UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEMATIK SISWA KELAS III-A UPT. SD NEGERI 01 LIMO KAUM MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT)
DOI:
https://doi.org/10.31933/eej.v2i2.612Keywords:
Numbered Head Together, Tematik, Hasil BelajarAbstract
PTK ini membahas tentang Model Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik Pada Pembelajaran Tematik terpadu di kelas III-A UPT. SD Negeri 01 Limo Kaum. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran Tematik kelas III-A UPT. SD Negeri 01 Limo Kaum dengan menggunakan Model Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas III-A UPT. SD Negeri 01 Limo Kaum. Penelitian ini menggunakan desain Model Kemmis danTanggart, sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan Model Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam proses pembelajaran. Peningkatkan hasil belajar peserta didik dapat diukur dari evaluasi siklus I, dan siklus II. Dengan nilai aktivitas belajar peserta didik pada siklus I sebesar 66,15%, dan siklus II 81,54%. Sedangkan peningkatan hasil belajar peserta didik dapat diukur dari setiap siklusnya, hasil belajar peserta didik pada siklus I sebesar 63,64%, dengan kategori “Sedang” Dan hasil belajar peserta didik pada siklus II sebesar 90,91%.dengan kategori “Tinggi” Dengan demikian hasil penelitian di UPT. SD Negeri 01 Limo Kaum telah tercapai dengan baik.
References
Agung, Iskandar . 2012. Panduan Penelitian Tindakan Kelas bagi Guru. Jakarta: Bestari Buana Murni.
Agus Supjiono. 2010: Cooperatif Learning Teori dan Aplikasi Paikem Yogyakarta: Pustaka pelajar.
Anita Lie. 2002. Cooperative Learning. Jakarta : Gramedia Widiasarana Indonesia.
Arikunto. (2010) Penelitian Tindakan Kelas Bandung: Bumi Askara.
Arikunto Suharsimi, Suhardjono, Supardi. 2012. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Asep Jihad dan abdul Haris. 2008. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta : Multi Presindo.
Azwan Zein Dan Syaiful Bahri Djamarah. 1996. (Strategi Belajar Mengajar). Jakarta: Rineka Cipta.
Djamarah Syaiful Bahri. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta.
Ekawarna. (2010). Penelitian Tindakan Kelas .GP Pres. Jambi: FKIP UNJA.
Iskandarwassid, Dadang Sunendar,Strategi Pembelajaran Bahasa, (Bandung, PT Remaja Rosdakarya, 2009).
Maolani, Rukaesih 2016, Metodologi Penelitian Pendidikan.,Jakarta, Rajawali Pers.
Mimin Haryati. (2008). Model dan Teknik Penilaian pada Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Gaung Persada Press.
Miles,M.B, Huberman,A.M, dan Saldana,J. 2014. Qualitative Data Analysis, A Methods Sourcebook, Edition 3. USA: Sage Publications. Terjemahan Tjetjep Rohindi Rohidi, UI-Press.
Nursalam. (2017). Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan: Pendekatan Praktis. Cet. 2. Jakarta: Salemba Medika.Rusman. 2015.Pembelajaran Tematik Terpadu Teori, Praktik dan Penilaian. Jakarta: Rajawali Pers.
Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&B. Bandung: Alfabeta.
Nana Sudjana 2009. Penilaian Hasil dan Proses Belajar Mengajar. Bandung: Rosda Karya.
Sudjana, Nana. 2011. Penilaian Hasil dan Proses Belajar Mengajar. Bandung: Rosda Karya.
Yamin, M. (2013). Strategi dan Metode dalam Model Pembelajaran. Jakarta: Referensi (GP Press Group).
Trianto .(2007) Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Surabaya: Prestasi Pustaka Publisher.
Trianto. (2011). Panduan Lengkap Penelitian Tindakan Kelas Teori dan Prakitik. Jakarta : Prestasi Pustaka.
Saefudin (2014). Pembelajaran efektif. Jakarta: Prestasi Pustaka.