VALIDITAS LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNINGTERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATISSISWA KELAS VII SMPN 38PADANG

Main Article Content

Teni Suriani
Dewi Devita

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan menghasilkan dan mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dengan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning yang valid. Pembelajaran dengan LKPD yang berbasis model pembelajaran Discovery Learning ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep dan pemecahan masalah matematis siswa kelas VII SMP N 38 Padang. Hasil penelitian ini diharapkan menjadi salah satu acuan bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran dan menjadi salah satu model yang dapat dikembangkan dalam proses belajarmengajar. Jenis penelitian ini menggunakan model pengembangan development research tipe formative evaluation menurut pandangan Tessmer. Model pengembangan ini terdiri dari (1) self evaluation, meliputi analisis dan desain LKPD (2) expert review and one-to-onemeliputi uji pakar dan revisi. Validasi bahan ajar dilakukan oleh dua orang validator ahli dalam bidang pendidikan matematika dan satu orang validator ahli dalam bahasa. Hasil validitas penelitian pengembangan LKPD dengan model discovery learningditinjau dari aspek penyajian didaktik diperoleh rata-rata 3,25 dengan kategori sangat valid, aspek penyajian isi dengan rata-rata 3,33 dengan kategori sangat valid, aspek penyajian bahasa3,17 dengan kategori valid dan aspek penyajian 3,17 dengan kategori valid. Sehingga dapat disimpulkan penelitian ini layak digunakan pada tahap selanjutnya.

Article Details

How to Cite
Teni Suriani, & Dewi Devita. (2021). VALIDITAS LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNINGTERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATISSISWA KELAS VII SMPN 38PADANG. Ekasakti Educational Journal, 1(1), 74-82. https://doi.org/10.31933/eej.v1i1.182
Section
Articles

References

Asnita, Y. (2014). Pengaruh Model Discovery Learning Menggunakan True or False Statement Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII MTsN Tanjung Balit Kabupaten Solok. Artikel Penelitian. Padang: STKIP PGRI SumateraBarat.
BNSP. (2013). Kegiatan Penilaian Buku Teks Pelajaran Pendidikan Dasar dan Menengah,Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Prastowo, Andi. 2011. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: DuvaPress.
Plomp,TdanN.Nieveen.2007.EducationalDesignResearch.Enshede:Netherlands Institute For Curriculum Development (SLO).
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R & D. Bandung : Alfabeta.
Trianto, 2010. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara
Trisna, Silvi dan Aidhia Rahmi. 2016.Validitas Modul Pembelajaran Berbasis Guided Inquiry pada Materi Fluida di STKIP PGRI Sumatera Barat.Jurnal penelitian dan pengembangan pendidikan fisika, 2 (1), (9-14).
Widiastuti, Ani, Yetty Rahelly, dan Syafdaningsih. 2018. Pengembangan Bahan Ajar Bentuk-bentuk Geometri Berbasis Cerita Untuk Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Mazharul Iman Palembang.Jurnal Pendidikan Anak, 7 (2), (176-189)