UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI SOAL CERITA BANGUN DATAR MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS III-B UPT. SD NEGERI 01 LIMO KAUM

Authors

  • Rukmini Rukmini UPT. SD Negeri 01 Lima Kaum

DOI:

https://doi.org/10.31933/eej.v2i2.631

Keywords:

Hasil Belajar,Matematika, Kontekstual

Abstract

Berdasarkan pengamatan peneliti di kelas III-B UPT. SD Negeri 01 Limo Kaum siswa kurang memahami soal cerita, serta pembelajaran dilaksanakan oleh guru masih secara konvensional. Hal ini mengakibatkan nilai siswa rendah. Untuk itu penulis melalui penelitian ini mencoba meningkatkan hasil belajar siswa dalam menyelesaikan soal cerita melalui pendekatan Kontekstual. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perencanaan, bentuk pelaksanaan dan hasil pembelajaran soal cerita melalui pendekatan Kontekstual. Pembelajaran dengan menggunakan pendekatan Kontekstual mempunyai 7 langkah, yaitu konstuktivisme, menemukan, bertanya, masyarakat belajar, pemodelan, refleksi, dan penilaian yang sebenarnya. Langkah pendekatan Kontekstual tersebut dikombinasikan dengan langkah-langkah menyelesaikan soal cerita. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (class action research), penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Sedangkan siswa yang diambil sebagai subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas III-B UPT. SD Negeri 01 Limo Kaum. Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan tes, observasi, wawancara, dan catatan lapangan. Hasil penelitian dari setiap siklus yang dilaksanakan dalam peneitian ini terlihat peningkatan hasil belajar siswa pada tes akhir tindakan siklus I rata-rata hasil belajar siswa 79,76. sedangkan pada tes akhir tindakan siklus II rata-rata nilai siswa yakni 95,24. Hasil pengamatan terlihat peningkatan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran. Penulis mengambil simpulan pada penelitian ini bahwa dengan menggunakan pendekatan Kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

References

Antonius cahyo Prihandoko. 2005. Pemahaman dan Penyajian Konsep Matematika Secara Benar dan Menarik. Jakarta: Depdiknas
Budhi Setyono. 2006. Meningkatkan kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Pokok Bahasan Pengukuran dengan metode Problem Solving. Tersedia dalam http//www. Com. Online.
Cholis Sadijah.1999. Pendidikan Matematika II. Jakarta: Depdikbud
Depdiknas. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Depdiknas
Dian Rahmana. 2009. Penggunaan Pendekatan Kontekstual dalam Pembelajaran di SD. Padang: UNP (TA tidak dipublikasikan)
Hamdani. 2008. Memahami Masalah Soal Cerita Matematika. Tersedia dalam http//www. Com. Online.
IGAK Wardhani,dkk. 2007. Penelitian Tindakan kelas. Jakarta : Universitas Terbuka
Joko Subagyo. 2006. Metode Penelitian dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Pt Rineka Cipta
Khafid Suyati. 2006. Matematika Penekanan pada Berhitung. Jakarta: Erlangga
Kunandar. 2008. Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam sertifikasi Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Masnur Muslich. 2007. KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan) Dasar Pemahaman dan Pengembangan. Jakarta: Bumi Aksara
Megawati. 2004. Pembelajaran Melalui Pemecahan Realistik untuk Memahami Konsep SPL Dua Variabel Pada Siswa Kelas II SLTP Suppa. Malang: Universitas Negeri Malang (Tesis tidak dipublikasikan)
Mulyasa. 2008. Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Aktif dan Kreatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Najib Sulhan. 2006. Pembangunan Karakter pada Anak Manajemen Pembelajaran Guru Menuju Sekolah Efektif. Surabaya: Surabaya Intelektual Club
Nasar. 2006. Merancang Pembelajaran Aktif dan Kontekstual. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia
Nurhadi. 2003. Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya dalam KBK. Malang: UNM
Oemar Hamalik. 2008. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara
Ritawati Mahyuddin. 2008. Hand Out Mata Kuliah Metodologi Penelitian Tindakan Kelas. Padang: UNP
Sri Subarinah. 2006. Inovasi Pembelajaran Matematika di SD. Jakarta: Depdiknas
Subana dan Sunarti. 2000. Startegi Belajar Mengajar Bahasa Indonesia. Bandung: Pustaka Setia
Sumardjati. 2005. Meningkatkan Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Pokok Bahasan Pecahan Melalui diskusi kelompok. Tersedia dalam http// www. Com. Online.
Sumiati dan Asra. 2007. Metode Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Media
Vikto Pendrawarman. 2008. Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Metode Discovery dalam Pembelajaran Perubahan Lingkungan di Kelas IV SD. Padang: UNP (Skripsi tidak dipublikasikan)
Wina Sanjaya.2008. Srategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan.Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Downloads

Published

2022-07-24

How to Cite

Rukmini, R. (2022). UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI SOAL CERITA BANGUN DATAR MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS III-B UPT. SD NEGERI 01 LIMO KAUM. Ekasakti Educational Journal, 2(2), 261–276. https://doi.org/10.31933/eej.v2i2.631