UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS TEMA PERISTIWA DALAM KEHIDUPAN MELALUI STRATEGI QUESTION STUDENTS HAVE DENGAN MEDIA PAPAN TANYA JAWAB PADA PESERTA DIDIK KELAS V-A UPT. SD NEGERI LIMO KAUM

Main Article Content

Yulhendri Yulhendri

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah masih rendahnya hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial pada kelas V-A UPT. SD Negeri 01 Limo Kaum tahun 2021/2022 serta belum terpenuhinya target capaian ketuntasan secara klasikal. Rendahnya hasil belajar peserta didik dapat diketahui dari nilai rata-rata kelas yaitu 69,70. Secara klasikal juga belum memenuhi target pencapaian KKM kelas sebesar 80%. Hal ini dibuktikan dari hasil Pra Siklus dengan ketuntasan belajar hanya 20 peserta didik atau sebesar  60,61% dari  jumlah  keseluruhan  33  peserta didik.  Tujuan  dari  penelitian  ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar dan memenuhi target pencapaian KKM materi proklamasi kemerdekaan pada kelas V-A UPT. SD Negeri 01 Limo Kaum menggunakan strategi Question Students Have dengan media papan tanya jawab. Strategi  penelitian  yang  digunakan  adalah  Penelitian  Tindakan  Kelas (PTK) yang terdiri dari beberapa tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan   refleksi.   Penelitian   ini   dilaksanakan   sebanyak   dua   siklus.   Siklus   I dilaksanakan  pada  tanggal  17 Februari  2022 dan  siklus  II dilaksanakan  pada tanggal 24 Februari 2022. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan, dapat disimpulkan bahwa penelitian dengan judul “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Materi Proklamasi Kemerdekaan Melalui Strategi Question Students Have Dengan Media Papan Tanya Jawab Pada Siswa Kelas V-A UPT. SD Negeri 01 Limo Kaum Tahun Pelajaran 2021/2022” dinyatakan berhasil. Hal ini dibuktikan dari peningkatan hasil belajar setiap siklus. Peningkatan pra siklus ke siklus I dari 69,70 menjadi 77,88 dengan peningkatan 8,18 point. Siklus I ke siklus II dari 77,88 menjadi 86,97 terjadi peningkatan 9,09 point. Terpenuhinya target pencapaian KKM lebih dari 85% juga terbukti dari kenaikan presentase tiap siklus yaitu dari pra siklus ke siklus I dinyatakan tuntas 20 peserta didik (60,61%) menjadi 24 peserta didik (72,73%) dengan peningkatan 4 peserta didik (12,12%.) dan siklus I ke siklus II yaitu 24 peserta didik (72,73%) menjadi 31 peserta didik (93,94%) dengan peningkatan 7 peserta didik (21,21%.).

Article Details

How to Cite
Yulhendri, Y. (2022). UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS TEMA PERISTIWA DALAM KEHIDUPAN MELALUI STRATEGI QUESTION STUDENTS HAVE DENGAN MEDIA PAPAN TANYA JAWAB PADA PESERTA DIDIK KELAS V-A UPT. SD NEGERI LIMO KAUM. Ekasakti Educational Journal, 2(2), 245-260. https://doi.org/10.31933/eej.v2i2.630
Section
Articles

References

Arikunto, Suharsimi, 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara
Arikunto, Suharsimi, 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara
Asnawir, & M. Basyiruddin Usman. 2002. Media Pembelajaran. Jakarta: Ciputat Pers.
Azhar, Arsyad.2012. Media Pengajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Djamarah, Syaiful Bahri, & Aswan Zain. 1997. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta
IGAK Wardhani dan Kuswaya Wihardit. (2008). Penelitian Tindakan Kelas.
Jakarta: UT
Isran Rasyid, & Rohani. 2018. Manfaat Media Dalam Pembelajaran. Vol. VII, No 1
Majid, Abdul. 2014. Strategi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Melati, Mawar. 2017. Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial: Peningkatan Hasil Belajar IPS Siswa melalui Model Pembelajaran Arias Berbantuan Media AudioVisual. Vol. 9, No 2,
Nisa, Intan. & Ara Hidayat, & Meti Maspupah. 2015. Penerapan Strategi Pembelajaran Question Student Have (QSH) Pada Materi Sistem Pertahanan Tubuh Untuk Mengetahui Hasil Belajar Peserta Didik. Vol 5, No.1
Rasimin. 2012. Pembelajaran IPS; Teori, Aplikasi dan Evaluasi. Salatiga: STAIN Salatiga Press
Rohman, Anas. 2019. Dampak Psikologi Belajar Dalam Pembelajaran Aktif Bagi Peserta Didik Madrasah Ibtidaiyah, (Online),
Sapriya. 2014. Pendidikan IPS. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Slameto. 1991. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sriyanti, Lilik. 2011. Psikologi Belajar. Salatiga: STAIN Salatiga Press.
Sudaryono, Gaguk Margono, & Wardani Rahayu. 2013. Pengembangan Instrumen Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Sudjana, Nana. 2005. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sukiman. 2012. Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.
Suprijono, Agus. 2011. Cooperative Learning: Teori & Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Suyadi. 2015. Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya
Suyono, & Hariyanto. 2014. Belajar dan Pembelajaran: Teori dan Konsep Dasar. Bandung: Remaja Rosdakarya
Syarifuddin, Ahmad. 2011. Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya.
Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif: Konsep Landasan dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Zaini, Hisyam, Barmawy Munthe. & Sekar Ayu Aryani. 2007. Strategi Pembelajaran Aktif. Yoyakarta: CTSD (Center for Teaching Staff Development) Institut Agama Islam Negeri Sunan Kalijaga.