MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU MENGAJAR DI SMA XI DALAM MENGEFEKTIFKAN PEMBELAJARAN MELALUI PROGRAM PEMBINAAN PROFESIONALGURU DAN SUPERVISI KELAS SMA NEGERI 1 SITIUNG
DOI:
https://doi.org/10.31933/eej.v3i2.1001Keywords:
Kemampuan Guru, Pembinaan Profesional, SupervisiAbstract
Berdasarkan hasil diskusi terbatas dengan para guru mengajar di kelas XI SMA Negeri 1 Sitiung, diketahui bahwa rendahnya wawasan profesionalisme guru disebabkan antara lain oleh beberapa alasan, yaitu: rendahnya kesadaran guru untuk memperbaharui pengetahuan, terbatasnya kesempatan guru mengikuti pelatihan-pelatihan profesional, kurang aktifnya pertemuan antar guru, supervisi yang dilakukan lebih cenderung menitikberatkan pada aspek administrasi, dan pemberian kredit jabatan fungsional guru yang ditunjukan untuk memacu kinerja guru pada prakteknya hanya bersifat formalitas. Rumusan masalah dalam PTS ini adalah: 1) Bagaimana upaya kepala sekolah meningkatkan kemampuan guru dalam mengefektifkan pembelajaran guru mengajar di kelas XI SMA Negeri 1 Sitiung?; 2) Bagaimanakah pelaksanaan program pembinaan profesional guru mengajar di kelas XI SMA Negeri 1 Sitiung?; 3) Bagaimanakah pelaksanaan supervisi kelas yang dilakukan pada guru mengajar di kelas XI SMA Negeri 1 Sitiung?. Metode penelitian yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) adalah jenis penelitian yang dilakukan oleh kepala sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan kombinasi pendekatan profesi dan pendekatan penulis pada supervisi pengajaran menunjukkan bahwa terjadi peningkatan dalam melaksanakan proses belajar mengajar. Saran penulis agar guru-guru harus mendapat kepercayaan dari siswa yang mana akan bermuara pada kepercayaan dari masyarakat.
References
Abror, Abd Rachman. 1999. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta : PT. Tiara Wacana Yogya.
Bafadal, Ibrahim. 2004. Manajemen Perlengkapan Sekolah Teori dan Aplikasinya. Jakarta: Bumi Aksara.
Depdikbud,1992. Sistem Pengembangan Profesi Tenaga Kependidikan. Padang : Depdikbud.
Djam’an Satori, 2016. Pengawasan dan Penjaminan Mutu Pendidikan. Bandung: Penerbit Alfabeta
Usman,Nurdin (2002). Konteks Implementasi Berbaisis Kurikulum. Yogyakarta :Bintang Pustaka
Ritawati Mahyudin, 2008. Hand Out Metodologi Penelitian Tindakan Kelas. Padang : UNP
Rochiati, W. 2007. Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: P.T Remaja Rosdakarya
Sardiman A.M.1994. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Padang : PT.Raja Grafindo Persada.
Soekamto, Toeti & Udin Saripudin Winataputra, 1997. Teori Belajar dan Model-model Pembelajaran. Padang : Dirjen Dikti, Depdikbud.