh asimetri informasi terhadap Konservatisme Akuntansi.
Mitha cristhina ginting,2017, pengaruh current ratio dan debt to equity ratio (der) terhadap financial distress pada perusahaan property dan real estate di bei.
Noviantari, Ni Wayan dan Ni Made Dwi Ratnadi. (2015). Pengaruh Financial Distress, Ukuran Perusahaan, dan Leverage pada Konservatisme Akuntansi. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana 11.3:646-660 ISSN 2302-8556.
Pranowo,2015, analisis rasio keuangan terhadap kondisi financial distress pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di bursa efek indonesia.
Wijanarto, H. 2016. Pengaruh rasio keuangan dalam memprediksi financial distress pada perusahaan di sektor pertanian dan pertambangan yang terdaftar di bursa efek indonesia.
Wijaya, anggita langgeng. 2012 “pengukuran konservatisme akuntansi sebuah literatur review” ASSET: jurnal akuntansi dan pendidikan.
Susi Puspita Sari, 2018, pengaruh Likuiditas leverage dan profitabilitas terhadap financial distress pada perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa efek indonesia tahun 2010.
Web.idx.co.id
https://finance.yahoo.com.
WWW.Sahamok.com