Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPA Menggunakan Pendekatan Sains Teknologi Masyarakat di Kelas IV SD Negeri 20 ALang Lawas Kec. Padang Selatan Kota Padang

Main Article Content

Nelti Efrida Efrida

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan di SD Negeri 20 ALang Lawas Kec. Padang Selatan Kota Padang bahwa guru lebih mendominasi dalam proses pembelajaran IPA dibandingkan siswa sehingga siswa kurang terlibat aktif dalam proses pembelajaran. Hal ini mengakibatkan hasil belajar siswa menjadi rendah. Tujuan penelitian ini secara umum untuk mendeskripsikan bagaimana rancangan, pelaksanakan dan  hasil belajar pada pembelajaran IPA menggunakan pendekatan Sains Teknlogi Masyarakat di   kelas IV SD Negeri 20 ALang Lawas Kec. Padang Selatan Kota Padang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Dalam pelaksanaanya, penelitian ini terdiri dari   dua   siklus.   Prosedur   penelitian   terdiri   dari   kegiatan   perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah peneliti dan siswa kelas IV. Data penelitian ini diperoleh melalui observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa menggunakan pendekatan Sains Teknologi Masyarakat (STM) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA di kelas IV. Hal ini dapat dilihat dari: Hasil pengamatan RPP pada siklus I adalah 74,95% meningkat pada siklus II menjadi 82,10%. Ini juga terlihat dari pelaksanaan pembelajaran pada aspek guru siklus I adalah 73,75% meningkat  menjadi   85,00%  pada  silus  II  dan  dari  aspek  siswa  siklus  I memperoleh nilai rata-rata 71,25% meningkat menjadi 85,00% pada siklus II. Hasil belajar siswa pada penelitian Siklus I adalah 73,26% meningkat menjadi 79,77% pada Siklus II.

Article Details

How to Cite
Efrida, N. E. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPA Menggunakan Pendekatan Sains Teknologi Masyarakat di Kelas IV SD Negeri 20 ALang Lawas Kec. Padang Selatan Kota Padang. Ekasakti Educational Journal, 1(1), 183-197. https://doi.org/10.31933/eej.v1i1.308
Section
Articles

References

Arikunto, Suharsimi. dkk. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara
Asep, Hendry. 2007. Belajar dan Pembelajaran Sekolah Dasar. Bandung: UPI PRESS
Depdiknas. 2006. Kurikulu Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: BSNP
Dimyanti dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: BSNP Jihad,
Asep. 2009. Evaluasi Pembelajaran. Jakarta: Multi Pressindo
Kunandar. 2011. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai pengembangan profesi guru. Jakarta: PT Grafindo Persada
Muslich. Masnur. 2008. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta : PT Bumi Aksara
Nasehudin, Toto Saytori. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Pustaka Setia
Sudjana, Nana. 2004. Penilaian Proses Hasil Belajar. Bandung: PT Remaja Rosada Karya
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Uno, Hamzah, dkk. 2011. Menjadi Peneliti PTK yang Profesional. Jakarta: Bumi Aksara

DB Error: Unknown column 'Array' in 'where clause'