PENGARUH KETEPATAN SARASAN ANGGARAN DAN PENGENDALIAN MANAJERIAL SEKTOR PUBLIK TERHADAP AKUNTABILITAS KINERJA PADA DINAS PEKERJAAN UMUM DAN PENATAAN RUANG KEPULAUAN MENTAWAI

Authors

  • Dina Adawiyah
  • Delori Nancy Meyla
  • Solfiyeni

Keywords:

Ketepatan Penargetan Anggaran, Pengendalian Manajerial Sektor Publik, Akuntabilitas Kinerja, Dinas Pekerjaan Umum Dan Penataan Ruang Kepulauan Mentawai

Abstract

Penelitian ini membahas pengaruh ketepatan sasaran anggaran dan pengendalian manajerial sektor publik terhadap akuntabilitas kinerja pada Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Kepulauan Mentawai.

Pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan model regresi berganda. Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh langsung dari responden penelitian melalui penyebaran kuesioner. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Hasil analisis penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Ketepatan Sasaran Anggaran berpengaruh positif terhadap Akuntabilitas Kinerja pegawai Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Kepulauan Mentawai dengan nilai signifikansi 0,001 lebih kecil dari 0,05. Variabel kontrol manajerial sektor publik berpengaruh positif terhadap akuntabilitas kinerja pada Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Kepulauan Mentawai dengan nilai signifikansi (0,001 < 0,05). Variabel ketepatan sasaran anggaran dan pengendalian manajerial sektor publik berpengaruh secara simultan terhadap akuntabilitas kinerja pada Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Kepulauan Mentawai dengan nilai signifikansi 0,000 yang berarti 0,000 < 0,05..

References

Ajibolade, & Oboh. (2017). A critical examination of government budgeting and public funds management in Nigeria. International Journal of Public Leadership, 13.
Aman, Al-Shbail, & Mohammed. (2018). Enhancing Public Organization Accountability through E-Government Sy.
Arikunto. (2010). Suharsimi Arikunto.pdf. In Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik-Revisi ke X.
Astari. (2018). Pengaruh Ketepatan Sasaran Anggaran dan Pengendalian Manajerial Sektor Publik Terhadap Akuntabilitas Kinerja. Jurnal Akuntansi, 12.
Bastian. (2016). Akuntansi Sektor Publik Suatu Pengantar (3rd ed.). Jakarta: Erlangga.
Ghozali, I. (2013). Analisis Multivariate dengan program IBSM SPSS21. Semarang: Universitas Diponegoro.
Mahmudi. (2016). Akuntansi Sektor Publik. Yogyakarta: UII Press.
Mahsun, M. (2016). Pengukuran Kinerja Sektor Publik?: Cetakan Pertama. Penerbit BPFE-Yogyakarta: Yogyakarta.
Mardiasmo. (2019). Akuntansi Sektor Publik, Cetakan ke empat. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Muhammad, R. (2016). Akuntabilitas keuangan pada organisasi pengelola zakat (OPZ) di Daerah Istimewa Yogyakarta. Journal of Accounting and Investment. Recuperato da http://journal.umy.ac.id/index.php/ai/article/view/883
Paramitha, & Gayatri. (2016). Pengaruh Ketepatan Sasaran Anggaran, Sistem Pengendalian Manajerial Sektor Publik Dan Sistem Pelaporan Pada Akuntabilitas Kinerja. E-Jurnal Akuntansi, 16.
Sugiarti, E., & Yudianto, I. (2017). Analisis Faktor Kompetensi Sumber Daya Manusia , Pemanfaatan Teknologi Informasi , Dan Partisipasi Penganggaran Terhadap Akuntabilitas Pengelolaan Dana Desa (Survei Pada Desa-Desa Di Wilayah Kecamatan Klari , Kecamatan Karawang Timur, Kecamatan Majalaya).
Sugiyono, S. (2014). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif.pdf. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D.
Suwandi, A. P. (2017). Pengaruh Kejelasan Sasaran Anggaran dan Desentralisasi Terhadap Kinerja Pemerintah Daerah, Studi Empiris Pada SKPD Pemerintah Kota Padang. Jurnal. Universitas Negeri Padang.

Downloads

Published

2022-12-16

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >> 

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.